Monday 7 February 2011

Instal Maktabah Syamilah di Windows 7

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 7 Februari 2011]
[Rubrik DIGITAL]

YOGYAKARTA merupakan kota pelajar, ribuan orang datang dan pergi untuk belajar dari berbagai daerah setiap tahunnya. Baik yang pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan formal diantaranya adalah SMA, universitas, dan lembaga pelatihan keterampilan (LPK) sedangkan pendidikan non formal seperti pondok pesantren dan kegiatan-kegiatan agama. Tercatat ada 35 pondok pesantren di Yogyakarta menurut data departemen agama. Namun, perkembangan pondok pesantren sudah mengalami integrasi dan interkoneksi antara pendidikan formal dan non formal. Sehingga tidak hanya ngaji, para santri pun dapat bersekolah ataupun kuliah.

Ilustrasi Gambar Maktabah Syamilah di Windows 7

Dalam pelaksanaan pendidikan di kalangan pesantren, baik santri, mahasiswa maupun ustadz atau ustadzah selalu menggunakan kitab-kitab rujukan berbahasa Arab. Seperti Bulughul Marom, Tafsir Jalalain, Durrotun Nasihin dan Qorotul Uyun yang tertulis dalam lembaran kertas warna kuning sehingga mereka menyebutnya dengan kitab kuning. Padahal kitab-kitab tersebut relatif mahal, tebal dan merepotkan juga jika harus membawa lebih dari satu kitab saat mutola’ah kutub (telaah kitab).

Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi itu semua dapat menjadi mudah dengan hadirnya kumpulan kitab digital yang bernama Maktabah Syamilah. Apa itu Maktabah Syamilah, Maktabah Syamilah adalah sebuah aplikasi Islam di dalamnya memuat puluhan bahkan ribuan kitab langsung dari Arab di mana versi ini menyediakan dalam bentuk digital yang sama persis dengan kitab aslinya. Kabar gembiranya kitab ini gratis dan dapat langsung diunduh dengan mengunjungi alamat http://shamela.ws/index.php/page/download-shamela

Penulis menyakini hampir semua komputer atau notebook dapat diinstal Maktabah Syamilah, mengingat system requirements (konfigurasi minimal) yang dibutuhkan diantaranya adalah: Komputer Pentium II, Memory 128, CD atau DVD ROM Hardisk kosong Minimal 4 Gb (CD) dan 14 Gb (DVD) dan Windows 98 Arabic/ Windows ME Arabic/ Windows XP atau 7 yang sudah diseting Arabic Language.

Yang jadi masalah adalah sebelum menginstal Maktabah Syamilah, terlebih dahulu harus menseting Arabic Language (bahasa Arab) pada Windows. Agar tampilan font dalam aplikasi Maktabah Syamilah terbaca Arab bukan kotak-kotak atau sandi yang tidak jelas. Untuk menseting Arabic Language di Windows 7 tidak serepot seperti di Windows XP yang mengharuskan memasukkan CD instalasi Windows XP itu sendiri. Caranya adalah masuk pada 'Control Panel' kemudian masuk ke 'Region and Language' klik pada tab 'Administrative' pada menu 'Change system locale' pilih 'Arabic (Saudi Arabia)' dan Restart komputer baru kemudian instal Maktabah Syamilah dan ikuti instruksi yang ada. Bagi yang ingin menyeting agar dapat mengetik teks Arab di Windows 7 dan input Al-Qur’an secara otomatis di Microsoft Office 2003, 2007 atau 2010 dapat membaca tulisanku yang dulu pernah dimuat di kolom Digital Kedaulatan Rakyat klik disini jika ingin membacanya.

Di era digital ini saya yakin banyak di antara siswa, santri, mahasiswa, guru, ustadz, ustadzah atau dosen yang sudah memiliki komputer pribadi atau laptop dan di antara mereka kemungkinan ada yang membutuhkan kitab Maktabah Syamilah tetapi tidak mengerti cara mendapatkannya atau gagal instalasi karena tidak mengerti bagaimana menseting bahasa Arab di Windows 7 terlebih dahulu. Sebab penulis sering dimintakan tolong bagaimana menseting Arab dan menginstal Maktabah Syamila di notebook mereka. Harapannya tulisan ini semoga dapat menjembatani semua kepentingan tersebut di atas, semoga bermanfaat. Amin.

