Rabu, 10 November 2010

Jual Beli Hewan Kurban Online, Bisakah?

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 08 November 2010]
[Rubrik DIGITAL]

SEIRING perkembangan dunia cyber, apapun bisa dilakukan secara online melalui internet. Banyak pengusaha muda memulai usaha kecil-kecilannya dengan menawarkan produk secara online. Promosi produk budaya pun melalui internet sampai transaksi jual beli online menjadi hal yang sangat biasa di Indonesia. Namun pertanyaannya adalah, bisakah niat mulia di bulan haji ini untuk membeli dan menyembelih hewan kurban dilakukan secara online?

Ilustrasi Gambar Website Jual Beli Hewan Kurban Online

Selama ini di Indonesia yang tersedia di internet mengenai hewan kurban hanya sebatas informasi, penawaran dan promosi penjualan hewan kurban atau jasa pelayanan pembelian dan pelayanan kurban dan aqiqah. Artinya melalui informasi yang ditawarkan di internet tersebut kemudian kita hanya sebatas bisa mengetahui alamat lokasi atau telepon untuk selanjutnya kita datang ke lokasi dan melakukan transaksi bahkan tawar menawar harga. Berbeda dengan warga Pakistan, mereka bisa melakukan semua itu dengan sebuah 'klik' pada keyboard komputer di rumah. Melalui www.eidqurbani.com.pk sebuah toko online melayani penjualan hewan kurban. Warga dapat memilih, melihat detil hewan kurban yang ditawarkan dan dapat melakukan transaksinya secara online. Bagaimana ini bisa dilakukan? Pengelola www.eidqurbani.com.pk memiliki peternakan sapi sendiri pada 4 hektare lahan di Karachi Pakistan. Mereka menyediakan dan mengembangbiakkan sendiri hewan-hewan kurban yang ditawarkan dan dijamin kualitasnya. Transaksi yang mereka tawarkan cukup membuat warga percaya dan mudah. Dengan mengunjungi situs www.eidqurbani.com.pk calon pembeli bisa melihat dari berbagai sudut hewan-hewan yang ditawarkan dengan harga tercantum di bawahnya. Dalam gambarnya kita juga bisa mengetahui informasi tentang berat badan, warna dan usia masing-masing hewan. Setelah calon pembeli menentukan pilihannya, mereka langsung bisa memilih dengan mengirim konfirmasi pada pihak eidqurbani. Dan selanjutnya eidqurbani akan menandai hewan yang telah dipilih setelah konfirmasi selesai.

Pembayaran bisa dilakukan online melalui berbagai no rekening yang telah disediakan. Atau bisa melakukan pembayaran saat hewan kurban dikirimkan ke alamat pemesan. Namun bagaimana jika ternyata hewan yang telah kita pilih telah dipesan oleh pembeli lain? tidak perlu khawatir dalam beberapa jam pihak eidqurbani akan memberitahu dan memberikan kembali pilihan hewan lain dari stok yang tersedia. Akan tetapi jika pembeli menginginkan, pihak eidqurbani bisa mengembalikan uang yang telah dikirim secara penuh. Dalam situs ini juga memberikan penawaran pendistribusian hewan kurban kepada yang berhak di daerah dirampas Karachi di mana banyak orang tidak mampu atau bahkan mereka yang tidak bisa makan dalam satu hari. Dapat juga mengirimkan daging ke alamat yang dikehendaki pemesan di Karachi. Dengan memberikan informasi pengiriman dalam formulir. Kemudian sebagai bukti nya eidqurbani akan mengirimkan gambar hewan hidup dan disembelih melalui email, begitu juga dengan gambar penerimaan amal kurban pemesan, jika diminta. Kondisi perkembangan komunikasi di Pakistan sangat berkembang, dimana 910 kabupaten dan kota-kota termasuk wilayah pegunungan telah memiliki fasilitas internet dan sinyal ponsel membuat pelayanan jual beli kurban secara online menjadi pilihan yang positif untuk melaksanakan ibadah kurban. Karena dengan transaksi secara online juga bisa mengurangi pertengkaran verbal antara pembeli dan penjual yang terjadi akibat tawar menawar tradisional.

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!