Sabtu, 04 Juni 2016

Yuk, Buka Puasa di SUKIYA Aja!

SEBENTAR lagi kita akan memasuki bulan suci puasa atau Ramadhan. Umumnya, saat bulan puasa hampir semua restoran atau tempat makan penuh dengan acara buka bersama atau bukber. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta. Nah, bagi kamu yang bingung cari tempat buka puasa yang asyik dengan menu lezat, bisa simak postingan artikel saya berikut ini.

Salah Satu Anggota Tea Ceremony

Adalah restoran atau tempat makan SUKIYA. Meskipun sekelas restoran, tapi jangan salah harga makanan di sini bersahabat semua. Dijamin tidak membuat kantong bolong alias kanker (kantong-kering).

Sesuai dengan namanya, SUKIYA, adalah restoran Jepang “Gyudon” (Beef Bowl). Kalau masih ada yang belum tau apa itu Gyudon atau Beef Bowl, menurut Wikipedia adalah makanan Jepang jenis donburi, berupa semangkuk nasi putih yang di atasnya diletakkan irisan daging sapi tipis dan bawang bombay yang sudah dimasak dengan kecap asin dan gula. Sebagai penyedap, di atasnya sering ditambahkan asinan jahe (benishoga), campuran rempah dan cabai yang disebut shichimi, atau telur ayam mentah sesuai dengan selera.

SUKIYA kali pertama didirikan pada 1982 di Yokohama - Jepang. Saat ini, SUKIYA terbesar dan nomor satu di dunia. Bayangkan, hingga saat ini saja jumlah outlet-nya sudah mencapai 1970 (update per-April 2016). Mantap! Tersebar di Jepang, China, Malaysia, Thailand, Taiwan, Brazil, Mexico dan Indonesia.

Untuk di Indonesia sudah ada lima outlet, sementara baru tersebar di Jabodetabek. Menyusul di kota lain Indonesia. Kamu bisa berkunjung di salah satu alamat berikut ini: Baywalk, Baywalk Mall 4th Floor, Jl. Pluit Karang Ayu B1 Utara Pluit - Jakarta Utara. BSD, Aeon Mall BSD City 3rd Floor, Jl. BSD Raya Utama, Padegangan Tanggerang - Banten. Central Park, Central Park Mall LG Floor, Unit L-130 & L131, Jl. Let. Jend. S. Parman, Grogol Petamburan - Jakarta Barat. Lippo, Lippo Mall Puri LG Floor, Unit LG-10, Jl. Puri Indah Raya Blok U1, Kembangan Selatan - Jakarta Barat. Dan yang baru resmi di launching Minggu, (29 Mei 2016) ada di MOI (Mall of Indonesia), Mall of Indonesia 1st Floor Unit 1-C8 & C9, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading - Jakarta Utara. Resmi beroperasi hari Senin, (30 Mei 2016).

Just for your information, jika nanti mau buka puasa di sini bareng teman-teman atau keluarga, kapasitas kursi maksimal yang tersedia di cabang restoran SUKIYA MOI ada 30 kursi. Jangan lupa, pastinya melakukan reservasi atau pemesanan tempat terlebih dahulu.

Selama ini, kita tau bahwa film anime dan manga terbaik di dunia berasal dari Jepang. Misalnya saja serial anime Naruto. Maka tak mengherankan dekorasi dan tata ruang restoran ini mengadopsi konsep perpaduan antara budaya Jepang POP “Manga” dan “Anime” serta budaya tradisional Jepang “Nebuta.” Ini yang membuat restoran SUKIYA unik, perpaduan budaya modern dan klasik Jepang dalam satu tempat (wallpaper SUKIYA). Sehingga, siapapun yang makan di sini termasuk saya, bisa menikmati suasana santai dengan dapur masak yang bisa dilihat langsung dengan tempat duduk meja dan kursi yang nyaman.

Desain Interior Modern dan Tradisional SUKIYA

Pada saat lauching atau peresmian restoran SUKIYA di MOI, saya merasa beruntung bisa melihat secara langsung upacara minum teh atau ceremonial tea khas Jepang. Jangan salah, tungku bahan dan alat yang digunakan langsung didatangkan dari Jepang. Pun dengan mereka yang melakukan upacara langsung didatangkan dari Jepang lengkap kostum kimono.

Tea Ceremony di Peresemian Restoran SUKIYA

Saat upacara minum teh, mereka terlihat begitu anggun, sopan dan ramah dengan aturan atau adat-istiadat yang mengakar kuat di Jepang. Seperti saat menuang serbuk teh halus ke dalam cangkir, air hangat dan mengaduknya menggunakan alat tradisional yang terbuat dari bambu terlihat begitu hati-hati dan seksama. Begitu pun saat memberikan hidangan teh yang sudah siap minum, terlebih dahulu harus memutar-mutar mangkok teh dan menundukkan kepala. Tamu kehormatan atau penerima minum teh pun harus melakukan hal serupa. Minuman teh tersebut kemudian dikenal dengan sebutan matcha.

Matcha green tea yang baik tentu yang less sugar atau sedikit gula. Matcha green tea, kaya akan kandungan anti oksidan yang baik sekali bagi kesehatan tubuh dan kulit. Maka tak heran jika kulit orang Jepang terlihat begitu berseri, lembut dan halus. Untuk bisa menikmati original matcha green tea kamu tidak perlu pergi ke Jepang, karena kini sudah tersedia di outlet cabang SUKIYA yang ada di Indonesia tepatnya di MOI.

Aneka Menu Matcha SUKIYA

Kabar baiknya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia seperti toping buah-buahan dan float ice cream di atasnya yang pasti sangat menggugah selera kata presiden direktur Toshikazu Yamamoto San saat memberikan sambutannya. Kamu harus tau bahwa satu-satunya restoran SUKIYA yang juga menyediakan menu matcha hanya ada di cabang SUKIYA MOI Indonesia. Dengan begitu, restoran SUKIYA yang ada di MOI adalah restoran pertama di Asia bukan hanya di Indonesia yang menyuguhkan menu Beef Bowl dan matcha dalam satu outlet.

Sambutan Toshikazu Yamamoto San

Saya pun kemudian memesan satu menu Mushroom Beef Bowl. Rasanya sedikit pedas. Irisan daging sapinya lembut dan lunak di lidah karena diiris tipis. Manis, asin dan gurihnya sangat pas sekali. Ditambah dengan potongan jamur yang lezat. Ah! Susah diungkapkan dengan kata-kata seperti orang yang akan mengungkapkan cinta.

Di sini setiap menu ada dua ukuran mangkok regular dan large. Ditandai dengan huruf “R” dan “L” pada setiap menu dengan selisih harga tak terpaut jauh. Seperti menu yang saya pesan Mushroom Beef Bowl, untuk yang regular dengan harga Rp 37.272 dan Rp 43.636 untuk yang large. Selisihnya rata-rata hanya Rp 6 ribuan.

Untuk minumnya saya memilih paketan Chicken Karaage Set, terdiri dari gorengan ayam plus mayones, kuah tahu halus (miso soup) dan minuman Pepsi Cola. Gorengan ayamnya menurut saya kurang kering, mungkin selera orang berbeda-beda kali, yah. Tapi nyaris tulang dan gurih, loh. Dicocol saos sambal atau mayones enak bener, sumpah! Kuah tahunya juga lezat, terasa lembut dengan sedikit tekstur kenyal. Harga paketnya hanya Rp 19.090.

Chicken Karaage Set

Setelah kenyang makan-makan seperti biasa acara kemudian diakhiri dengan foto bersama. Oh yah, selain blogger hadir juga rekan media dan tamu undangan. Semoga dengan review atau ulasan ini, kamu sudah tidak bingung lagi buat cari tempat buka puasa bersama. Akhirnya, terimakasih Blogger Branding DCronys (BBDC) dan restoran SUKIYA. Salam blogger. ● Dede Ariyanto

7 komentar:

  1. Asyik banget kalau buka puasa di resto Sukiya. Apalagi bersama keluarga :)

    BalasHapus
  2. Tiap hari pelayan pake kimono kan? Mupeng makan di sini...

    BalasHapus
  3. Woowww...resto jepun ya? Boleh juga nih.

    BalasHapus
  4. WahWah, kebetulan aku suka banget samaaa yang berbau Jepang, suka sama Matcha green tea

    BalasHapus
  5. Penasaran sama matchanya... hmm.. ngiler uy.. di MOI ya.. Deket rumah tuch.

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!