Sunday 27 March 2016

Museum Timah Muntok, Museum Timah Terbesar di Asia

MUSEUM Timah Muntok, berada di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Tepatnya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Muntok, Bangka Barat.

Menurut kepala Museum Timah Muntok Indonesia, Fahrizal, sebagaimana saya kutip dari Bangka Pos online Minggu (27/3), hanya ada dua museum timah di Indonesia yaitu di Pangkalpinang dan Muntok Bangka Barat, Kepulauan Babel.

Depan Gedung Museum Timah Muntok

Tercatat kedua museum ini sebagai museum terbesar yang ada di Asia. Fahrizal bahkan berani menambahkan, tidak menutup kemungkinan keduanya adalah yang terbesar di dunia. Kita semestinya bangga maka tidak mengherankan jika Bangka di kenal dengan pulau timah.

Pada hakikatnya kedua museum tersebut saling melengkapi. Museum Timah Muntok lebih memfokuskan pada proses bagaimana peleburan timah dan logam. Sedangkan yang ada di Pangkalpinang lebih menonjolkan pada proses penambangannya.

Pada bagian depan gedung Museum Timah Muntok terlihat jelas dibangun pada 1915. Adapun arti kata HOOFDBUREAU-BANKATINWINNING tepat di atasnya berasal dari bahasa Belanda yang jika diartikan hoofdbureau memiliki arti markas besar dan Bankatinwinning memiliki arti pertambangan timah Bangka. Jika diartikan secara keseluruhan dalam bahasa Indonesia artinya markas besar pertambangan timah Bangka.

Sebelum diresmikan menjadi museum, dulunya digunakan untuk kantor pusat Bangka pemerintahan Belanda BTW yaitu Bangka Tin Winning, perusahaan negara tambang timah zaman Belanda pada saat itu. Kemudian era 1990-an menjadi unit produksi timah wilayah Muntok.

Alat Ukur Optic Museum Timah Muntok

Museum Timah dibangun terdiri dari dua lantai. Lantai satu berisi berbagai macam galeri timah. Adapun lantai dua merupakan ruang perpustakaan, kantor, auditorium yang bisa digunakan untuk seminar dan lain-lain. Museum Timah Muntok saat ini dikelola dan dimiliki oleh PT Timah Indonesia. Resmi menjadi museum pada 2013.

Ketika produksi timah sedang turun saat itu, unit usaha pun dibubarkan sehingga gedung menjadi kosong. PT Timah pada 2013 mengalihfungsikan menjadi museum dua lantai, sesuai bangunan aslinya.

Manuskrip Awal Penulisan Sejarah Bangka

PT Timah Indonesia merasa perlu gedung ini digunakan pembelajaran untuk generasi muda dan masyarakat luas mengenal sejarah timah di Bangka. Tak hanya itu, tapi juga sejarah tentang Bangka dan Muntok sendiri hingga ke pengasingan Bung Karno di Graha Menumbing.

Ketika menjelajahi Museum Timah Muntok, saya mendapati sebanyak sembilan galeri. Galeri pertama, pengunjung akan menemukan lintas sejarah Bangka dan Muntok. Galeri kedua, bagaimana sosial budaya Muntok. Galeri ketiga, tentang sejarah perang dunia II di Muntok. Galeri keempat, menceritakan sejarah pengasingan Bung Karno. Galeri kelima, berisikan seputar geologi dan eksplorasi. Galeri keenam dan ketujuh menginformasikan tentang sejarah pengetahuan penambangan darat dan laut. Galeri kedelapan, berisi pengetahuan peleburan timah dan terakhir atau galeri kesembilan yaitu sarana dan prasarana kreasi anak zaman.

Galeri Geologi - Eksplorasi Museum Timah Muntok

Tiket masuknya gratis, buka setiap hari Senin hingga Kamis sedangkan Jumat libur dan buka lagi pada akhir pekan atau hari Sabtu. Jadwal operasional museum buka mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Setelah istirahat kembali dibuka pukul 13.00-16.00 WIB.

Seusai puas melihat-lihat Museum Timah Muntok, jangan lupa sempatkan diri untuk berbelanja asesoris berbahan dasar timah dan atau non timah. Di museum ini juga tersedia Cafe yang tentu sudah dilengkapi koneksi jaringan internet wireless (Wi-Fi). Jika berkunjung ke Pangkalpinang atau Bangka sempatkanlah untuk berkunjung di Museum Timah Muntok. [] Dede Ariyanto

11 comments:

  1. Menarik sekali ya, tetapi waktu kemarin seperti tidak ada pemandu, ya? Informasinya selalu Lengkap mas Dede makasih mas :)

    ReplyDelete
  2. Waktu saya SMA di bangka PT Timah masih berjaya belum ada penambangan liar seperti sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, beruntung sekali bisa menimba ilmu di pulau timah. :)

      Delete
  3. Keren banget ya. Di Indonesia cuma ada di pulau Bangka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, Indonesia.. Di Indonesia museum timah cuma ada dua. Satu di Bangka, satunya lagi di Pangkalpinang. :D

      Delete
  4. Waaah keren juga nih Mas Museumnya, semoga suatu saat nanti saya bisa juga berkunjung kesini. Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Loh kemaren pas Gerhana matahari bareng detik gak ke sini, yah? 😆

      Delete
  5. Saya lagi di muntok, dan bakalan kesini. Tq info nya mas dede.
    By mbak dede
    Hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih yah udah ngunjungi blogku ini. Maaf banget, komentar yang isinya iklan, link hidup, sara, pornografi dan spam bakalan aku hapus!


Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog