Senin, 07 Februari 2011

Layanan Hardisk Online

HARDISK merupakan salah satu piranti komputer yang paling penting. Mengapa dianggap paling penting? Karena hardisk digunakan sebagai media penyimpanan data pada sistem operasi komputer. Data inilah yang tidak dapat dibeli di toko. Apalagi jika data tersebut sangat penting. Fungsinya sebagai media penyimpanan data, seperti dokumen, musik, software dan video bukan hal yang mustahil suatu saat hardisk dapat mengalami kerusakan. Kerusakan beragam penyebabnya, bisa karena terjatuh, tersiram air, bad sector, virus dan terbakar. Umur hardisk tidak dapat ditentukan, tergantung dari perawatan dan pemakaian yang benar. Tetapi ada ciri-ciri khusus jika hardisk memang harus diganti, seperti mengeluarkan bunyi yang tidak wajar dan keras. Itu artinya hardisk memang harus diganti jangan menunggu sampai rusak, karena jika hardisk rusak data di dalamnya juga akan hilang. Di beberapa perusahaan terkemuka di luar negeri, biasanya hardisk akan diganti secara berkala satu tahun sekali, karena mereka mempunyai menejemen yang bagus dan tidak ingin menanggung resiko guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Untuk menghindari hilangnya data penting, sebaiknya lakukan backup data secara berkala dengan menggunakan layanan hardisk online. Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, banyak situs di internet yang menawarkan secara gratis layanan penitipan data yang biasa disebut dengan hosting atau hardisk online. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan hardisk komputer.

Dari segi keamanan, jangan takut data diakses oleh tamu yang tak diundang. Karena untuk dapat mengakses data, seseorang memerlukan password dan username pemilik account hardisk online. Sehigga hanya pemilik account saja yang berhak mengakses data. Bukan hanya itu, layanan hardisk online juga memproteksi diri dengan cara men-scan setiap file pada saat proses upload data, sehingga data benar-benar bebas dari virus. Sebaiknya jika data tersebut terdiri lebih dari satu file, jadikan satu folder terlebih dahulu kemudian pack menggunakan program Zip atau WinRar, guna memudahkan saat proses uploading data. Kapanpun dan dimanapun kita membutuhkan data yang sudah disimpan di hardisk online, tidak perlu repot-repot lagi pulang ke rumah atau kos untuk mengcopy data tersebut. Yang dibutuhkan hanya koneksi internet, untuk mendownload data di layanan hardisk online.

Jika dulu orang mengirim data atau compact disk menggunakan jasa pos. Sekarang dengan layanan hardisk online kita dapat mengirim data dalam waktu singkat dan murah, caranya adalah dengan memberikan alamat link download pada pihak yang akan dikirim. Biasanya Link downlaod ada di panel kontrol masing-masing layanan hardisk online.

Beberapa layanan situs hardisk online yang patut dicoba antara lain: www.rapidshare.com www.mediafire.com www.megaupload.com www.ziddu.com www.4shared.com dan www.indowebster.com Secara prosedur masing-masing layanan hardisk online mempunyai kebijakan masing-masing yang harus dipatuhi oleh user, secara umum content tidak boleh melanggar hak cipta atau bersifat sara dan porno. Sedangkan penggunaannya cukup mudah, buka saja alamat situs tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan. Yang dibutuhkan untuk menggunakan layanan hardisk online adalah email untuk keperluan mendaftar dan selanjutnya Anda dapat menggunakan layanan hardisk online.

Masing-masing layanan hardisk online tersebut memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Saat ini, layanan hardisk online yang banyak digemari oleh pengguna internet di dunia termasuk di Indonesia adalah www.rapidshare.com Karena untuk dapat menggunakan kita tidak perlu repot harus mendaftar terlebih dahulu, cukup langsung tekan tab browse selanjutnya pilih file yang ingin diupload. Rapidshare ini menawarkan dua pilihan account. Pertama premium dan yang kedua free. Khusus layanan premium, harus melakukan pendaftaran dan pembayaran terlebih dahulu sebelum menggunakan. Fasilitas yang diperoleh adalah upload file hingga 1 GB, kapasitas unlimited, file akan disimpan selama masih berlangganan, dan kecepatan download file hingga 18 portal. Artinya, kecepatan download yang diberikan 18 kali lebih cepat dari download biasa. Sedangkan bagi account yang free, fasilitas yang diberikan adalah 200 MB setiap kali upload file, kapasitas hardisk online 1 GB, bandwidth 2,5 GB untuk 3 hari, dan 30 hari file akan dihapus secara otomatis oleh sistem jika tidak ada yang mendownload file.

Selanjutnya adalah www.mediafire.com Di sini tidak ada batasan kapasitas file yang ingin diupload (space unlimited). Cukup hanya memasukan email dan password, Anda dapat menggunakannya, fitur yang diberikan pun tergolong cepat dan mudah. Tak mau ketinggalan www.megaupload.com juga memiliki kapasitas yang besar tanpa batasan, akses download yang cepat dan multy upload menjadi andalan megaupload. Hampir sama dengan rapidshare megaupload menawarkan dua account premium dan free.

Ada juga beberapa yang menawarkan keuntungan, salah satunya adalah www.ziddu.com Konsepnya cukup sederhana, setiap kali orang mendownload file kita, maka akan dibayar 0,001 $/ download. Bayangkan, jika dalam tempo satu bulan file kita di download oleh 10.000 orang, maka pendapatan kita adalah 10$, jika hitungan 1$ adalah Rp 10.000, maka kita sudah menghasilkan pendapatan Rp 100.000/ bulan. Statistik download file juga dapat dicek pada panel kontrol ziddu. Uang akan dibayarkan dalam bentuk cek, sesuai dengan informasi yang ada pada saat melakukan pendaftaran di ziddu. Namun, hal tersebut tidak semudah membalik telapak tangan. Karena setiap orang yang akan mendownload file, harus mengetikan kode kemudian akan diputar-putar terlebih dahulu dengan menampilkan beberapa halaman jendela iklan yang mengganggu. Yang tidak terbiasa tentu akan merasa kesulitan mendownload di ziddu.

www.4shared.com pun tidak jauh berbeda dengan layanan lainnya. Selain mendukung bahasa Indonesia, file yang terupload juga dapat kita share dengan kerabat, juga ada fasilitas jaminan bahwa file sudah ter-scan anti virus otomatis menggunakan kaspersky saat data akan didownload. Saat mendownload, akan ada waktu delay dalam hitungan detik sebelum akhirnya file download dapat disave.

Dan yang terakhir tidak ketinggalan pula layanan hardisk online dari Indonesia www.indowebster.com Meskipun lokal, banyak juga luar negeri yang sudah mencoba layanan ini, terutama dari negara Malaysia. Pendaftarannya gratis, kapasitas yang diberikan besar dan akses lumayan cepat. Adapun file yang sudah diupload tidak akan terhapus sistem, tanpa persetujuan sang pemilik account. Ini hanya beberapa layanan hardisk online yang ada di internet. Masih banyak layanan yang sejenis. Oleh karena itu, rawat, gunakan dan backup data penting hardisk Anda sekarang juga.

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!