Senin, 07 Februari 2011

Instal Maktabah Syamilah di Windows 7

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 7 Februari 2011]
[Rubrik DIGITAL]

YOGYAKARTA merupakan kota pelajar, ribuan orang datang dan pergi untuk belajar dari berbagai daerah setiap tahunnya. Baik yang pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan formal diantaranya adalah SMA, universitas, dan lembaga pelatihan keterampilan (LPK) sedangkan pendidikan non formal seperti pondok pesantren dan kegiatan-kegiatan agama. Tercatat ada 35 pondok pesantren di Yogyakarta menurut data departemen agama. Namun, perkembangan pondok pesantren sudah mengalami integrasi dan interkoneksi antara pendidikan formal dan non formal. Sehingga tidak hanya ngaji, para santri pun dapat bersekolah ataupun kuliah.

Ilustrasi Gambar Maktabah Syamilah di Windows 7

Dalam pelaksanaan pendidikan di kalangan pesantren, baik santri, mahasiswa maupun ustadz atau ustadzah selalu menggunakan kitab-kitab rujukan berbahasa Arab. Seperti Bulughul Marom, Tafsir Jalalain, Durrotun Nasihin dan Qorotul Uyun yang tertulis dalam lembaran kertas warna kuning sehingga mereka menyebutnya dengan kitab kuning. Padahal kitab-kitab tersebut relatif mahal, tebal dan merepotkan juga jika harus membawa lebih dari satu kitab saat mutola’ah kutub (telaah kitab).

Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi itu semua dapat menjadi mudah dengan hadirnya kumpulan kitab digital yang bernama Maktabah Syamilah. Apa itu Maktabah Syamilah, Maktabah Syamilah adalah sebuah aplikasi Islam di dalamnya memuat puluhan bahkan ribuan kitab langsung dari Arab di mana versi ini menyediakan dalam bentuk digital yang sama persis dengan kitab aslinya. Kabar gembiranya kitab ini gratis dan dapat langsung diunduh dengan mengunjungi alamat http://shamela.ws/index.php/page/download-shamela

Penulis menyakini hampir semua komputer atau notebook dapat diinstal Maktabah Syamilah, mengingat system requirements (konfigurasi minimal) yang dibutuhkan diantaranya adalah: Komputer Pentium II, Memory 128, CD atau DVD ROM Hardisk kosong Minimal 4 Gb (CD) dan 14 Gb (DVD) dan Windows 98 Arabic/ Windows ME Arabic/ Windows XP atau 7 yang sudah diseting Arabic Language.

Yang jadi masalah adalah sebelum menginstal Maktabah Syamilah, terlebih dahulu harus menseting Arabic Language (bahasa Arab) pada Windows. Agar tampilan font dalam aplikasi Maktabah Syamilah terbaca Arab bukan kotak-kotak atau sandi yang tidak jelas. Untuk menseting Arabic Language di Windows 7 tidak serepot seperti di Windows XP yang mengharuskan memasukkan CD instalasi Windows XP itu sendiri. Caranya adalah masuk pada 'Control Panel' kemudian masuk ke 'Region and Language' klik pada tab 'Administrative' pada menu 'Change system locale' pilih 'Arabic (Saudi Arabia)' dan Restart komputer baru kemudian instal Maktabah Syamilah dan ikuti instruksi yang ada. Bagi yang ingin menyeting agar dapat mengetik teks Arab di Windows 7 dan input Al-Qur’an secara otomatis di Microsoft Office 2003, 2007 atau 2010 dapat membaca tulisanku yang dulu pernah dimuat di kolom Digital Kedaulatan Rakyat klik disini jika ingin membacanya.

Di era digital ini saya yakin banyak di antara siswa, santri, mahasiswa, guru, ustadz, ustadzah atau dosen yang sudah memiliki komputer pribadi atau laptop dan di antara mereka kemungkinan ada yang membutuhkan kitab Maktabah Syamilah tetapi tidak mengerti cara mendapatkannya atau gagal instalasi karena tidak mengerti bagaimana menseting bahasa Arab di Windows 7 terlebih dahulu. Sebab penulis sering dimintakan tolong bagaimana menseting Arab dan menginstal Maktabah Syamila di notebook mereka. Harapannya tulisan ini semoga dapat menjembatani semua kepentingan tersebut di atas, semoga bermanfaat. Amin.

38 komentar:

Anonim mengatakan...

Bermanfaat sekali mas, Amiin... semoga amal mas di dunia maya bisa jadi tiket masuk surga. ^^

Dede Ariyanto mengatakan...