41 comments:

  1. Bermanfaat sekali mas, Amiin... semoga amal mas di dunia maya bisa jadi tiket masuk surga. ^^

    ReplyDelete
  2. masyaalloh...terimakasih atas informasinya gak layak maktabah syamila saya instal di laptop gak bisa padahal udah saya utek-utek control panelx...!!
    شكرا على اخبركم ؟؟

    ReplyDelete
  3. Bisa kok Mas, mungkin downloadnya kurang sukses. Karena kapasitasnya gede banget sekitar 4 GB-tan. Di tempatku bisa. Sampean emang pake OS-nya apa?

    ReplyDelete
  4. terima kasih banyak nggeh sudah membantu kami. semoga dibalas oleh Allah dengan balasan yang baik

    ReplyDelete
  5. mas, klo untuk windows 7 gmana yah ???

    ReplyDelete
  6. Ya, ini untuk Windows 7 mas?
    Mungkin maksudnya untuk Windows XP kali yah? :)
    Oh iya, download lama banget karna filenya ukurannya besar sekitar 3 GB-tan. So, yang pengen pesen bisa kontak saya di mari ajah. Kena biaya ganti DVD dan ongkos download biaya warnet :)

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah.........terima kasih mas,
    mhn dibantu unt buka maktabah syamilah nya gmn? krn sewaktu sy dah klik kok tampilannya disuruh pilih folder lg.....????terima kasih

    ReplyDelete
  8. Maksudnya bagaimana mas?
    Bukannya tinggal diinstal ajah toh he he

    ReplyDelete
  9. Duhh... Mas koq setelah dibuka munculnya bukan tulisan arab tapi tulisan nyeleneh = ÇáÚÞíÏÉ

    ReplyDelete
  10. Coba gunakan saja bantuan Google translator

    ReplyDelete
  11. al-hamdulillah...Terima kasih mas atas infonya....Semoga Allah membalasnya dengan yang sepada,,,,Saya nyariin kaya gini sampe download software apa ja ga bisa juga,,,pas baca artikerl mas ini,,,langsung bisa ternyata caranya mudah....padahal saya udah otak-atik shameelax ga bisa jg (soalnya sok tau),,,terimakasih banget ya mas!!!!!

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah, menurut pencarian Google.inc dengan mengetikan "download maktabah syamilah windows 7" urutan pertama yg muncul adalah blog ini. Maka bagi pembaca yang merasa bermanfaat, jangan lupa komentarnya. Dengan komentar di posting artikel ini turut membantu SEO pencarian di Google, sehingga dapat membantu saudara kita yang lagi membutuhkan. Sallam

    ReplyDelete
  13. aslmlkm. saya sebelumnya sudah install maktabah syamilah. lalu laptop saya install window 7 (sebelumnya vista). tapi sekarang gg bisa di buka. padahal filenya masih ada tuh d hardisk 40 GB. mohon solusi. syukron

    ReplyDelete
  14. wah,,, maktabah syamilah saya bertuliskan angka2 yg ga jelas dean menunynya pun bukan tulisan arab padahal,, sudah bahasa di add arab yemen dan saudi,, sudah pula diregistry booster 2011... ga bisa dibuka sempurna gimana ya solusinya.... please

    ReplyDelete
  15. Tolong yg berkomentar tuliskan nama jangan anonim. Jawaban untuk Anonim 1. Bisa saja itu terjadi karena perubahan (upgrade) Anda menggunakan OS Windows 7. Solusinya coba lakukan instalasi kembali Maktabah Syamilah-nya.

    Untuk Anonim 2. Menggunakan system apa? kalo XP harus ditambahkan agar XP dapat menulis Arab sedangkan untuk Windows 7 caranya dapat dilihat di alamat ini: http://www.masdede.com/2010/12/teknologi-bagi-penyandang-cacat.html

    ReplyDelete
  16. tolong lebih jelasnya mas dede, untuk instal di windows 7. kurang paham, step by step gitu..sykron..

