Senin, 06 Desember 2010

Mengetik Teks Arab di Windows 7

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 6 Desember 2010]
[Rubrik DIGITAL]
[Download aplikasi di artikel, silakan klik disini]

BAGI yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Windows XP, tentu sudah banyak yang mengetahui bagaimana mengetik teks berbahasa Arab di Microsoft Word, namun belum tentu dengan sistem operasi di Windows 7. Padahal lebih mudah dari pada seting di Windows XP, karena tidak memerlukan CD instalasi sama sekali seperti saat seting di Windows XP.

Ilustrasi Gambar Mengetik Teks Arab di Windows 7

Bahasa Arab adalah bahasa internasional sama halnya dengan bahasa Inggris. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang datang ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya dari berbagai penjuru dunia. Pun dengan banyaknya lembaga pendidikan yang mengajarkan bagaimana belajar bahasa Arab belum lagi dengan pendidikan yang menganut sistem Madrasah atau pondok pesantren.

Selain itu keistimewaan lain bagi yang mengetahui bahasa Arab sebenarnya kaya akan makna jika dibandingkan dengan bahasa lain. Untuk itu tidak mengherankan jika banyak pengguna komputer yang menginginkan komputer atau laptop-nya diseting agar dapat menulis teks berbahasa Arab, terutama bagi mereka yang beragama Islam atau yang sedang study keislaman seperti di Mesir atau kampus-kampus Islam.

Jika di Windows XP seting menulis teks bahasa Arab memerlukan CD instalasi, karena di Windows XP sendiri belum terintegrasi saat instalasi sehingga perlu penambahan lagi agar dapat mengetikkan teks Arab dalam data base Windows XP itu sendiri. Hal ini berbeda dengan Windows 7 sangat mudah sekali melakukan seting karena tidak memerlukan software atau DVD instalasi Windows 7 seperti di Windows XP. Caranya adalah masuk ke menu 'Control Panel' kemudian ke menu 'Region and Language' pilih 'Keyboards and Languages' dan pilih 'Change Keyboards' pilih 'Add' cari dan pilih 'Arabic (Saudi Arabia)' kemudian klik 'OK'. Jangan lupa komputer di restart terlebih dahulu sebelum digunakan.

Sampai di sini seting menulis teks Arab di Windows 7 sudah berhasil. Untuk menggunakannya adalah dengan cara membuka Microsoft Office 2007, tekan tombol 'Alt dan Shift' secara berbarengan untuk perpindahan dari menulis teks Arab ke teks Inggris ataupun sebaliknya. Dapat juga dilakukan secara manual dengan cara meng-'Klik' pada taskbar paling pojok bawah kanan di Windows 7 yang bertuliskan 'EN'. Pilih 'AR' unuk menulis teks Arab jika ingin kembali ke teks menulis Inggris pilih 'EN' kembali. Bagi yang belum mengetahui bagaimana mengetik huruf-huruf Arab di keyboard dapat memanfaatkan fungsi 'On-Screen Keyboard' bawaan Windows 7 terkecuali bagi yang sudah hafal/ terbiasa mengetik teks Arab atau keyboard yang sudah mendukung input Arab.

Belum lengkap juga rasanya jika tidak membahas sekaligus bagaimana menyisipkan Al-Quran di Microsoft Office 2007, karena menurut hemat penulis keduanya adalah satu paket yang tidak terpisahkan satu dan yang lainnya. Berbagai cara menyisipkan ayat Al-Quran ke Microsoft Word yang dilakukan pengguna komputer mulai dari menulis secara manual ataupun menyisipkan gambar yang memang bertuliskan ayat Al-Quran ke Word dan lain sebagainya. Dapat dibayangkan betapa banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk menulis ayat Al-Quran bagi yang belum terbiasa apalagi dalam jumlah banyak.

