Kamis, 03 Juni 2010

Remote Presentasi dengan Ponsel

[Dimuat di bulletin remaja Cekidot Yogyakarta 9 April 2010]
[Rubrik Trik dan Tips]

PRESENTASI sudah bukan momok yang menakutkan lagi saat ini. Pasalnya, sejak pemerintah menetapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), seharusnya siswa mampu dan sudah terbiasa melakukan presentasi. Siapapun dapat melakukan presentasi dengan baik, asalkan ada kemauan yang kuat, terus berlatih, berani tidak takut salah dan berdoa. Presentasi dapat dilakukan dengan baik, jika dengan persiapan yang mantap. Salah satunya adalah mempersiapkan alat presentasi. Alat presentasi biasanya terdiri dari komputer/ laptop, dan proyektor.

Ilustrasi Gambar Presentasi

Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, disisi lain hadir alat berteknologi canggih yang disebut dengan ponsel. Jika dulu ponsel hanya dapat dimiliki oleh orang-orang tertentu, namun sekarang ponsel sudah menjamur di masyarakat, harganya pun variatif dan relatif murah. Kemajuan teknologi menghantarkan ponsel yang pada awal pembuatannya sebagai alat komunikasi, bergeser mampu mewakili komputer, radio, tape, internet bahkan TV. Terbukti sejak Facebook fenomenal, banyak layanan ponsel yang sudah terintegrasi dengan layanan Facebook. Namun, dibalik kecanggihannya, jarang masyarakat yang menyadari kalau ponsel pun dapat difungsikan sebagai alat remote control presentasi. Terbukti jarang pembicara menggunakan ponsel sebagai remote presentasi.

Alat presentasi di pasaran sangat beragam yang menggunakan hubungan nirkabel dengan wireless. Tengok saja harganya mulai dari 300.000 sampai 850.000 produk label AVOV PreMio Pro. Padahal dengan ponsel pun kita dapat melakukannya. Caranya cukup mudah, yang kita butuhkan adalah bluetooth adapter USB alias bluetooth eksternal. Jika di laptop sudah terdapat bluetooth internal, maka cukup dengan mengaktifkan bluetooth internalnya saja. Bluetooth inilah yang memfungsikan ponsel sebagai remote untuk mengatur presentasi di komputer. Jangan lupa instal driver bluetooth adapter USB terlebih dahulu, namun bluetooth versi terbaru sudah plug and play, artinya tidak perlu lagi melakukan instal driver, bluetooth sudah dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya adalah lihat fasilitas remote control di ponsel dan lakukan konfigurasi bluetooth. Rata-rata untuk ponsel dengan merek Sony Ericsson dan Nokia sudah ada fasilitas remote control. Biasanya menu remote control ada pada ponsel yang sudah dilengkapi dengan fasilitas bluetooth. Namun bagi ponsel yang tidak terdapat menu remote control dapat mencoba aplikasi gratis Mobilewitch Bluetooth Remote Control yang dapat di download di alamat http://www.mobilewitch.com/software.php

Jika sudah, selanjutnya presentasi menggunakan ponsel. Presentasi dengan ponsel terasa lebih tenang dan tambah percaya diri tanpa harus berkata-kata “Next-next, back-back” pada operator presentasi. Secara tidak langsung kita tidak merepotkan orang lain. Di sela-sela presentasi juga dapat melakukan pemotretan peserta dengan diam-diam, mengirim dan menampilkannya di layar presentasi sebagai selingan lucu, agar suasana tidak tegang. Ini disarankan bagi yang sudah advance, karena jika tidak hal sebaliknya yang akan terjadi. Tidak hanya itu, ponsel kita mampu melakukan kerja layaknya tetikus (mouse), antara lain: mematikan komputer, klik kanan, klik kiri, close, tab, doble click, mengendalikan media player dan lain sebagainya. Remote presentasi dapat dilakukan dengan jangkauan 15 sampai 25 meter tergantung bluetooth class yang digunakan. Terkadang kita belum memaksimalkan apa yang kita punya, dan cenderung mengikuti trend yang ada. Selamat mencoba, semoga berhasil.

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!