Amiiiin :D

Alama Alaudin As-shidiqy mengatakan...

masyaalloh...terimakasih atas informasinya gak layak maktabah syamila saya instal di laptop gak bisa padahal udah saya utek-utek control panelx...!!
شكرا على اخبركم ؟؟

Dede Ariyanto mengatakan...

Bisa kok Mas, mungkin downloadnya kurang sukses. Karena kapasitasnya gede banget sekitar 4 GB-tan. Di tempatku bisa. Sampean emang pake OS-nya apa?

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak nggeh sudah membantu kami. semoga dibalas oleh Allah dengan balasan yang baik

Muhammad Taqi mengatakan...

mas, klo untuk windows 7 gmana yah ???

Dede Ariyanto mengatakan...

Ya, ini untuk Windows 7 mas?
Mungkin maksudnya untuk Windows XP kali yah? :)
Oh iya, download lama banget karna filenya ukurannya besar sekitar 3 GB-tan. So, yang pengen pesen bisa kontak saya di mari ajah. Kena biaya ganti DVD dan ongkos download biaya warnet :)

adi mengatakan...

alhamdulillah.........terima kasih mas,
mhn dibantu unt buka maktabah syamilah nya gmn? krn sewaktu sy dah klik kok tampilannya disuruh pilih folder lg.....????terima kasih

Dede Ariyanto mengatakan...

Maksudnya bagaimana mas?
Bukannya tinggal diinstal ajah toh he he

Anonim mengatakan...

Duhh... Mas koq setelah dibuka munculnya bukan tulisan arab tapi tulisan nyeleneh = ÇáÚÞíÏÉ

Dede Ariyanto mengatakan...

Coba gunakan saja bantuan Google translator

Anonim mengatakan...

al-hamdulillah...Terima kasih mas atas infonya....Semoga Allah membalasnya dengan yang sepada,,,,Saya nyariin kaya gini sampe download software apa ja ga bisa juga,,,pas baca artikerl mas ini,,,langsung bisa ternyata caranya mudah....padahal saya udah otak-atik shameelax ga bisa jg (soalnya sok tau),,,terimakasih banget ya mas!!!!!

Dede Ariyanto mengatakan...

Alhamdulillah, menurut pencarian Google.inc dengan mengetikan "download maktabah syamilah windows 7" urutan pertama yg muncul adalah blog ini. Maka bagi pembaca yang merasa bermanfaat, jangan lupa komentarnya. Dengan komentar di posting artikel ini turut membantu SEO pencarian di Google, sehingga dapat membantu saudara kita yang lagi membutuhkan. Sallam

Anonim mengatakan...

aslmlkm. saya sebelumnya sudah install maktabah syamilah. lalu laptop saya install window 7 (sebelumnya vista). tapi sekarang gg bisa di buka. padahal filenya masih ada tuh d hardisk 40 GB. mohon solusi. syukron

Anonim mengatakan...

wah,,, maktabah syamilah saya bertuliskan angka2 yg ga jelas dean menunynya pun bukan tulisan arab padahal,, sudah bahasa di add arab yemen dan saudi,, sudah pula diregistry booster 2011... ga bisa dibuka sempurna gimana ya solusinya.... please

Dede Ariyanto mengatakan...

Tolong yg berkomentar tuliskan nama jangan anonim. Jawaban untuk Anonim 1. Bisa saja itu terjadi karena perubahan (upgrade) Anda menggunakan OS Windows 7. Solusinya coba lakukan instalasi kembali Maktabah Syamilah-nya.

Untuk Anonim 2. Menggunakan system apa? kalo XP harus ditambahkan agar XP dapat menulis Arab sedangkan untuk Windows 7 caranya dapat dilihat di alamat ini: http://www.masdede.com/2010/12/teknologi-bagi-penyandang-cacat.html

dapurinspirasi mengatakan...

tolong lebih jelasnya mas dede, untuk instal di windows 7. kurang paham, step by step gitu..sykron..

Dede Ariyanto mengatakan...

Maaf, aku belum sempat masih sibuk. Namun ini sudah ada yang berbaik hati menuliskannya step by step di internet silakan klik disini untuk mengunjungi alamat web tersebut. Semoga membantu. Salam. :)

Mansur Hidayat mengatakan...

thx ya akhi.... alhamdulillah... sy uda bs instal Maktabah Syamela dg bener berkat panjenengan....

Dede Ariyanto mengatakan...

Sama-sama mas. Terimakasih juga sudah berpartisipasi berkomentar di blog yang sederhana ini. :)

KEMENTERIAN AGAMA KUTAI TIMUR mengatakan...

assalamualaikum.
sebelumnya sy mohon maaf mengganggu mas dede.com .
kami sdh instal arabic terlebih dahulu pada laptop windows 7 , kemudian baru mengnstall syamilah, setelah selaesai install,yg keluar hanya tulisan seperti ini :

ÇáãßÊÈÉ ÃÈæ ÇáÓÚæÏ ÇáÚãÇÏíÇáÔÇãáÉ

mohon bantuan mas dede spy kami dapat menggunakan syamila.. terimakasih wassalamualaikum.

subhan yl. email: kemenagkutim@gmail.com

Dede Ariyanto mengatakan...

Walaikumsallam.

Jika sudah selesai instalasi Maktabah Syamilah tidak ada error sistem, artinya Anda telah sukses menginstalnya. Namun yang menjadi masalah adalah kode yang muncul bukan bahasa Arab tetapi kode aneh sesuai yang Anda copy-kan ke blog ini. Itu berarti sistem Anda sepenuhnya belum support terhadap bahasa Arab meskipun Anda sudah instal Arabic. Solusinya adalah, tolong baca ulang artikel ini dan ikuti step by stepnya, dan untuk tambahan bagi siapa juga yang mengalami masalah tersebut silakan masuk ke:

Langkah 1:
Control Panel->Region and Language->Keyboards and Languages->Change Keyboards...->Language Bar->Checklist dua menu pada->Show the Language bar as transparent when inactive dan Show additional Language bar icons in the taskbar->OK.

Langkah 2:

Control Panel->Region and Language->Administrative->Change system locale...->Pilih Arabic (Saudi Arabia) klik OK. Kemudian komputer/ laptop akan minta restart. Setelah restart insya Allah kode aneh gak akan muncul lagi :)

Semoga membantu. Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar.

Dede Ariyanto mengatakan...

NB:
Kitab digital Maktabah Syamilah jika langsung mendownload di situs resminya beberapa antivirus akan mendetekasi sebagai virus, padahal itu bukan virus saat diekstrak menggunakan WinRar. Solusinya saat di ekstrak usahakan matikan antivirusnya terlebih dahulu. Karena dikhawatirkan jika beberapa file yang dianggap virus tersebut adalah komponen penting dari aplikasi Maktabah Syamilah itu sendiri, akibatnya instalasi gagal. Itu yang beberapa penulis alami pada beberapa teman. :)

KEMENTERIAN AGAMA KUTAI TIMUR mengatakan...

terimakasih mas dede, kami sudah bisa install syamilah, semoga ilmu mas dede bermanfaat bagi semua umat..dan mendapat pahala jariyah, berkah dunia akherat.. amin..

terimakasih.. kami ucapkan sekali lagi, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..

(ada ilmu baru apa lagi untuk kemajuan kitab kita..)

Dede Ariyanto mengatakan...

Alhamdulillah sudah berhasil. Sama-sama, saya juga turut senang :)

ali mengatakan...

Assalamualaikum, Mohon Bantuannya Mas, Dah sya ikutin Instruksi dari Mas. Tapi Setelah Sya Instal Maktabah Syamilah malah jdi gini Tulisannya. ga tau cara mengembalikannya...
Terimakasih bnyak Mas Sebelumnya.
ãÄáÝ: íäÓÈ áÃÈí ÍäíÝÉ ÇáäÚãÇä Èä ËÇÈÊ Èä ÒæØí Èä ãÇå (ÇáãÊæÝì: 150åÜ)
ÇáäÇÔÑ: ãßÊÈÉ ÇáÝÑÞÇä - ÇáÅãÇÑÇÊ ÇáÚÑÈíÉ
ÇáØÈÚÉ: ÇáÃæáì¡ 1419åÜ - 1999ã
ÚÏÏ ÇáÃÌÒÇÁ: 1
[ÊÑÞíã ÇáßÊÇÈ ãæÇÝÞ ááãØÈæÚ]

Dede Ariyanto mengatakan...

Untuk mas Ali, kasusnya hampir sama dengan pertanyaan "KEMENTERIAN AGAMA KUTAI TIMUR". Itu masalahnya di setingan bahasa, coba ikuti lagi dengan jawaban yang saya berikan pada "KEMENTERIAN AGAMA KUTAI TIMUR" iinsya Allah berhasil. Selamat mencoba :)

ahmad nabawie mengatakan...

saya ahmad nabawie
salam
baru aja instal M.Syamela mas, dan saya udah lengkapin semua syarat bahasa arab, dan memang saya pake komp untuk nulis2 arab, tapi kok tetap gak muncul ya arabnya, malah code yang ntah hapa hapa gitu.. tolong pencerahannya masa..

ahmad nabawie mengatakan...

sekali lagi mas.. ana pakai XP sp3

Dede Ariyanto mengatakan...