Adalah aplikasi bernama Plug Ins Alquran for Ms-Word Ver. 1.3 versi terbaru yang dibuat oleh anak bangsa bernama Mohamad Taufiq asal Depok Indonesia. Jika dulu ia membuat untuk versi Microsoft Word 2003 sekarang dengan versi terbarunya yang sudah mengalami revisi dalam hal input dan juga sudah mendukung terjemahan bahasa asing: Indonesia, Inggris, Malaysia, Jerman, Bosnia, Persia dan Rusia.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini caranya cukup mudah kunjungi situs pada alamat http://www.myquran.org/msword/ kemudian unduh aplikasi Plug Ins Alquran for Ms-Word sesuai dengan kebutuhan. Bagi yang ingin menginstal kitab digital Maktabah Syamilah dapat membaca artikelnya dengan cara klik disini.

Adapun cara menggunakan aplikasi ini adalah dengan membuka Microsoft Word 2007 pada menu Ribbon pilih menu 'Add-Ins' dan pilih Al-Quran selanjutnya input ayat atau surat Al-Quran yang dikehendaki dan klik 'OK'. Secara otomatis ayat Al-Quran akan ter-input di Word dalam waktu relatif cepat tanpa susah payah lagi untuk mengetik secara manual.

43 komentar:

Anonim mengatakan...

wah iya sudah aku coba bisa...makasih ya..

Dede Ariyanto mengatakan...

Ya sama-sama :D

Anonim mengatakan...

ijin nyimak yaa..

Dede Ariyanto mengatakan...

Silakan sajah :D

Anonim mengatakan...

mas dede mo tanya nie?
kenapa setelah pilih 'Add' dan pilih 'Arabic (Saudi Arabia)' tombol ok nya masih ga aktif yach?! jd ga bisa klik ok nie

Dede Ariyanto mengatakan...

@ Anonim
Betul. Klik lagi pada pilihan 'Arab (Saudi Arabia)-> Keyboard berikan tanda centang pada 'Arabic (101)' dan di 'Other' berikan tanda centang 'Ink Correction'. Pasti tombol 'OK'-nya bisa. Oke. Selamat mencoba :D

Anonim mengatakan...

mas dede mo tanya lagi nie?
pada waktu pemilihan languange arabic ( arab saudi ) itu kan ada tiga pilihan, yaitu : arabic ( 101 ) & arabic (102) & arabic (102) AZERTY, itu perbedaannya dimana yach? soalna aq sudah terlanjur pilih yang arabic (102) AZERTY. terus klo misalna mo ganti gmn yach.....

thx banget atas info n jawabannya...

salam kenal dari aq


elsimani

Dede Ariyanto mengatakan...

@ Anonim
Sama ajah mas, perbedaannya cuman di font. Kalo mau diilangin caranya hampir sama dengan yang di atas :D

Anonim mengatakan...

to mas dede,
klo di windows 7 untuk penulisan angka arab atw pemberian harokat gmn yaach?
n maaf banget yach klo banyak tanya, maklum masih newbie.......n thx banget atas jawabanya yach( el simani)

Dede Ariyanto mengatakan...

@ El Simani
Untuk dapat memberikan harokat pada huruf Arab di Office 2007, terlebih dahulu Anda hafal tataletak harokat yang ada di keyboard. Agar tidak repot beli ajah keyboard yang support dengan font Arab. Atau print dan tempel di keyboard :D. Biasanya jika nootebook atau laptop di Indonesia jarang yang memiliki fasilitas keyboard lengkap dengan harakat. Terkecuali jika Anda langsung membeli, pesen, atau titip pada temen Anda yang berada di luar negeri. Namun, ada cara lain. Pada Start -> Run -> ketik OSK kemudian enter. Tekan tombol Alt+Shift secara bersamaan. Maka tombol on-Screen Keyboard akan berubah-uabah dari bahasa Arab-English atau Indonesia sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh saya akan memberikan harokat kasroh maka saya menekan tombol shift+A secara bersamaan, begitu juga dengan harokat yang lainnya. Anda tinggal mencari di on-Screen Keyboard.

