Sabtu, 19 Februari 2011

Wallpaper Video Desktop di Windows 7

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 14 Februari 2011]
[Rubrik DIGITAL]
[Download aplikasi di artikel, silakan klik disini]
[Download video pendukung di artikel, silakan klik disini]

SELAMA ini wallpaper di Windows 7 hanya berupa gambar atau gambar slide show (tampilan gambar berganti-ganti), jika bosan dengan tampilan tersebut kita pun dapat mengganti dengan tampilan berupa video yang kaya dengan animasi. Dengan begitu akan terlihat lebih hidup dan menarik. Selain itu dapat membuat kita bersemangat saat menggunakan notebook.

Ilustrasi Gambar DreamScene di Windows 7 32 Bit

Sebenarnya fitur ini hanya ada di OS (Operating System) Windows Vista saja. Sayangnya fasilitas ini tidak didapati lagi di Windows 7, dikarenakan sedikit memberatkan sistem saat startup (loading pertama kali) saat masuk Windows. Namun sebanding dengan tampilannya. Dan untuk beberapa notebook sangat ringan sekali, jadi tidak perlu takut untuk mencoba aplikasi ini. Fasilitas itu lebih dikenal dengan Windows DreamScene. Lantas bagaimana dengan Windows 7 apakah dapat juga membuat Wallpaper video di Windows 7? Untuk dapat dapat menggunakannya kita dapat menggunakan aplikasi tambahan bernama DreamScene yang dapat di download pada alamat www.dreamscene.org

Download aplikasi DreamScene, ukurannya kecil hanya 437 kb kemudian jalankan dengan hak akses administrator, caranya klik kanan pada file dreamscene.exe kemudian pilih "Run as administrator" selanjutnya ikuti petunjuk yang diberikan. Sebelum menjalankan aplikasi ini pastikan terlebih dahulu fitur Aero sudah aktif. Secara otomatias jika sudah terinstal akan ada opsi "Set as Desktop Background" pada pilihan klik kanan mouse. Langkah selanjutnya adalah mendownload beberapa Wallpaper video pada situs tersebut. Beragam jenis video yang ada, dan dengan tampilan animasi yang sangat cantik. Format video yang dapat digunakan untuk membuat wallpaper adalah .wmv dan .mpg. Cara menggunakan aplikasi ini tergolong mudah, cukup klik kanan pada video yang akan digunakan sebagai Wallpaper dan pilih opsi "Set as Desktop Background" untuk melihat hasilnya, silakan menuju ke desktop atau dengan menkan tombol "Windows dan D" secara bersamaan. Dan bim salabim, Wallpaper notebook atau komputer Anda sudah tampil cantik dengan tampilan video.

Aplikasi ini freeware (gratis) dan hanya dapat berjalan di Windows 7. Bagi Anda yang belum tau bagaimana mengaktifkan fitur Aero di Windows 7 caranya adalah masuk ke "Control Panel" kemudian "System and Security" selanjutnya pilih "System" pada tab "Advanced" pilih menu "Visual Effects" untuk mengaktifkan pilih "Enable Aero Peek". Dengan ini semoga menambah semangat kita dalam bekerja menggunakan notebook atau komputer. Semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. Waaaaaaaaaaah, mas, kereeeeeeeeeen, nanti saya coba.
    btw, mau tanya dong... klo instal adobe flash di window7 koq gagal trus ya mas? tolong infonya dunk... mau donlot video di youtube pake idm tapi gak muncul karena flashnya gak diinstal..

    BalasHapus
  2. Gampang kok caranya, yang penting konek dengan internet ajah komputernya biar menyesuaikan dengan versi yang terbarunya :D

    BalasHapus
  3. mass,, sudahh di coba .. mantabb dahhh.. tpi waktu pertama kali baca agak pusing mas soalna kurang jelas,, tpi pas saya utak atik akhirna bisaaa.. mantab dah pokoknaa

    BalasHapus
  4. alhamdulillah dah kalo geto, syukur :D

    BalasHapus
  5. Mantap Gan...!!
    Thanks info nya..... :D

    BalasHapus
  6. sip gaaannnn............ mantab jaya.......

    BalasHapus
  7. Oke gan, jangan lupa kasih ane cendol :) :)

    BalasHapus
  8. woouuhhh Mantap ya Gan...

    BalasHapus
  9. Iyah mantap, jangan lupa cendol-nya Gan. Serasa di KasKus ajah he he he :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!