    ReplyDelete
  17. Maaf, aku belum sempat masih sibuk. Namun ini sudah ada yang berbaik hati menuliskannya step by step di internet silakan klik disini untuk mengunjungi alamat web tersebut. Semoga membantu. Salam. :)

    ReplyDelete
  18. thx ya akhi.... alhamdulillah... sy uda bs instal Maktabah Syamela dg bener berkat panjenengan....

    ReplyDelete
  19. Sama-sama mas. Terimakasih juga sudah berpartisipasi berkomentar di blog yang sederhana ini. :)

    ReplyDelete
  20. assalamualaikum.
    sebelumnya sy mohon maaf mengganggu mas dede.com .
    kami sdh instal arabic terlebih dahulu pada laptop windows 7 , kemudian baru mengnstall syamilah, setelah selaesai install,yg keluar hanya tulisan seperti ini :

    ÇáãßÊÈÉ ÃÈæ ÇáÓÚæÏ ÇáÚãÇÏíÇáÔÇãáÉ

    mohon bantuan mas dede spy kami dapat menggunakan syamila.. terimakasih wassalamualaikum.

    subhan yl. email: kemenagkutim@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Walaikumsallam.

    Jika sudah selesai instalasi Maktabah Syamilah tidak ada error sistem, artinya Anda telah sukses menginstalnya. Namun yang menjadi masalah adalah kode yang muncul bukan bahasa Arab tetapi kode aneh sesuai yang Anda copy-kan ke blog ini. Itu berarti sistem Anda sepenuhnya belum support terhadap bahasa Arab meskipun Anda sudah instal Arabic. Solusinya adalah, tolong baca ulang artikel ini dan ikuti step by stepnya, dan untuk tambahan bagi siapa juga yang mengalami masalah tersebut silakan masuk ke:

    Langkah 1:
    Control Panel->Region and Language->Keyboards and Languages->Change Keyboards...->Language Bar->Checklist dua menu pada->Show the Language bar as transparent when inactive dan Show additional Language bar icons in the taskbar->OK.

    Langkah 2:

    Control Panel->Region and Language->Administrative->Change system locale...->Pilih Arabic (Saudi Arabia) klik OK. Kemudian komputer/ laptop akan minta restart. Setelah restart insya Allah kode aneh gak akan muncul lagi :)

    Semoga membantu. Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar.

    ReplyDelete
  22. NB:
    Kitab digital Maktabah Syamilah jika langsung mendownload di situs resminya beberapa antivirus akan mendetekasi sebagai virus, padahal itu bukan virus saat diekstrak menggunakan WinRar. Solusinya saat di ekstrak usahakan matikan antivirusnya terlebih dahulu. Karena dikhawatirkan jika beberapa file yang dianggap virus tersebut adalah komponen penting dari aplikasi Maktabah Syamilah itu sendiri, akibatnya instalasi gagal. Itu yang beberapa penulis alami pada beberapa teman. :)

    ReplyDelete
  23. terimakasih mas dede, kami sudah bisa install syamilah, semoga ilmu mas dede bermanfaat bagi semua umat..dan mendapat pahala jariyah, berkah dunia akherat.. amin..

    terimakasih.. kami ucapkan sekali lagi, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..

    (ada ilmu baru apa lagi untuk kemajuan kitab kita..)

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah sudah berhasil. Sama-sama, saya juga turut senang :)

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum, Mohon Bantuannya Mas, Dah sya ikutin Instruksi dari Mas. Tapi Setelah Sya Instal Maktabah Syamilah malah jdi gini Tulisannya. ga tau cara mengembalikannya...
    Terimakasih bnyak Mas Sebelumnya.
    ãÄáÝ: íäÓÈ áÃÈí ÍäíÝÉ ÇáäÚãÇä Èä ËÇÈÊ Èä ÒæØí Èä ãÇå (ÇáãÊæÝì: 150åÜ)
    ÇáäÇÔÑ: ãßÊÈÉ ÇáÝÑÞÇä - ÇáÅãÇÑÇÊ ÇáÚÑÈíÉ
    ÇáØÈÚÉ: ÇáÃæáì¡ 1419åÜ - 1999ã
    ÚÏÏ ÇáÃÌÒÇÁ: 1
    [ÊÑÞíã ÇáßÊÇÈ ãæÇÝÞ ááãØÈæÚ]