Sedangkan untuk penomoran angka yang menggunakan angka Arab Anda harus menseting pada Office-nya. Caranya buka Office -> Office Button -> Word Option -> Advance -> Numeral. Ganti menjadi Indi. Jika ingin mengembalikan lagi cukup ganti lagi Indi ke System atau setingan awalnya. Begitu kira-kira :D

Anonim mengatakan...

mas dede, sy menggunakan window 7, punya program quran in word, menu nya sama bisa menampilkan tulisan alquran.tp kl pengen mengetik arab manual caranya bgmn?

Dede Ariyanto mengatakan...

@ Anonim
Baca balasan komentar yang sudah ada.
Untuk download software yang Anda maksud, sudah saya sertakan juga dibawah judul postingan di atas blog ini. :D

fenty mengatakan...

wah subhanallah mas, sudah sy coba dan insyaallah bermanfaat bgt :) :) mkasih banyak mas :)

Anonim mengatakan...

mas dede saya sudah coba dan alhamdulillah berhasil ^ ^ tapi kalau untuk font fathah berdiri (misalnya untuk lafazh "Allah") bagaimana caranya ya? terima kasih.. ^ ^

Dede Ariyanto mengatakan...

@ Fenty
oke, sama-sama. Doakan terus semoga tulisanku terus dimuat di KR dan Suara Merdeka dan membawa manfaat he he :D

Dede Ariyanto mengatakan...

@ Anonim
Sudah otomatis kok mas, coba ajah tekan tombol H terus G 2x dan I. Dijamin bisa :D

Anonim mengatakan...

mohon izin utk mencupliknya termasuk komentar jg, krn anak saya sangat membutuhkan untuk membuat tugas sekolahnya.

Salam,
Asep

Anonim mengatakan...

woww iya benar mas, saya coba H, G 2x, dan I, dan berhasil mmbuat lafazh "Allah" :D
thanks mas, maju terus!

Dede Ariyanto mengatakan...

Yoi coy, sami-sami. Semoga artikel sambungannya dengan judul "Menginstal Maktabah Syamila di Windows 7" dimuat KR Senin ini. Sehingga lebih lengkap :D

Anonim mengatakan...

amin,,,,
mas mau tanya lagi hehee.. maaf nih, masih soal font fathah berdiri. kalau untuk kalimah lain selain lafazh "Allah" bagaimana membuatnya yah? terima kasih banyak :)

Dede Ariyanto mengatakan...

Terimakasih atas do'a-do'anya artikel tentang cara 'Menginstal Maktabah Syamilah' di muat juga oleh KR untuk membacanya dapat mengaksesnya. Caranya klik di sini

Jawaban dari blo sebelah:

Mengenai masalah fathah berdiri, untuk menuliskannya sangatlah mudah. Namun karena harakat ini memiliki unicode yang tidak tercantum dalam arabic keyboard layout pada umumnya maka untuk menuliskannya dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

1. membuat arabic keyboard layout sendiri menggunakan software seperti Microsoft Keyboard Layout Editor (gratis dari Microsoft) dan mengganti character yang tidak dipergunakan dengan harakat ini (dengan unicode U+0670). Dengan cara ini, fathah berdiri dapat ditulis dalam berbagai editor yang support.

2. untuk program2 dari Microsoft Office, gunakan menu insert-symbol lalu pilih symbol dengan unicode 0670 dan untuk lebih memudahkan buat keyboard shortcutnya.
Hal lain yang penting adalah font Arab yang digunakan harus font Arab yang dapat meletakkan harakat ini secara proporsional karena kebanyakan font Arab akan menampilkannya bertumpuk (terutama bila bersamaan dengan tasydid). Font Arab yang dapat meletakkannya secara proporsional antara lain Arabic Typesetting, Sakkal Majalla (dua ini bawaan MS Vista dan MS Seven), dsb. Semoga bermanfaat.

Anonim mengatakan...

ok,, hatur nuhun pisan infonya Mas :)

Dede Ariyanto mengatakan...

Ya, sama-sama :D

Anonim mengatakan...