Terimakasih sudah berartisipasi dengan bertanya dan menulis komentar di blog ini.

Komputer atau laptop untuk menulis Arab, tidak sama dengan bahwa pengaturan agar aplikasi Maktabah Syamilah dapat terbaca dengan baik font Arab yang ditampilkan seharusnya.

Untungnya sampean menyebutkan sistem operasi (OS) yang digunakan yaitu Windows XP. Seluruh keluarga atau family Windows XP :) dengan turunannya entah SP1 SP2 SP3 asal jangan SP kerja ajah ha ha ha :) memang perlu melakukan instalasi bahasa Arab yang dibutuhkan karena tidak sama dengan di Windows 7 yang sudah otomatis ada tinggal nyeting saja.

Artinya mau gak mau sampean harus menambahkan secara manual dengan master Windows XP yang digunakan untuk menginstal.

Solusinya, karena aku sibuk :) he he he silakan baca blog cara setingnya di alamat berikut ini:Klik disini atau upgrade sistem sampean dengan Windows 7 saja. Dan ikuti steap by steap di atas sekaligus komentar dan jawaban di blog ini dijamin bisa karena memang saya sudah tulis di artikel atas ini hanya untuk Windows 7. Oke, selamat mencoba dan semoga berhasil. Mohon maaf jika ada yang tidak berkenan. Salam Blogger :)

ibnuhassan mengatakan...

waahhh...makasih mas.
sekarang aku dah bisa install juga.:)

Dede Ariyanto mengatakan...

Untuk Ibnu Hassan, alhamdulillah jika sudah bisa :)

Satria Baja Hikam mengatakan...

kasusnya sama bang kaya ane dulu waktu instal maktabah syamila. knp jadinya sandi2. eh ternyata harus diganti bahasa local areanya. salam blogger

Dede Ariyanto mengatakan...

Memang seperti itu "Satria Baja Hikam" pokoke intine jika muncul kode-kode aneh atau kotak-kotak gak jelas :D masalah ada pada pengaturan bahasa

Keciq Marqum mengatakan...

oiya thanx maz brow berkat artikel ini akhrnya saya bisa ngintal maktabah syamilah di laptop dg benar.. terima kasih sekali lg. cayo. update terus pengetahuan IT Nya

Unknown mengatakan...

dlaptop saya ga bsa dbuka m.syamilahnya.
Saya pake window7 64 bit.
Knapa ya?

Ade Malsasa Akbar mengatakan...

Bismillahirrahmanirrahim. Saya ingin berbagi aplikasi Islami yang luar biasa, Saudaraku.

Ada aplikasi bernama SalafiDB, gratis, ia aplikasi berisi:

1. Al-Qur’an dan terjemahan dalam bahasa Indonesia
2. Tafsir Ibnu Katsir (dalam bahasa Inggris)
3. Shahih Bukhari dalam bahasa Indonesia
4. Shahih Muslim dalam bahasa Indonesia
5. Bulughul Maram Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam bahasa Indonesia
6. Riyadhus Shalihin Imam Nawawi dalam bahasa Indonesia
7. Hadits Arba’in Imam Nawawi dalam bahasa Indonesia
8. Kumpulan fatwa ulama Arab Saudi Lajnah Da’imah (dari http://fatwa-ulama.com) berbahasa Indonesia
9. Kumpulan (mirror) dari situs http://almanhaj.or.id berbahasa Indonesia
10. Kumpulan e-book berisi penjelasan-penjelasan yang sangat penting untuk umat Islam termasuk menjelaskan pokok-pokok penyimpangan ajaran Islam (ini sangat penting) dalam bahasa Indonesia.

Anda dapat membaca uraian dan mengunduhnya di:
1. SalafiDB Versi Windows: http://bacasalaf.wordpress.com/2012/07/05/salafidb-40-versi-windows/

2. SalafiDB Versi Linux: http://bacasalaf.wordpress.com/2012/07/05/salafidb-sebuah-aplikasi-al-quran/

Ukurannya hanya sekitar 50 MB. Saya sangat merekomendasikan aplikasi ini untuk kaum muslimin se-Indonesia. Saya sendiri telah mengambil faidah yang besar sekali dari aplikasi ini. Semoga ini bermanfaat.

