Kamis, 17 Januari 2013

Lindungi BlackBerry dengan BlackBerry Protect

SAAT ini meskipun smartphone banyak didominasi oleh platform berbasis Android dan iOS, tetapi keberadaan BlackBerry tak dapat dipungkiri masih menempati posisi tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Menurut data statistik yang ada, berdasarkan dari situs Reuters, Indonesia menempati urutan ke-empat terbesar di dunia dengan jumlah mencapai 7 juta pengguna BlackBerry. Bisa jadi, angka tersebut mungkin akan terus bertambah hingga akhirnya menempati urutan pertama.

Ilustrasi Gambar Proteksi Terhadap BlackBerry

Dengan fenomena tersebut, bukan hal mustahil jika gadget BlackBerry menjadi incaran jambret, maling, rampok atau karena keteledoran pengguna dalam menggunakan BlackBerry. Seringnya adalah karena faktor terakhir pengguna kehilangan BlackBerry, seperti tertinggal di tempat-tempat umum. Untuk menghindari kehilangan BlackBerry cara yang paling ampuh adalah jangan sekali-kali meletakkan BlackBerry di tempat-tempat umum tersebut, meskipun hanya di meja makan restoran. Alangkah baiknya selalu letakkan dalam saku baju atau celana, terutama bagi yang pelupa atau yang sering ketinggalan dengan barang bawaan.

Untuk itu, baru-baru saja RIM (Research In Motion) perusahaan asal Kanada selaku produsen resmi BlackBerry memperbarui aplikasi bernama BlackBerry Protect dengan versi terbarunya. Apa itu BlackBerry Protect? Adalah aplikasi resmi yang dirancang untuk mengatasi hal-hal tersebut di atas. Dapat dikatakan BlackBerry Protect adalah aplikasi anti maling bagi pengguna BlackBerry. BlackBerry protect dapat didownload di App World secara gratis langsung melalui BlackBerry. Bagi yang menggunakan sistem operasi BlackBerry versi 7 ke atas sudah tersedia dalam paket bawaan aplikasi BlackBerry tersebut. Sebaliknya pula di bawah sistem operasi tersebut harus secara manual download di App World BlackBerry.

Sebelum mendownload dan menikmati fasilitas BlackBerry Protect, pengguna diharuskan terlebih dahulu memiliki BBID (Identitas BlackBerry) dengan cara mendaftar di alamat berikut http://protect.blackberry.com di halaman bawah login terdapat kalimat “Don’t have a BlackBerry ID? Create one” klik saja untuk digiring ke halaman menu pendaftaran. BBID digunakan tidak hanya untuk BlackBerry Protect saja tetapi juga secara global digunakan untuk semua layanan yang berkaitan dengan gadget BlackBerry, seperti saat mendownload aplikasi mungkin pertama kali diminta memasukan BBID dan sandi, juga pengguna aplikasi Print To Go pada tablet BlackBerry atau BlackBerry PlayBook. Untuk itu setelah mendaftar, pastikan sandi yang digunakan untuk login tidak lupa.

Setelah berhasil melakukan pendaftaran dan mendownload aplikasi BlackBerry Protect selanjutnya jalankan saja aplikasi BlackBerry Protect, maka akan diminta BBID, masukan alamat email dan sandi yang dulu digunakan untuk mendaftar di BBID. Dengan begitu, berarti aplikasi BlackBerry Protect sudah aktif di BlackBerry. Di dalam aplikasi BlackBerry Protect, secara sederhana hanya ada tiga fitur. Pertama fitur backup, dengan fitur ini pengguna tidak perlu cemas kehilangan, Address Book, Browser Bookmarks, Browser Folders, MMS Messages, Memos, PasswordKeeper, SMS Messages,Tasks dan WLAN Profiles. Dengan fasilitas backup ini pengguna tidak perlu mencatat atau repot-repot menyalin jika beralih ke BlackBerry baru. Cukup lakukan restore maka data lama yang ada di BlackBerry lama akan pindah secara otomatis. Menu backup ini juga dapat melakukan secara otomatis under system dengan penjadwalan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sedangkan jika kehilangan BlackBerry kesayangan, jangan panik dan cemas. Segera saja buka alamat server BlackBerry Protect dengan membuka alamat berikut ini http://protect.blackberry.com Seperti biasa untuk login akan diminta alamat email dan sandi yang dulu digunakan untuk mendaftar di BBID. Disana terdapat tujuh fitur yang langsung dapat digunakan untuk meremote BlackBerry yang telah dicuri. Misalkan, fitur View Location adalah fitur untuk mengetahui posisi BlackBerry berada dalam bentuk peta digital menggunakan layanan GPS. Selanjutnya ada fitur Play Sound, dengan fitur ini apabila lupa meletakkan dimana BlackBerry dapat menimbulkan suara keras atau ringtone bak alarm sehingga mudah ditemukan. Ada juga fitur Display Message dengan fitur ini kita bisa menampilkan pesan pada orang yang menemukan BlackBerry, jangan lupa cantumkan nomor handphone yang dapat dihubungi orang tersebut agar memudahkan dalam mengembalikan. Kemudian ada fitur Lock Device, dengan fasilitas ini BlackBerry akan dikunci dengan sandi yang sudah ditentukan. Ada juga backup dan restore data, sama dengan penjelasan sebelumnya. Yang lebih ekstrem adalah fitur Wipe Device, fitur ini memungkinkan pengguna dapat menghapus seluruh data baik di memory card atau data di BlackBerry itu sendiri, sehingga data-data sensitif dan penting tidak disalahgunakan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Tetapi sebelum melakukan semua itu, baca dengan seksama lakukan backup dengan mencentang "Attempt backup" sebelum tekan "wipe device".

Dengan aplikasi BlackBerry Protect yang sudah disediakan oleh RIM, setidaknya dapat melindungi data-data penting yang ada di gadget BlackBerry kesayangan kita. Juga antisipasi tindakan bagaimana dan apa yang seharusnya kita lakukan ketika pertama kehilangan BlackBerry. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, khususnya bagi mereka yang menggunakan dan sayang dengan gadget BlackBerry. Semoga.

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!