SYUKRON INFONYA MAS

Dede Ariyanto mengatakan...

Ya, sama-sama :D

kismanto mengatakan...

wahhhh makasih mas masukanya hebat, dah berhasil neh.... mudah2n amal baiknya jadi berkah dunia akhirat... baarokallahu lakum...

Dede Ariyanto mengatakan...

Amin. Sama-sama semoga bermanfaat :D

Anonim mengatakan...

kalau di windows xp harokat kasroh dan saddah bisa dipisah, kasroh dibawah huruf dan saddah diatas huruf, kalau di w7 tidak bisa semua ada di atas huruf, gimana caranya?
abu.azka@yahoo.co.id

Muhammad Tohir mengatakan...

Jalan2 mas! :D

Dede Ariyanto mengatakan...

Jalan-jalan? Kenal ajah enggak. :D

محمد سهلان رشيدى mengatakan...

Salam kenal...blogwalking...tidak sengaja mampir...

Dede Ariyanto mengatakan...

Sengaja mampir juga gak pa-pa kok he he :D

Dhedhie mengatakan...

   

Syukron

Dede Ariyanto mengatakan...

Sama-sama :) bro

ann's mengatakan...

maaf mas, saya masih belum ngerti gimana caranya memberi harokat untuk huruf arab yang ada di word. tolong infonya...
terima kasih

Dede Ariyanto mengatakan...

@ Ann's
Ini mase Ann's yang di Sapen Yogyakarta yah? he he he Aku juga biasa ngelondry di situ loh :).

Oke, intinya begini bro. Setelah melaksanakan ritual semua ha ha ha maksudnya menyeting bisa menulis huruf Arab di kertas Office (pastikan sudah bisa), kemudian cara memberi harokatnya adalah dengan menekah tombol shift dan kombinasikan dengan daftar huruf dibawah ini:


Shift + A = Kasrah
Shift + S = Kasratain
Shift + Q = Fatha
Shift + W = Fathatain
Shift + E = Domah
Shift + R = Domatain
Shift + Z = Mad Panjang
Shift + B = Mad Pendek
Shift + 1 = Tasydid

Busro Alkarim mengatakan...

hemm,,,,,nanti aku coba,,,salam kenal aja,,,matur nuwun kang,,,,,

Dede Ariyanto mengatakan...

@ Busro Alkarim
Sama-sama :)

Aqilah mengatakan...

kang Dede, sy sdh ketik bnyk bgt dg font Arab niy. Tp kq pas ngeprint, huruf2 yg berharokatny jd ada lingkaran2ny??? =( padahal di print previewny normal. Knp y kira2? Bgmn solusiny y? Trmksh sblmny.

Dede Ariyanto mengatakan...

Jika demikian tidak ada kaitannya dengan setingan printer. Itu ada di pengaturan bahasa, dalam hal ini menggunakan bahasa Arab. Meskipun di print preview tidak ada garis lingkaran bulat pada harakat yang dimaksud. Meskipun seharusnya hal tersebut tidak terjadi, karena apa yang ada dan tampak pada print priview itu adalah tampilan sesungguhnya saat file document diprint out.

Solusinya coba tambahkan data base bahasa pada program MS Word dengan mengikuti steap by steap artikel di atas. Semoga dengan begitu masalah dapat diatasi. :)

tiknosunni mengatakan...

Saya udah coba kode untuk fathah berdiri, kasrah berdiri tapi yang keluar tetap symbol-symbol biasa. pake 0670, 0656 dan 0657. Ada pencerahan kang? Trims

Mohamad Taufiq mengatakan...

Untuk Quran in Word update ke versi terakhir
http://taufiqproduct.com/download/7/download-quran-in-ms-word-version-22

khamimus sodiq mengatakan...

mau tanya gan, q mau ngasih harakat fathah berdiri dan domah terbalik, caranya bagaimana? jazakumulloh, mkasih, solusinya......

Banner

Cuit-Cuit Yuk!

Pengunjung Blog