Senin, 16 November 2015

KUDO, Toko Online yang Merakyat

SIAPA sih yang nolak jika “dikasih” tablet sudah sekaligus dengan kartu perdana, data internet sebulan dan omset penjualan yang menjanjikan. Saya yakin dan kamu yang baca juga pasti kepingin, kan? Jadi, kemarin, iya kemarin Minggu, (15/11/2015) saya dan 35 kurang lebih blogger terdaftar berkunjung sekaligus silaturahmi ke kantor KUDO yang terletak di Jl. Yado 1 no.7, Radio Dalam, Jakarta Selatan, 12140.



Jujur, dari dulu.. kebiasaan saya setiap datang acara selalu browsing, baca-baca, tanya-tanya dulu tentang acara yang mau saya datangi. Ada beda untuk yang satu ini. Pas saya cari informasi dengan membuka situs resmi KUDO www.kudo.co.id saya bingung begitu juga dengan teman-teman blogger rata-rata bingung. Di internet juga masih bisa dihitung jari yang menulis tentang KUDO. Sebenarnya konsep jualan KUDO itu seperti apa. “Mengapa produk yang terpampang di situsnya tak seperti toko online kebanyakan. Mengapa ketika saya klik produk tak keluar, hanya tampilan thumbnail foto produk kecil saja” gumam saya dalam hati. Baru setelah datang ke acara ini saya paham dan mengerti.

Sebentar, dari tadi kita ngomongin KUDO mulu sebenarnya KUDO itu apa sih? KUDO adalah singkatan dari kata K=Kios, U=Untuk D=Dagang O=Online. Didirikan oleh dua orang asli Indonesia Albert Lucius, selaku CEO of KUDO dan Agung Nugroho, selaku COO of KUDO Juli 2014. Banggakan punya startup pendiri dan sahamnya milik negara kita. Mereka dulunya ternyata sahabatan sewaktu SMA dan ketemu kembali sewaktu menimba ilmu di luar negeri. Pikir-pikir dan punya ide akhirnya mendirikan KUDO.

Sesuai dengan namanya Kios untuk belanja online. Sasaran dan segmentasinya mereka yang belum melek internet atau tak mau transaksi online. Singkat kata KUDO itu kalau menurut saya pribadi toko online yang merakyat.

Prosesnya ada tiga tahap simple dan mudah kalau ingin belanja di KUDO. Pertama, calon pembeli memilih produk yang akan dibeli di Kios KUDO atau agen KUDO. Setelah memilih produk, langkah kedua melakukan pembayaran langsung ke agen atau kasir yang memiliki Kios KUDO. Terakhir tinggal menunggu barang dikirim ke rumah. Mudah bukan?

Video reportase ala blogger di kantor KUDO

Kalau beginikan konsumen tak perlu takut lagi uangnya hilang atau ditipu. Jangan salah loh, orang enggan belanja online bukan berarti gaptek atau gagap teknologi bisa jadi belum yakin atau belum percaya ada semacam ketakutan duitnya hangus. Kalau belanja di agen KUDO apalagi kalau agennya adalah teman baik kita tak akan ada keraguan lagi. jika terjadi apa-apa cukup bawa struk bukti pembelian atau bukti pembayaran yang dikirim KUDO ke email pembeli untuk kemudian meminta uang kembali atau retur barang yang tidak sesuai pesanan jadi lebih mudah.

Di Indonesia, tak semua orang memiliki kartu kredit. Banyaknya kasus penipuan jual-beli online di internet dan menurut data survai Cak Lontong bahwa masyarakat Indonesia baru 30% saja yang sudah melakukan transaksi online. Ternyata, jumlah pengguna smartphone dua kali lipat dari penduduk Indonesia. Bisa dibayangkan, tak semua orang bisa bertransaksi online. Peluang inilah yang kemudian mengilhami terbentuknya KUDO.

KUDO memang beda dengan penjualan toko online kebanyakan. Jangan harap kamu bisa menemukan produk di situs tersebut. Terus situs KUDO fungsinya buat apa, dong? Situs KUDO hanya memberikan informasi lengkap tentang KUDO.

