Senin, 13 Juni 2011

Auto Shutdown Notebook

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 13 Juni 2011]
[Rubrik DIGITAL]
[Download aplikasi di artikel, silakan klik disini]

SUATU hari tentu Anda pernah merasa sedang asyik-asyiknya download file di internet dengan laptop, terpaksa harus meninggalkan dan mematikan laptop sementara waktu. Padahal download sudah 50 persen jalan. Bagaimana jika mengalami hal seperti di atas? Banyak di antara mereka yang terpaksa dengan berat hati mematikan laptopnya atau membiarkannya begitu saja menyala.

Bagaimana pun juga yang harus dipahami bahwa satu musuh dari elektronik dalam hal ini komputer maupun laptop adalah panas yang dihasilkan. Panas yang dihasilkan laptop dapat mengurangi daya tahan atau kinerja laptop itu sendiri. Yang paling terkena imbasnya pertama kali adalah komponen pada batere laptop. Jika ini terus-terusan terjadi dapat menyebabkan batere cepat drop. Padahal batere laptop yang original harganya relatif mahal.

Untuk mengatasi itu semua, ada satu aplikasi buatan anak bangsa yang cukup kreatif dan mudah digunakan, nama aplikasi ini adalah 'Timer Out'. Dengan aplikasi ini kita dapat mengatur kapan komputer harus shutdown, restart, atau pun log off. Sehingga tidak perlu repot untuk mematikan laptop atau komputer secara manual. Sekalipun ada program berjalan seperti winamp (pemutar musik) otomatis aplikasi tersebut akan tertutup dan mematikan komputer.

Sayangnya menu sleep yang dimaksud tidak ada di sistem operasi Windows. Meskipun ada, komputer tidak mati total alias masih setengah hidup dan setengah mati dengan ditandai led lampu berkedip-kedip di laptop dan akan hidup kembali dengan mudah jika tombol power ditekan kembali. Parahnya, segala proses yang ada juga turut berhenti. Misalnya saat download berlangsung, apabila laptop tidak digunakan beberapa menit, maka proses download akan terputus.

Aplikasi ini memiliki lisensi freeware alias gratis dapat disebarkan dan dikopi bagi yang membutuhkan, dibuat Iwan Septiardi asal Mataram. Cara menggunakannya pun tergolong sangat mudah meskipun pengguna awal sekalipun. Terlebih aplikasi ini bersifat portable tidak perlu menginstal tinggal dobel klik maka aplikasi akan berjalan dengan kapasitas yang hanya 233 KB memudahkan untuk didownload.
Cara menggunakannya, setelah aplikasi dijalankan akan ada tiga pilihan pada menu opsi 'Pilihan mode: Restart, Shutdown dan Log off'. Kemudian pilih kapan waktu komputer akan dimatikan otomatis pada opsi menu 'Pilih Timing' yang akan disesuaikan dengan waktu sekarang. Jika sudah, pilih tab 'Eksekusi' maka pesan atau peringatan waktu mundur komputer mati otomatis akan terlihat pada opsi menu 'Waktu Berjalan'.
Jika pun ingin membatalkan, pilih tab 'Batal' tepat di bawahnya. Khusus laptop, seting terlebih dahulu pada bagian 'Power Option' pada menu 'Control Panel' ganti dengan pilihan 'Never' pada opsi menu 'Put the Computer to Sleep'.

Bagi yang tertarik dan ingin mencoba atau menggunakan aplikasi ini silakan download dengan mengunjungi alamat http://www.mediafire.com/download.php?8wqji1iq0iv3jdo. Aplikasi ini berjalan dengan baik pada sistem operasi komputer tidak hanya di Windows 7, Vista dan juga Windows XP, karena dibuat dengan menggunakan pemrograman VB (Visual Basic).

4 komentar:

  1. kalo seandainya program lagi jalan terus di pasang time out itu bakalan rusak gak ke program tersebut.??
    contohnya sebelum tidur saya ingin menjalankan winamp dan dipasang s/w timeout,secara tidak langsung ketika waktu yg ditentukan oleh s/w timeout udah habis maka komputer akan shutdown sendirinya tanpa winamp tersebut dimatikan terdahulu.

    BalasHapus
  2. Tidak, tidak merusak program yang sedang berjalan. Selain itu program ini juga portable :)

    BalasHapus
  3. softwarenya tidak bisa digunakan mas dede

    BalasHapus
  4. Masa sih, di tempatku bisa. Pakenya Windows apa? :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!