Pustaka Tholibul Ilmi mengatakan...

Assalamu 'Alaikum. Para Kyai, Ustadz, da'i & pecinta ilmu
Kami tawarkan Produk-produk Baru kami :

(JIKA ANDA SANGAT BERMINAT NAMUN RAGU DGN INFO INI KARENA TAKUT PENIPUAN, ANDA BOLEH MEMBAYAR SETELAH ANDA MENERIMA BARANGNYA)

1. Software Murattal 30 Qiraah Sab’ah & ‘Asyr
Berisi software Murattal 30 Juz bacaan Al-Qur'an Qiroah 7 & 10 dgn 15 riwayat dari 20 riwayat yang pernah diajarkan Nabi SAW secara mutawatir sehingga boleh dibaca&diamalkan.
DILENGKAPI :
- kaidah ushul dan mushaf per-rowi
- biografi per-rowi
- kajian Mp3 qiraah sab’a & ‘asyr
BONUS :
- koleksi tambahan murattal qiraah sab’a & ‘asyr puluhan qori TOTAL 20 RIWAYAT LENGKAP MASING-MASING 30 JUZ
- Murattal 30 Juz dibaca dgn 20 riwayat langsung (jama' shugra) oleh Syaikh Thoha
- Tilawah & software belajar Tilawah bin Naghom
- Kitab-kitan Qiroah 7 & 10
- Kajian tajwid video
- Materi presentasi tajwid
- Software2 quran digital dan tajwid

Semuanya terkumpul dalam 6 keping DVD
MINAT ?????
Harga dan Infaq: Rp. 150.000 (gratis bea krm pulau jawa)
____________________

2. MAKTABAH SYAMILAH KUBRO 57 GB
Kini hadir MAKTABAH SYAMILAH dgn ukuran 57 GB (setelah diinstal) dalam bentuk flashdisk 16 GB
Dengan kelebihan:
- Transfer data lebih mudah & cepat
- Versi 3.51 terbaru
- Ukuran 57 GB (TERBESAR DI DUNIA)
- Berisi lebih dari 30ribu kitab
- Kelompok materi mencapai 145 bidang
- Mudah diinstall
- Telah melalui proses fahrosah, farz & fahsh
- Rata-rata sudah dikelompokkan muwafiq & ghoiru muwafiq lil mathbu’
- Dikelompokkan akidah asyary & non asyary
- Menu utama quran & tafsiruhu lebih banyak
- Dilengkapi panduan install, setting arabic, dan video tutorial pengoperasian maktabah Syamilah
- BONUS : Kamus Arab-Indo dan Munawwir serta software DVD Marji’ Akbar (tandingan syamilah)

MINAT ?
Harga & Infaq : RP. 250.000 (sudah bea krm wilayah jawa)

TERSEDIA PULA MAKTABAH SYAMILAH 57 GB DALAM PAKET DVD ( Berisi 5 DVD plus 1 DVD Bonus ) DENGAN HARGA TERJANGKAU. HANYA Rp. 150.000
________________________

3. FLASHDISK THOLIBUL ILMI 16 GB
Berisi konten2 islami & umum spt :
- Maktabah Syamilah berisi 12.562 kitab
- Ribuan terjemah kitab2 spt kutub tis'ah, tafsir&brbagai materi islam
- Ratusan artikel & buku masalah khilafiyyah
- Ratusan artikel buku dan materi presentasi
- Ratusan fatwa-fatwa dan bahtsul masail
- Quran digital tajwid tafsir+4 qori pilihan,
- e-Pustaka Tholibul Ilmi ribuan artikel & buku ASWAJA
- Software berisi 42 kitab hadits lgkp dlm satu aplikasi,
- Software2 (tajwid, faraidl, zakat, peribahasa, kamus, antariksa, dll)
- kajian2 MP 3
- Murattal 30 juz 2 thoriq riwayat Hafsh (Syathibiyah & Thoyyibatun Nasyr)
- Video Belajar Bhs Arab lengkap
- Video2 ilmiah dan bahan prsentasi dll.

Terkumpul dalam flashdisk 16 GB
MINAT ???
Harga & Infaq: Rp. 250.000 (sudah ongkos kirim wilayah jawa)

Info/pemesanan hub: ABI QORI (Nur Chalim)
082119653966 / 085724347663 / 08174844161 / 08993400441
atau lgsg ke alamat kami ;
PP. Hidayatullah, Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 MULYOREJO - SURABAYA

Banner

Cuit-Cuit Yuk!

Pengunjung Blog