Jika kamu mau beli atau belanja barang di KUDO, kamu bisa datang langsung ke Kios KUDO atau agen KUDO terdekat. Pantau juga Twitter KUDO dan Facebook KUDO mereka banyak potongan diskon yang ditawarkan. Apa bedanya? Sebetulnya sama, harga dan barang yang kamu beli juga sama. Kalau Kios KUDO hanya ada di tempat-tempat tertentu. Nih, daftarnya yang ada di Jakarta.
  • Mall Ciputra Lantai UG & LG, Jakarta Barat
  • Kantor JNE Tomang, Jakarta Barat
  • Kantor JNE Gajah Mada, Jakarta Barat
  • Kantor JNE Matraman, Jakarta Timur
  • Starmart Kyoei Prince Sudirman, Jakarta Pusat
  • Starmart Aston Rasuna, Jakarta Selatan
  • Universitas Taruma Negara (IXCenter), Jakarta Barat
  • Universitas Kristen Krida Wacana (Gedung Utama), Jakarta Barat
  • Universitas Bunda Mulia (Kantin), Jakarta Utara
  • SCTV Tower (Kantin), Jakarta Pusat, dsb
Kalau kamu pernah isi pulsa elektrik di Indomaret atau Alfamaret bentuknya hampir sama, yah.

Menjadi Agen KUDO
Kalau Kios KUDO kita harus datang ke alamat yang sudah saya sebutkan di atas beda lagi dengan agen KUDO yang bisa jadi adalah teman-teman terdekat kita karena mereka berjualan menggunakan tablet yang sudah diprogram oleh team KUDO. Tak ada biaya untuk mendaftar menjadi agen KUDO. Cukup melakukan deposit 500 ribu maka kita sudah bisa berjualan dengan tablet tersebut. Uang atau deposit tersebut juga bisa kita gunakan sendiri untuk mengisi pulsa atau membayar listrik. Jika ada yang membeli maka deposit kita akan bertambah dan bisa dicairkan ke rekening Bank milik kita saat pendaftaran menjadi agen. Tablet harus dikembalikan jika sudah tidak lagi menjadi agen KUDO. Tak ada target penjualan per-bulan seperti MLM.

Tetapi jika mencapai target penjualan ada bonus voucher yang bisa digunakan untuk belanja di toserba online KUDO. Saya bilang toserba alias toko serba ada hampir ada sekitar 2 juta produk kebutuhan kita sehari-hari yang bisa dibeli di KUDO. Kategori produk yang ditawarkan pun banyak mulai dari hijab, branded diskon, kosmetik, bayar tagihan, pulsa, tiket, domestik, voucher game, fashion Muslim, kupon promo, internasional, jalan-jalan, supermarket, baju batik dan elektronik seperti smartphone atau televisi terkini pun tersedia.

Seperti inilah tampilan layar aplikasi KUDO

Keuntungan kalau kita belanja di KUDO tentu potongan diskon yang ditawarkan oleh KUDO setiap harinya dengan harga terbaik berkat kemitraan KUDO dengan merchant-merchant yang sudah bekerjasama secara langsung. Kebayangkan, alasan kenapa harganya terbaik, karena proses pembelian langsung dari produsen ke pembeli tanpa ada perantara atau perpanjangan tangan lagi. Sudah pahamkan sekarang mengapa harganya kompetitif.

Team KUDO juga selektif dalam memilih merchant untuk diajak kerjasama agar barang yang dipesan sesuai dengan deskripsi dan foto produk. Dari kita pasti sering dong dengar keluhan teman yang belanja online begitu barang sampe tidak sesuai. Hal kedua yang juga penting adalah kecepatan pengiriman barang. “Paling nyebelin pas belanja online barangnya gak sesuai dengan pesenan gue atau lama dikirim, kan?” Tanya Agung Nugraha kepada semua blogger yang hadir dalam acara bertajuk “Digital Live & Improvement.” Acara sharing session berjalan dengan santai karena narasumber Agung Nugraha meminta izin menggunakan bahasa sehari-hari pake lo gue gak pake and

Agung Nugraha, Selaku COO of KUDO

Kok ritel mesin Kios KUDO yang tersedia masih sedikit, mas Dede? Yakan KUDO juga masih baru, baru berdiri di Indonesia Juli 2014. Kedepannya malah akan ekspansi dengan membuat mesin pencari layaknya Google di satu tempat untuk seluruh toko online yang ada di Indonesia kalau kata orang Inggrisnya mah aggregrator online shop, semoga terlaksana.

Fokus ke tulisan di atas yang membahas perbedaan Kios KUDO sama agen KUDO. Tadikan yang Kios KUDO sudah saya bahas sekarang giliran agen KUDO. Ini terkait premis paragraf pertama tulisan saya yang menceritakan tablet “gratis” giliran yang gratis aja langsung melek he he

Jadi siapa saja, profesi apa saja, bisa menjadi agen KUDO dengan mengajukan pendaftaran silakan klik disini nanti team dari KUDO akan menghubungi kamu dan akan diaktivasi sebagai agen KUDO. Nantinya, kamu bakal dapat pinjaman tablet selama menjadi agen KUDO, kuota internet satu bulan gratis dari KUDO (gratis terus bisa bangkrut) bulan selanjutnya isi sendiri, terakhir username dan password untuk login di aplikasi tablet yang sudah dipinjamkan oleh KUDO.

Ingat yah, tablet harus dijaga dengan baik jangan sampai rusak karena buat mainan baby atau terjatuh. Jika rusak maka biaya penggantian atau kerusakan ditanggung berdua antara kamu dan KUDO. Oh ya, tabletnya udah dikunci oleh team ahli IT KUDO tak bisa buat instal aplikasi lain istilahnya sudah di-lock. Niat jualankan bukan cari gretongan piss ah he he

Buat blogger ini juga peluang bisa jualan pas gathering atau kumpul-kumpul jualan pulsa. Buat ibu-ibu juga peluang bisa nawarin baju saat arisan atau pengajian tanpa harus repot bawa baju cukup tablet saja. Kamu juga bakalan ditraining cara menggunakannya. So, jangan takut karena gaptek asal mau belajar bisa kok.

Suasana sharing session blogger bareng KUDO

Info yang hanya saya punya karena tanya sama COO of DOKU Agung Nugraha, buat kamu-kamu yang pingin jadi agen segera aja daftar dan aktivasi, kalau pingin cepat daftarnya langsung aja datang ke kantor KUDO ngisi formulir di sana. Soalnya, akhir tahun 2015 KUDO akan launching aplikasi buat Android it’s mean program peminjaman tablet tak berlaku lagi buat tahun baru atau agen yang daftar-aktivasi akhir Desember 2015. KUDO sedang melebarkan sayap atau ekspansi ke lebih banyak pengguna melalui app Android KUDO, sehingga mereka yang mempunyai smartphone atau tablet di seluruh Indonesia bisa mendapat kesempatan menjadi agen of KUDO. Juga proyek mega besar yang sudah saya singgung di atas first in the world aggregator online shop buatan anak bangsa. Merinding saya nulisnya. Sumpah!

Nantinya di kantor tersebut juga akan rutin diadakan Blogger Class. Pertemuan antar blogger dengan pembicara berkompeten yang membahas ilmu dunia perbloggeran seperti tema bagaimana menaikkan SEO (Search Engine Optimization) di mesin pencari Google atau melangsingkan peringkat Alexa. Tau sendirikan sekarang itu blogger yang sering dapat job review standar atau patokannya adalah Alexa buat perusahaan atau instansi pemberi job review. So, pantau terus infonya di Twitter KUDO atau Facebook KUDO dan Kang Arul si Dosen Galau. Akhir kata, yuk tingkatan ilmu, wawasan dunia blogger dan konten blogger dengan mengikuti Blogger Class. Jangan lupa juga segera jadi agen KUDO. Salam blogger.

4 komentar:

  1. cara keluar dari aplikasi kudo, gimana?

    BalasHapus
  2. Kalau kita bisa Belanja Online Mudah Melalui Priceza kenapa masih pikir2 lagi, yuksz belanja. #ikuseo

    BalasHapus
  3. trimakasih atas infonya, kalau boleh sering2 kasih info nya tentang kudo 😉 saya sudah menjadi agenya tinggal ngjalaninya. dan masih butuh bimbingan supaya bisa jual banyak 🙏😁😂

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!