Kamis, 19 April 2012

Ponsel dengan Kamera 41 Megapiksel


NOKIA membuat kejutan dengan menghadirkan smarphone kamera dengan resolusi 41 megapiksel. Ini mungkin strategi vendor ponsel asal Finlandia itu untuk menguasai pangsa pasar seperti yang dulu per¬nah diraihnya.

Kegagalan Nokia dalam mempertahankan diri dapat dipahami karena persaingan pasar yang sema¬kin ketat dengan kehadiran iPhone. BlackBerry. Android, dan merek lokal yang banyak menawarkan fitur dan harga relatif murah.

Dalam ajang pameran Mobile World Congress (MWC) 2012 yang digelar di Barcelona, Spanyol, Nokia menghadirkan ponsel terbarunya tersebut dengan nama Nokia808 PureView. Selain itu. dia juga meraih penghargaan The Best New Mobile Handset, Device. or Tablet.

Nokia mengklaim resolusi kameranya terbesar di jajaran smarphone saat ini. Apakah benar resolusi 41 megapiksel yang ditawarkan Nokia 808 PureView benar-benar sebesar itu? Ternyata tidak sepenuhnya benar.

Dengan teknologi sensor tinggi, yaitu optik Cari Zeiss dan pixel oversampling. resolusi standarnya sebenarnya hanya 5 megapiksel. Namun sensor tersebut mampu memadatkan kelipatan piksel saat memotret atau merekam video sehingga memiliki starting point 7728 x 5368 piksel, atau setara 41 megapiksel.

Teknologi sensor ini memudahkan pemakainya melihat objek kecil di dalam foto hingga memperbesar 4 kali lipat tanpa kehilangan setiap detail dan tidak ada piksel artifisial yang dibuat dalam gambar. Masalah yang biasa dihadapi dengan sensor tinggi seperti ini adalah besarnya kapasitas setiap foto yang dihasilkan, sehingga mengalami kesulitan ketika harus memindah foto ke komputer.

Tidak demikian dengan Nokia 808 yang sudah dilengkapi dengan kemampuan menyesuaikan uku¬ran. sehingga memudahkan penggunanya untuk berbagi foto menggunakan layanan e-mail. MMS. dan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

2 komentar:

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!