Rabu, 26 Mei 2010

HTML 5 Dirilis Kaya Fitur dan Dukungan

BAGI sebagian orang administrator web (pengelola website) kudu mengerti dan memahami betul beberapa bahasa pemrograman, salah satunya adalah bahasa pemrograman HTML. Pengertian HTML itu sendiri adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Fungsinya berperan penting dalam tata letak (layout) dan tampilan web. Tanpa HTML, web tidak dapat tampil indah dan rapih. Selain HTML, ada juga beberapa bahasa pemrograman lain yang tidak boleh terlewatkan, seperti XML, Java Script dan CMS (Content Management System).

Ilustrasi Gambar HTML 5

Yang menggembirakan adalah, baru-baru ini tepatnya pada tanggal 23 April HTML 5 resmi dipublikasikan oleh HTML Working Group. Menggantikan posisi HTML versi sebelumnya, yaitu HTML 4.01/ XHTML X.

Tidak tanggung-tanggung selain dinanti-nantikan, dukungan mengalir atas publikasi HTML 5, mulai situs jejaring sosial yang fenomenal seperti Facebook (FB), web browser (Firefox dan Chrome), Microsoft, YouTube bahkan mesin pencari Google turut berpartisipasi. Pertanyaan yang kemudian muncul, ada apa dengan HTML 5?

Jelas HTML 5 ini adalah bukti dari perkembangan internet khususnya di bidang web karena HTML 5 mampu menggantikan fungsi dari Adobe Flash Player yang dulu komponen wajib dan harus diinstal agar dapat menampilkan multimedia (suara, video dan animasi) di halaman web. Tidak hanya itu, akses ke web pun semakin mudah dan ringan. Secara tidak sengaja kehadiran HTML 5 merupakan pukulan telak bagi vendor Adobe. Adobe harus siap-siap tergantikan dengan HTML 5 dan menciptakan inovasi baru agar dapat berkompetisi.

Google pun tak ketinggalan menggunakan HTML 5, selain browser Google (Google Chrome 4.0) yang support dengan HTML 5, Beberapa produknya adalah Gmail. Tepatnya tanggal 19 April lalu Gmail sudah mampu mendukung HTML 5, sehingga para pemilik akun Gmail dapat ‘menarik dan meletakkan’ (‘drag and drop’) gambar/ foto dari direktori folder ke kotak isian penulisan. Juga berlaku pada lampiran email (attachment) tanpa direpotkan lagi mem-‘browse’ file yang akan dilampirkan. Minimal menggunakan browser Firefox 3.6. Tentu ini memudahkan pemilik akun dalam mempromosikan suatu barang kepada konsumen. Selain itu, menjadikan tampilan lebih terlihat intuitif. Beberapa ponsel yang memiliki sistem operasi Android juga mengadopsi fungsi dari HTML 5, agar memudahkan penggunanya dalam berselancar dan mengunduh aplikasi yang diinginkan, yang mana sudah mencapai lebih dari 10.000 aplikasi.

Beda Google beda Facebook. Jika Google memanfaatkan fitur ‘drag and drop’ pada Gmail dan ponsel Android-nya. FB menggunakan HTML 5, memudahkan pengguna FB dalam menikmati video. Dukungan atas HTML 5 ini membuat para pengguna akun FB tidak disulitkan lagi melihat atau mengupload video. Dimana diketahui bersama, sebelumnya untuk dapat menikmati video atau mengupload diperlukan applet java dan Adobe Flash Player. Begitu juga dengan YouTube. YouTube yang sudah mendukung dengan browser HTML 5 pemutaran video streaming pada YouTube tanpa memerlukan lagi proses buffering, loading video lebih cepat dan lebih halus dalam playback.

Diberitakan juga, akhir 2010 nanti browser Firefox 4 akan diluncurkan dengan merombak total tampilan dan fungsinya menjadi lebih sederhana. Sehingga pengguna semakin dimudahkan dalam mencari informasi di internet. Meskipun sekarang Firefox 3.6 dan Google Chrome 4.0 sudah mendukung HTML 5. Diharapkan modifikasi Firefox tentunya dengan HTML 5 menjadikan browsing lebih ringan dan cepat. Semoga.

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!