    ReplyDelete
  26. Untuk mas Ali, kasusnya hampir sama dengan pertanyaan "KEMENTERIAN AGAMA KUTAI TIMUR". Itu masalahnya di setingan bahasa, coba ikuti lagi dengan jawaban yang saya berikan pada "KEMENTERIAN AGAMA KUTAI TIMUR" iinsya Allah berhasil. Selamat mencoba :)

    ReplyDelete
  27. saya ahmad nabawie
    salam
    baru aja instal M.Syamela mas, dan saya udah lengkapin semua syarat bahasa arab, dan memang saya pake komp untuk nulis2 arab, tapi kok tetap gak muncul ya arabnya, malah code yang ntah hapa hapa gitu.. tolong pencerahannya masa..

    ReplyDelete
  28. sekali lagi mas.. ana pakai XP sp3

    ReplyDelete
  29. Terimakasih sudah berartisipasi dengan bertanya dan menulis komentar di blog ini.

    Komputer atau laptop untuk menulis Arab, tidak sama dengan bahwa pengaturan agar aplikasi Maktabah Syamilah dapat terbaca dengan baik font Arab yang ditampilkan seharusnya.

    Untungnya sampean menyebutkan sistem operasi (OS) yang digunakan yaitu Windows XP. Seluruh keluarga atau family Windows XP :) dengan turunannya entah SP1 SP2 SP3 asal jangan SP kerja ajah ha ha ha :) memang perlu melakukan instalasi bahasa Arab yang dibutuhkan karena tidak sama dengan di Windows 7 yang sudah otomatis ada tinggal nyeting saja.

    Artinya mau gak mau sampean harus menambahkan secara manual dengan master Windows XP yang digunakan untuk menginstal.

    Solusinya, karena aku sibuk :) he he he silakan baca blog cara setingnya di alamat berikut ini:Klik disini atau upgrade sistem sampean dengan Windows 7 saja. Dan ikuti steap by steap di atas sekaligus komentar dan jawaban di blog ini dijamin bisa karena memang saya sudah tulis di artikel atas ini hanya untuk Windows 7. Oke, selamat mencoba dan semoga berhasil. Mohon maaf jika ada yang tidak berkenan. Salam Blogger :)

    ReplyDelete
  30. waahhh...makasih mas.
    sekarang aku dah bisa install juga.:)

    ReplyDelete
  31. Untuk Ibnu Hassan, alhamdulillah jika sudah bisa :)

    ReplyDelete
  32. kasusnya sama bang kaya ane dulu waktu instal maktabah syamila. knp jadinya sandi2. eh ternyata harus diganti bahasa local areanya. salam blogger

    ReplyDelete
  33. Memang seperti itu "Satria Baja Hikam" pokoke intine jika muncul kode-kode aneh atau kotak-kotak gak jelas :D masalah ada pada pengaturan bahasa

    ReplyDelete
  34. oiya thanx maz brow berkat artikel ini akhrnya saya bisa ngintal maktabah syamilah di laptop dg benar.. terima kasih sekali lg. cayo. update terus pengetahuan IT Nya

    ReplyDelete
  35. dlaptop saya ga bsa dbuka m.syamilahnya.
    Saya pake window7 64 bit.
    Knapa ya?

    ReplyDelete
  36. trims mas dede..sudah suksess terinstall...jazakumulloh khoiron katsiro!!

    ReplyDelete
  37. trims mas dede...sukses terinstall..smoga Allah mmbalas dengan balasan yg sebaik2x!!

    ReplyDelete
  38. @Maya Zahra: Sama-sama, turut senang saya mendengarnya :)

    ReplyDelete
  39. @Keciq Marqum: Makasih atas kunjungan dan komentarnya.. :)

    ReplyDelete
  40. Kalau pake windows me dan windows 2000 bisa gak?

    ReplyDelete

Terimakasih yah udah ngunjungi blogku ini. Maaf banget, komentar yang isinya iklan, link hidup, sara, pornografi dan spam bakalan aku hapus!


Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog