Selasa, 20 Agustus 2019

BPTJ Kampaye Pake Kendaraan Umum dan Jalan Kaki. Udah Pada Tau Belum?

BUAT kamu yang males jalan kaki, insya Allah habis baca postingan ini bakalan mikir dua kali deh kalo masih males jalan kaki. πŸ™ˆ Sebenernya, banyak hal yah yang bikin orang males buat jalan kaki. Bisa jadi karena apa-apa sekarang serba mudah dan canggih. Jadi bikin males buat gerak. Ada di sini yang kalo beli makanan aja milih order makan pake ojek online ketimbang jalan kaki? πŸ˜€ Padahal jaraknya cuma setengah kilo aja.

Apalagi isu polusi sekarang ini bener-bener memprihatinkan terutama di kota-kota besar kayak Jakarta. Lama-kelamaan, kalo nggak ada aksi dan kesadaran bareng-bareng bisa serius nih masalah yang bakal ditimbulkan nantinya. Seserius hubungan kamu dan aku. Iya, kamu. Ah, kamu. πŸ˜› Makanya, pemerintah melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau disingkat dengan BPTJ mengedukasi atau awerness masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum dan ajakan untuk selalu jalan kaki guys.

(Jalan Kaki Yuk)

Acara ini diselenggarakan selama empat hari berturut-turut sejak tanggal 19-22 Agustus 2019 di kota-kota strategis di antaranya Jakarta, Depok dan Bekasi dengan menggandeng taruna-taruni Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Dimulai sejak jam 6.30 pagi sampe kurang lebih jam 11.00 siang.
Selama kampanye ini, BPTJ dibantu temen-temen dari STTD bertugas bagi-bagi tumbler cantik warna hijau dan orange, ada juga kipas dan masker secara cuma-cuma alias gratis. Mereka juga ada yang bawa spanduk dengan slogan yang ngena dan anak muda banget. Contoh bunyi spanduknya kayak gini nih: “Bersamamu jalan kaki pun aku bahagia.”

Tumbler ini gratis dibagikan tapi sebelumnya kalian harus mau meluangkan waktu sebentar untuk diajak ngobrol terkait jalan kaki. Kamu juga bisa kasih masukan untuk BPTJ lebih baik dalam melayani para pejalan kaki atau terkait angkutan umum. Oh iya, tumbler yang dibagikan bukan sembarang tumbler karena di tumbler itu memuat pesan-pesan tentang manfaat yang didapatkan kalo kalian jalan kaki. Dan berikut manfaat yang bisa kalian dapatkan setelah rutin jalan kaki.

Manfaat Jalan Kaki

Yuk, mulai sekarang kalo misalnya memudahkan ditempuh dengan jalan kaki sebaiknya jalan kaki aja yah guys. Misalnya nih yah, kalo misalnya dari stasiun ke kantor bisa ditempuh dengan jalan kaki ya lebih baik jalan kaki aja. Biasakan juga pake kendaraan umum yang sudah disediakan oleh pemerintah guna mengurangi polusi udara Jakarta. Bisa pake Trans Jakarta, Commuter Line, MRT dan mode transportasi lainnya yang udah disediakan sama pemerintah.

Kalo aku sendiri aku tuh anak ‘anker’ alias anak kereta. Pokoknya, mau ke mana aja hayuk, selama deket sama stasiun bagiku terasa deket. Sekarang ini, rata-rata orang Indonesia jarang banget lho yang mau jalan kaki. Rata-rata cuma 3000 langkah per-hari, seharusnya minimal 6000 langkah per-hari. Idealnya 10.000 langkah per-hari.

(Survei Pejalan Kaki)

Nah, lho! Kamu berapa langkah per-hari? πŸ˜† Kondisi ini yang bikin penyakit non infeksi di Indonesia makin naik. Soalnya kurang gerak fisik. Datanya ini falid banget lho diambil dari Kementerian Kesehatan. Penyakit non infeksi di Indonesia makin naik dari 26,1 % (2017) jadi 33,5 % (2018).

Sebagai seorang blogger dan vlogger. Paling seneng kalo pas lagi ada event terus lokasinya deket sama stasiun. Kalo jaraknya kurang atau sama dengan 1 Km aku beneran lebih milih jalan kaki deh. Selain bisa lebih sehat, juga bisa ngurangi tingkat polusi udara di Jakarta. Duh, tingkat polusi di Jakarta itu udah parah banget-nget.

Apalagi tau nggak sih kalo jalan kaki itu banyak banget manfaat yang bisa kamu dapetin, lho. Kalo masih bingung sama itungan langkah di atas aku kasih itungan menit deh biar gampang. 😜 Kalo bisa mudah kenapa sulit. Tul nggak? Gitu aja kok repot. 😊 Dalam sehari, setidaknya kita tuh harus jalan 30 menit. Menurut penelitian dengan rutin berjalan kaki, bisa ningkatin 60% kreativitas yang ada dalam diri kita.

(Stand Pembagian Tumbler)

Bahkan di Harvard Medical School sendiri pernah dilakukan penelitian dari 459.883 orang yang jadi responden ditemukan fakta bahwa dengan jalan kaki bisa mengurangi kardiovaskular sampe 31%. Kardiovaskular itu lho resiko yang ada pada jantung dan pembuluh darah. Selain itu, dengan jalan kaki bisa mengurangi tingkat resiko stroke antara 20% sampe 40%.

Terus, setiap langkah kita pas waktu jalan kaki itu bisa gerakin 200 otot. Mungkin jumlahnya beda-beda tapi sekitar itu sih tergantung masing-masing anatomi dan struktur tubuh masing-masing. Wow banget yah! Makanya, jangan males yah buat jalan kaki. Jadi kalo udah tau manfaatnya banyak dari jalan kaki kalo deket itu jalanin aja. Masa deket aja nggak mau jalan. Terus, kapan kita mau jalan bareng? πŸ˜…

Oke, sekian dulu yah untuk postingan aku kali ini. Semoga informasinya bisa bermanfaat buat kalian semua. Yuk, selamatkan polusi udara dan yuk jaga kesehatan dengan rutin jalan kaki. Kalo bukan kita siapa lagi. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

0 komentar:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog