Jumat, 22 November 2013

IT Untuk Transformasi Pembelajaran

Artikel ini, dipublikasikan juga oleh surat kabar Tribun Yogyakarta
Pada hari kamis, 21 November 2013


ERA digital memudahkan manusia dalam berbagai bidang, tanpa terkecuali dunia pendidikan. Pendidikan dan teknologi adalah satu paket yang tidak terpisahkan sehingga proses pembelajaran akan lebih efektif dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka harus ditunjang oleh tenaga pendidik yang memiliki keahlian khusus di bidang teknologi dan informasi. Sebagai seorang pendidik juga harus bisa dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, bukan sebaliknya, karena jika tidak proses belajar-mengajar tidak menarik atau menjenuhkan.

Foto Bersama dengan Beberapa Peserta Workshop Usai Acara

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, maka para pendidik harus bertransformasi dari cara pembelajaran konvensional menggunakan perangkat digital. Untuk itu, dosen-dosen dari IAIN Raden Fatah Palembang bekerjasama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah melaksanakan kegiatan Workshop di hotel Wisma Aji Jl. Lingkar Utara 186, Mancasan Kidul, Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Menurut ketua rombongan bapak Ruliansyah, para peserta terdiri dari beberapa fakultas dan jurusan yang berbeda, total semua peserta yang mengikuti acara workshop berjumlah 30 orang. Terdiri dari bapak dan ibu dosen IAIN Raden Fatah Palembang.“Acara ini sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia dosen dan insya Allah akan bermanfaat buat bapak-ibu dosen saat pulang nanti ke Palembang”. Ujarnya saat ditanya tujuan dari pelaksanaan workshop tersebut.

Acara tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 11-15 November 2013,bertempat di room meeting hotel Wisma Aji. Serangkaian acara workshop sudah terlaksana dengan baik, menghadirkan pembicara yang handal dan profesional di bidangnya. Salah satunya adalah Dede Ariyanto, S.Kom.I dosen PKSI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, juga pembicara profesional seminar dan workshop, penulis artikel dan buku teknologi informasi, teknisi dan mastering komputer, tentor di beberapa Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) ternama di Jogja membawakan materi yang cukup antusias diikuti peserta dengan judul “Membangun Blog Sebagai Media Pembelajaran”.

Inti dari workshop tersebut memberikan ketrampilan kepada peserta workshop bagaimana membuat blog serta memaksimalkan sebagai media pembelajaran. Juga beberapa trik dan tips penting seputar fungsi teknologi yang dapat menunjang pendidikan. Misalnya fungsi smartphone Android yang banyak digunakan saat ini tidak hanya digunakan untuk komunikasi atau berselancar di dunia maya saja, akan tetapi lebih daripada itu, dengan aplikasi tertentu yang sudah diunduh bisa menjadikan smartphone sebagai remote control via wireless atau bluetooth, sehingga saat melakukan proses perkuliahan di kelas dosen bisa dengan leluasa mengendalikan penuh setiap slide power point yang tampil di proyektor tanpa harus repot bolak-balik ke laptop untuk menekan tombol next.

Selain itu, hadir pula pembicara lainnya Anis Susila Abadi, ST kemudian Aulia Faqih Rifai, M.Kom termasuk ketua dari PTIPD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Agung Fatwanto, Ph.D.
(da)

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!