Kamis, 17 September 2015

Pesan Alzheimer untuk Dunia

MEMASUKI ruangan nonton bareng dan diskusi film Still Alice di Pisa Café, Jakarta, awalnya saya sempat bingung. Dalam hati, “Kok banyak ibu-ibu berusia senja. Apa saya salah datang ke acara ini, yah?” Hal ini pun ternyata dirasakan juga oleh Farichatul Jannah. Tidak, tidak ada yang salah, benar acaranya di sini. Menurut panitia yang berjaga di depan memang selain mengundang blogger, jurnalis dan tamu undangan sekaligus acara reuni.

Suasana diskusi dan nonton bareng Still Alice

Jika selama ini ada anggapan bahwa penyakit paling berbahaya di dunia adalah Human Immunodeficiency Virus (HIV/AIDS), memang itu benar. Tapi, telah ditemukan penyakit mematikan nomor satu di Inggris setelah penyakit jantung dan stroke adalah penyakit Alzheimer. Apa itu penyakit Alzheimer? Perubahan zat kimia dan struktur dalam otak sebelum waktunya yang menyebabkan terjadinya kematian sel-sel otak manusia.

Demensia atau pikun normalnya terjadi di usia 65 tahun ke atas. Secara alami dan bertahap setiap manusia pasti akan mengalaminya. Hal ini disebabkan oleh penurunan fungsional otak. Layaknya organ tubuh manusia lainnya, otak juga akan menua dan berfungsi tak maksimal lagi tak seperti muda dulu. Akan tetapi jika itu terjadi sebelum usia 65, itulah yang disebut dengan penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer berbeda dengan demensia biasa. Dia menyerang penderitanya secara progresif. Semakin lama semakin parah.

Seorang anak yang memiliki orang tua di usia tersebut seharusnya bisa maklum dan lebih bisa memahami. Terkadang orang tua bersifat kekanak-kanakan, salah menyebut nama, bikin kita marah dan sebagainya tak seperti dulu ketika mereka masih muda. Itu dikarenakan oleh organ otak yang mulai menua. Maka kewajiban seorang anak adalah berbakti kepada keduanya, harus sabar, merawat dan selalu menyayangi keduanya. Sama ketika mereka merawat dengan sabar dan kasih sayang penuh terhadap kita sejak kecil dulu. Balasan dari Allah adalah surga ini sesuai dengan hadis nabi bahwa surga di telapak kaki ibu makna dan artinya adalah seperti itu.

Dari diskusi dan nonton film Still Alice semakin jelas dan mempertegas akan kebenaran ajaran agama Islam. Dalam Islam sendiri diajarkan seorang anak harus berbakti kepada orang tua baik selama masih hidup atau pun sudah meninggal dunia dengan cara mendoakan keduanya. Tak hanya itu hadits nabi yang menyatakan bahwa semua penyakit ada obatnya kecuali kematian dan pikun. Jadi, jelas sampai kapanpun Alzheimer tak akan pernah ditemukan obatnya.

Suasana diskusi dan nonton bareng Still Alice

Lebih mengejutkan lagi menurut Dr. dr. Yuda Turana, SP.s kasus-kasus Alzheimer banyak dan rentan terjadi pada perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Kemudian DY. Suharya yang juga narasumber menimpali dengan bergurau “itu karena perempuan umurnya panjang-panjang, dok.” Seketika itu juga semua tertawa.

Sampai saat ini memang belum ditemukan obatnya, yang bisa dilakukan adalah menghambat proses dari penuaan otak itu sendiri dengan cara melaksanakan pola hidup sehat, berolahraga secara teratur, beribadah dan berdoa agar dihindarkan dari penyakit Alzheimer.

Saya pernah baca artikel bahwa berlatih teka-teki silang dengan rutin setiap hari, menulis dan membaca buku juga dipercaya dapat menurunkan resiko terserang penyakit Alzheimer. Beruntung mereka yang memiliki hobby teka-teki silang karena tidak mudah. Otak menjadi semakin terlatih dan terhindar dari pikun di usia dini. Hasil dari penelitian menyebutkan penderita dengan tingkat pendidikan tinggi lebih sedikit terserang penyakit Alzheimer.

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!