Senin, 05 Juli 2010

Facebook Rilis Film 'The Social Network'

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 5 Juli 2010]
[Rubrik DIGITAL]

You Don’t Get to 500 Million Friends Without Making A Few Enimies’ begitulah slogan di poster atau trailer yang dilepas di internet dan sedang marak diperbincangkan orang akhir-akhir ini. Kurang lebih jika diterjemahkan artinya sebagai berikut: "Kamu Tidak Dapat Memiliki 500 Juta Teman Tanpa Membuat Beberapa Musuh" . Jika diamati, jelas film ini akan memuat kisah bagaimana pertama kali Facebook dibuat.

Film yang memiliki judul asli The Social Network. Mengutip dari MSN (17/5/2010) dan berbagai sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, rencana film ini akan dirilis di bioskop mulai Oktober 2010. Garapan Columbia Pictures yang disutradarai oleh David Fincher, sayangnya aktor utama bukan nama asli pemilik situs Facebook Mark Zuckerberg tetapi diperankan oleh Jesse Eisenberg yang memiliki postur dan wajah mirip Zuckerberg. Film ini terinspirasi dari buku The Accidental Billionaries yang ditulis oleh Ben Mezrich.

Adapun penulis sekenario seorang penulis terkenal yang pernah menulis West Wing. Alur cerita film ini bermula saat Mark Zuckerberg diputus oleh pacarnya bernama Erica pacarnya berkata "Semua Wanita tidak akan menyukaimu, karena kamu itu ‘aneh’. Dan Mereka juga akan mencampakanmu karena kamu bajingan". Dalam film ini Zuckerberg digambarkan sebagai orang maniak seks, pengkhianat dan aneh, bagian ini bersifat fiktif tidak sesuai kenyataan. Alasan itulah yang membuat Erica memilih memutuskannya. Tepatnya 4 Februari 2004, saat itu usia Zuckerberg baru 19 tahun. Sama dengan kebanyakan orang karena sedih diputus pacarnya, Zuckerberg memilih berdiam diri di kamar asrama Universitas Harvard tempat ia belajar. Akhirnya setelah semalaman Zuckerberg berhasil membuat kode situs jaringan sosial yang bernama Facebook. Zuckerberg yakin dan sadar jika penemuannya ini kelak akan sukses, akhirnya ia memilih tidak menyelesaikan kuliahnya dan pergi ke Silicon Valley dengan timnya. Di sana ia pun bertemu dengan pendiri Napstar bernama Sean Parker dan akhirnya benar-benar mengelola Facebook.

Dalam membuat Facebook Zuckerberg tidak sendiri, selain dibantu oleh Sean Parker ia juga dibantu oleh dua orang saudara kembar untuk mempublikasikan Facebook keseluruh dunia. Mereka berdua itu Cameron dan Tyler Winklevoss. Sayangnya setelah Facebook benar-benar menuai sukses tanpa alasan yang jelas Cameron dan Tyler Winklevoss dipecat oleh Zuckerberg. Dengan kesuksesannya itu, fantasi seks Zuckerberg menjadi-jadi. Ia mulai mencari dan meniduri wanita di mana saja dan kapan saja ia mau. Mulai dari groupies sampai wanita bar ia sikat.
Pengambilan gambar dilakukan di Harvard University, karena terkendala izin yang super ketat sutradara hanya mengambil adegan terpenting saja selanjutnya diselesaikan di Los Angeles. Kenyataan yang membuktikan untuk membuat film ini karena banyaknya pengguna Facebook di seluruh dunia. Awalnya Facebook menanggapi tawaran ini dengan skeptis. Tetapi setelah dipertimbangkan, akhirnya pihak Facebook sepakat untuk membuat film Facebook dengan judul The Social Network.

Facebook memang sekarang fenomenal di jajaran situs jejaring sosial lainnya, Siapa yang tidak mengenal Facebook? Bahkan mengalahkan pendahulunya Friendster. Semoga saja film ini mampu fenomenal seperti situs Facebook. Meskipun dalam alur ceritanya Mark Zuckerberg digambarkan sebagai orang yang maniak seks, tentu bukan berarti adegan seks yang ditonjolkan. Nilai positif pantang menyerah dan memperjuangkan Facebook menjadi terkenal seperti sekarang ini. Dan keyakinan akan mimpi itu sendiri yang patut ditiru. Karena pihak Facebook sadar, film ini harus masuk ke semua lini, termasuk negara yang menganut paham Timur. Semoga.

2 komentar:

  1. menungu hailna film ntu ajaakh...

    http://luragung.web.id/info/facebook-luncurkan-film-social-network.html

    BalasHapus
  2. Dede Ariyanto12 Juli 2010 10.25

    Iya... sama aku juga :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!