Senin, 03 September 2012

Menjajal Microsoft Office 2013 Gratis

BARU-BARU ini Microsoft telah menyediakan halaman download untuk dapat mencicipi atau mencoba Microsoft Office 2013 Consumer Preview (versi percobaan) atau versi beta yang dapat didownload dan dicoba secara gratis. Tepatnya pada tanggal (17/7) Microsoft sendiri secara resmi mengumumkan kabar baik ini melalui CEO-nya Microsoft Steve Ballmer dalam press conference yang diselenggarakan di Sanfrancisco, California, Amerika.

Microsoft Office 2013Microsoft Office 2013 di Tablet

“Microsoft Office 2007 dan 2010 saja belum saya kuasai, lah kok ini udah ada Microsoft Office 2013?”. Pertanyaan atau keluhan ini yang serta merta kerap keluar dari pengguna awal. Meskipun sebenarnya itu bukan kendala sulit bagi pengguna, mengingat tidak jauh berbeda dengan Office 2010. Microsoft sengaja memberikan halaman gratis download sebelum akhirnya dirilis secara resmi. Dengan begitu diharapkan akan mendapatkan feedback dari para pengguna yang sudah mencoba atau memperbaiki bugs yang ada pada Microsoft Office 2013.

Setiap 3 tahun sekali Microsoft merilis Microsoft Office dengan nama dagang disesuaikan tahun peluncuran seperti Microsoft Office 2003, 2007, 2010 dan 2013. Dengan begitu sudah dapat dipastikan Microsoft Office 2013 akan dirilis secara resmi tahun 2013 mendatang. Ada tiga versi untuk Microsoft Office 2013 Consumer Preview. Yaitu versi Office for Home, Office for Small Business dan Office for Enterprise yang dapat “dicicipi”. Yang membedakan masing-masing adalah fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Secara umum di dalam paket Microsoft Office 2013 Consumer Preview tersebut sudah tersedia: Microsoft Word, Excel, Power Point dan Outlook.

Microsoft Office merupakan produk andalan Microsoft yang laris di pasaran tidak ketinggalan juga dengan sistem operasi Windowsnya. Meski ada alternatif aplikasi sejenis seperti Open Office, Google Doc, Libre Office, dan lain sebagainya. Kenyataan di lapangan adalah bahwa Microsoft Office menempati posisi tersendiri di hati bagi para penggunanya, hal ini mungkin disebabkan karena Microsoft Office hadir lebih dulu.

Lantas apa yang membedakan dari aplikasi Microsoft Office versi sebelumnya? Yang membedakan dengan versi terdahulu adalah Support Touchscreen dan juga PC (Personal Computer). Dimana sekarang ini banyak dijumpai tablet PC atau laptop dengan layar sentuh tanpa mengesampingkan pengguna komputer atau laptop yang belum mendukung layar sentuh. Dapat terkoneksi dengan SkyDrive sebuah layanan data berbasis online kapanpun dan dimanapun bisa mengedit atau mengakses data yang sudah kita tulis sebelumnya tanpa harus repot memindahnya terlebih dahulu ke flash disk. Juga lebih interaktif karena terhubung dengan Yammer dan Skype.

Walaupun begitu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi pengguna untuk dapat mencicipi Microsoft Office 2013 atau istilah tekniknya adalah system requirements dengan memory atau RAM minimal 1 GB (32 Bit) atau 2 GB RAM (64 Bit). Space hard disk yang dibutuhkan untuk menginstal adalah 3.5 GB. Hanya didukung oleh sistem operasi Windows 7 atau di atasnya, yaitu Windows 8 yang akan segera juga dirilis Microsoft. Windows XP dan Vista tidak mendukung untuk menjalankan Office 2013. Untuk grafis hardware minimal acceleration requires DirectX10 graphics card dengan dukungan resolusi layar 1024 x 576.

Lantas agaimana cara mendownload Microsoft Office 2013 Consumer Preview? Mudah saja silakan buka alamat website http://office.com/preview. Bagi yang sudah memiliki akun email Hotmail.com atau Live.com milik Microsoft maka akan dengan mudah mendownload dan menginstalnya langsung ke laptop. Kecepatan koneksi internet sangat mempengaruhi keberhasilan download dan menginstal secara online. Bagi yang koneksinya lambat maka dibutuhkan sedikit kesabaran. Selamat mencoba dan semoga berhasil dan bermanfaat.

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!