Senin, 21 Februari 2011

Berkaraoke di Notebook, Bisa Kok

Dimuat di harian Suara Kedaulatan Rakyat (KR) 21 Februari 2011
Kolom DIGITAL Klik di sini untuk membaca versi online

“Siapa bilang notebook gak’ bisa buat karaokean? Bahkan tidak membutuhkan software apapun, kita dapat karaokean kapan dan di mana pun kita mau. Yang dibutuhkan hanya trik ringan saja yang jarang orang tau”.


Selama satu pekan mungkin kita selalu disibukan dengan pekerjaan, tugas kuliah, urusan rumah tangga, kantor dan lain sebagainya yang terkadang membuat urat syaraf tegang dan stres. Akibatnya timbul kejenuhan yang membuat pekerjaan itu sendiri tidak produktif lagi. Jika sudah demikian, baiknya Anda luangkan waktu sejenak saja untuk bersantai atau meregangkan kembali urat syaraf. Salah satunya adalah dengan berkaraoke.



Berkaraoke ke tempat karaoke selain membutuhkan waktu apalagi jika tempatnya jauh, menjadikan hilang hasrat untuk berkaraoke lagi. Belum lagi dengan tarif yang relatif mahal. Sebaiknya, tabung saja uang yang untuk karaoke atau buat jajan anak Anda agar mereka senang. Jika berkaraoke dapat dilakukan hanya dengan notebook mengapa tidak? Kapan dan dimana pun kita dapat melakukannya.
Untuk dapat berkaraoke di notebook yang dibutuhkan adalah file video yang support untuk karaoke. Secara teknis, video yang digunakan untuk dapat berkaraoke menggabungkan file video dan audio yang di tambahkan teks animasi sub title sehingga secara visual diperoleh keselarasan antara audio, video dan teks animasi yang mengiringinya.

Anda tidak perlu repot-repot membuat file video tersebut. Cukup download video karaoke di internet (YouTube, dsb) atau beli DVD/ CD karaoke di toko terdekat. Selanjutnya jalankan video tersebut dengan Windows Media Player (WMP). Untuk dapat berkaraoke selanjutnya klik kanan pada WMP pilih 'Audio and language tracks' dan pilih 'Audio Tracks 2 (Left channel) ' atau 'Audio Track 3 (Right channel)'. Untuk mengembalikan suara penyanyi asli seperti semula pilih pada pilihan menu 'Audio Tracks 1 (Both channel)'. Jika ingin menggunakan microphone maka gunakan saja sound eksternal yang support dengan microphone.

Berkaraoke tidak hanya sekedar hobby, tetapi juga sering diadakan di beberapa acara, seperti: Memperingati HUT RI, ulang tahun, bersama kekasih, atau resepsi pernikahan. Dengan demikian kita dapat menghemat dana. Kabar menggembirakan lainnya beruntunglah bagi Anda yang memiliki hobby berkaraoke, karena dengan berkaraoke dapat memperoleh beberapa keuntungan, diantaranya: menjadikan pernapasan lebih baik, mengurai stres, membangun kepercayaan diri, membuat bahagia, dan meningkatkan memory kerja otak.
Kebiasaan berkaraoke mungkin saja tanpa Anda sadari sudah mengasah kemampuan vokal Anda. Bagi yang berbakat jika dikelola dengan baik bisa saja mendatangkan keuntungan yang tidak terduga sebelumnya. Tengok saja kisah sukses duo keong racun Sinta dan Jojo asal Bandung, belum lagi dengan Justin Bieber penyanyi muda asli Canada dengan bayaran termahal di dunia sukses tidak melalui dapur rekaman melainkan dengan memanfaatkan situs internet bernama YouTube.

Berkaraoke di tempat karaoke di sebagian masyarakat dipandang sebagai negatif. Pasalnya berkaraoke identik dengan dunia hura-hura, pesta foya, di diskotek-diskotek. Padahal tidak selamanya bisnis di hiburan karaoke negatif, sama halnya dengan tempat-tempat hiburan yang fungsinya sebagai hiburan di tengah-tengah kepenatan aktivitas bekerja. Hanya saja ada sebagian orang yang menyalahgunakannya. Jadi jika bisa berkaraoke dengan notebook, mengapa tidak. Semoga bermanfaat.

12 komentar:

  1. saya dah praktekin karaoke lewat notebook.

    tapi belum berhasil.

    klik kanan d windows media playernya d bagian apa ya?

    BalasHapus
  2. Di bagian tengah-tengah video ajah :D

    BalasHapus
  3. WMP berapa nih?
    di WMP 11 koq ga da fitur untuk ganti sound channel ya??

    BalasHapus
  4. Mas dede, boleh tanya ga ni??? aku mau bikin skripsi tentang cybermedia, katanya mas dede kmren juga skripsi tentang cybermedia ya, klo boleh tau judulnya apa, mana tau tar saya bisa lanjutin itu aja. tolong balas di blog saya ya mas "http://idcreativity.blogspot.com/"

    BalasHapus
  5. Wah ide bagus nih! :D Makasi buat informasinya ya.

    BalasHapus
  6. @ ID Creative = Sudah aku bales via sms
    @ Toko Online = Syukur kalo geto

    BalasHapus
  7. Sama-sama gan, gak dapat pertamax. Premium juga boleh.... wk wk wk :D

    BalasHapus
  8. untuk windows media player, klik 2x untuk full screen. bru klik kanan lalu pilih audio and langunge track plih audio track 1 atau 2 atau 3.... semga bermanfaat.

    BalasHapus
  9. bos kenapa ya di win 9 saya hanya ada audio language track 1 aja pdhl kasetnya karaouke ,tolong pencerahanya

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!