Selasa, 14 Juni 2016

Bukan Buka Puasa Biasa

APA yang terpikir olehmu setelah membaca judul postingan blog di atas? Ada sesuatu yang tidak biasa pastinya. Sedikitnya, minimal ada dua hal yang ada dalam benakmu. Pertama, mungkin tempat atau restoran mewah di mana kita buka puasa bersama. Kedua, bisa jadi makanan-minuman atau hidangan buka puasa yang begitu lezat dan menggugah selera.
Infografis Buka Bersama Bareng Alumni Sampoerna Academy

Itu semua bisa dimaklumi dan sudah manusiawi. Tetapi bukan itu. Alasan saya memberikan judul tersebut karena saya berbuka puasa dengan orang-orang yang memiliki energi positif. Orang-orang yang memiliki character building yang hebat. Orang-orang yang memiliki kepemimpinan demi masa depan Indonesia yang lebih baik. Singkat kata hasil atau output dari pendidikan terbaik lulusan alumni Sampoerna Academy.

Kali kedua saya diundang melalui komunitas Blogger Crony mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF). Pertama, yang sudah terlaksana yakni menyaksikan lulusan Sampoerna Academy Boarding School (SABS) yang berlokasi di Balai Sidang Kinasih, Jawa Barat, Kamis (12/5). Bisa baca hasil liputannya disini. Kedua, buka bersama di restoran TeSate, Menteng, Jum’at, (10/6).

Soal pendidikan jangan ditanya saya memang semangat. Maklum pendidikan dan IT bisa dibilang adalah passion saya sejak zaman bahela setelah kedatangan dua passion baru berikutnya yakni travelling dan kuliner ha ha ha

Saking semangatnya, saya sampe datang satu hari sebelumnya. Begitu sampe di lokasi, setelah lumayan menunggu lama dan ditanya oleh pramusaji saya baru menyadari acara buka puasa ternyata besoknya bukan sekarang. Tepok jidat, kenapa bisa lupa. Apakah karena faktor “U”? Dan baru kali ini saya salah jadwal hadir di acara blogger. Padahal saat itu saya berangkat dari Tanggerang dan di perjalanan sempat berteduh dulu kurang-lebih satu jam karena hujan.
*****

Seperti biasa, saya datang lebih awal. Bagi saya tidak ada kata telat, kalaupun telat itu tidak disengaja karena ada keperluan atau kondisi yang tak memungkinkan seperti hujan, macet atau keterlambatan moda transportasi.

Sesampainya di lokasi saya lihat ada tiga teman blogger yang sudah datang. Ada wajah asing di antara kami. Dalam hati saya bertanya. “Apakah mungkin mereka para alumni dari Sampoerna Academy?” Tak lama kemudian acara pun dimulai. Benar saja mereka adalah alumni Sampoerna Academy. Dalam buka puasa bersama ini, selain dihadiri oleh blogger dan alumni dihadiri juga oleh teman-teman media.

Tak lama setelah MC membuka acara, sambutan diberikan kepada ibu Nenny Soemawinata, selaku Managing Director Putera Sampoerna Foundation. Dalam sambutannya ibu Nenny menyampaikan bahwa buka puasa bersama ini selain sebagai ajang silaturahmi juga ajang berbagi informasi atau wawasan tentang kondisi pendidikan khususnya di Indonesia dan pencapaian hasil pendidikan yang sudah diterapkan oleh Sampoerna Academy.
Suasana Berbuka Puasa Bareng Alumni Sampoerna Academy

Sebagai institusi bisnis sosial yang senantiasa berkomitmen untuk terus mewujudkan visi-nya dalam mencetak calon pemimpin masa depan yang berkualitas guna memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan Indonesia.

Melalui Sampoerna Schools System, PSF telah mendidik siswa-siswa berprestasi dari seluruh Indonesia, termasuk mereka yang berasal dari keluarga pra-sejahtera, menjadi sosok pribadi yang berkarakter serta mengukir prestasi akademik yang luar biasa. Beberapa dari mereka bahkan telah mengharumkan Indonesia di kancah internasional.

Untuk kembali ke Indonesia guna menempuh praktik kerja magang di berbagai perusahaan multi nasional. Beberapa dari mereka bahkan telah berhasil menyelesaikan studi dengan nilai cemerlang serta menorehkan prestasi yang membanggakan.

Dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing dari alumni Sampoerna Academy di depan setelah dipanggil satu-persatu oleh MC. Sebagian dari mereka ada yang sudah lulus dengan nilai terbaik bahkan sudah bekerja di perusahaan multi nasional, sebagian lagi masih menyelesaikan studi-nya di luar negeri.

Mereka rata-rata kuliah di negeri Paman Sam alias America kurang-lebih ada 14 orang alumni yang ikut buka puasa bersama ini. Rata-rata kuliah di Texas Tech University, University of Kansas, University of Kentucky, West Virgina University, University of Missouri dan University of Utah. Luar biasa, kan!?

Penasaran pengen baca profil dan melihat foto-foto mereka silakan download disini. Tenang, tidak tebal kok, cuman 26 halaman saja sudah sekaligus cover dan daftar isi. Sebab tidak mungkin semua saya tulis di sini. Bisa panjang dan kamu malas baca nantinya.

Usai perkenalan sembari menanti bedug magrib tiba kita bermain games kata-kata. Ada empat regu atau tim dibagi sesuai dengan meja yang berjumlah empat buah meja. Setiap meja diberikan satu kata yang harus disusun secara kelompok menjadi kalimat yang unik, inspiratif, mengandung nilai pendidikan dan keren pastinya.

Jeng-jeng!.. penilaian dilakukan langsung oleh ibu Nenny dan pemenangnya adalah kelompok meja dua tempat di mana saya duduk. Lumayan semua anggota mendapat cake cute. Ini semua berkat ketua tim yang genius .
Foto Ibu Nenny Bersama Alumni Sampoerna Academy

Tak teras adzan magrib pun telah berkumandang waktu Menteng dan sekitarnya. Hi hi berasa baca running text adzan di televisi. Kami pun kemudian semua berdo'a dan menyantap hidangan lezat yang sudah tersaji di meja.

Usai berbuka puasa kita kemudian melaksanakan kewajiban utama bagi umat Islam shalat magrib sendiri-sendiri karena keterbatasan ruang shalat. Sebagian lain berbincang-bincang dan melepas kangen karena mereka saling kenal satu sama lain. Samalah kaya blogger yang rata-rata sudah saling kenal satu sama lain.

Acara diakhiri seperti biasa dengan foto berjamaah karena foto bersama itu terlalu mainstream ha ha . Akhir kata terimakasih Blogger Crony dan Putera Sampoerna Foundation. Salam blogger. ● Dede Ariyanto

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!