Kamis, 16 Februari 2012

Ramalan Digital

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 13 Februari 2012]
[Rubrik DIGITAL]
[Download aplikasi di artikel, silakan klik disini]

Meramal dari zaman dahulu hingga sekarang masih ada keberadaannya, bahkan untuk era yang akan datang pun barangkali tetap ada. Terlepas dengan kepercayaan masing-masing individu bedasarkan hasil ramalan baik itu mendekati, menjadi kenyataan atau bahkan meleset. Keberadaan meramal di setiap negara, kota dan daerah pasti adanya. Bahkan di Indonesia sendiri sudah menjadi profesi tersendiri dengan sebutan paranormal yang mana mereka enggan disebut sebagai dukun lantaran dukun acapkali dikaitkan dengan ritual hitam.

Ilustrasi Gambar Ramalan Digital

Masih ingat dengan ramalan kiamat tahun 2012? Yang sempat membuat heboh dan mewarnai internet tidak terbukti nyata hingga kini. Namun isu tersebut sempat membuat panik sebagian orang yang lemah iman. Terkait isu tersebut, muncul buku dan film yang sempat fenomenal dan sukses berasal dari barat. Kemudian muncul dugaan barangkali ada kaitan antara isu dengan akan adanya peluncuran film saat itu. Jika itu benar, sungguh strategi culas dalam marketing menggunakan media internet. Di agama manapun tidak ada yang sanggup memprediksikan kapan dan tepatnya kiamat itu terjadi. Paling hanya tanda-tanda yang ditunjukkan datangnya kiamat.

Era teknologi di kehidupan yang serba modern ini pun muncul aneka dan berbagai variasi tentang ramalan, baik yang bentuknya registrasi SMS dengan tarif yang mahal atau zodiak bintang di majalah-majalah yang banyak digandrungi oleh pemuda. Jika ditilik kembali sejarah ramalan di Jawa pun ada, maka di sana ditemui banyak kitab ramal atau primbon yang ditulis oleh para sesepuh.

Memasuki era digital saat ini ramalan bergeser ke arah digital. Artinya mulai ada situs untuk ramalan, SMS, bahkan aplikasi untuk meramal pun juga sudah ada. Tersebutlah Johan Wijanarko warga Indonesia yang membuat aplikasi “Ramalan Jawa” dan disebarkan di internet. Aplikasi itu didasarkan pada kitab primbon Betaljemur, Adammakna, Lukmanakim Adammakna, primbon Bekti Djamal, primbon Sabda Amerta dan berbagai kumpulan primbon Jawa lainnya.

Aplikasi ini gratis untuk didownload dan disebarluaskan. Juga portable sehingga tidak perlu lagi diinstal di laptop atau komputer hanya cukup dobel klik maka aplikasi dapat digunakan. Kapasitasnya pun tergolong kecil, hanya 739 KB saja. Bagi yang tertarik dan ingin segera mencobanya dapat mendownload langsung dengan cara mengunjungi alamat berikut ini
http://www.mediafire.com/?i080dzx03001471

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk meramal. Adapun menu atau opsi "Ramalan Kepribadian" digunakan untuk meramal berdasarkan waktu kelahiran dengan didasarkan atas faktor-faktor: hari dan pasaran (weton), neptu, wuku, pranotomongso, tanggal Jawa, bulan Jawa, tahun candra Jawa, pancasuda, pangarasan serta tanggal masehi, bulan masehi dan zodiak bintang sebagai pelengkap. Serta untuk meramal "Ramalan Perjodohan" berdasarkan pada petungan saat kelahiran dan petungan berdasarkan aksara (Jawa) nama dari pasangan yang diambil dari petungan yang ada dalam kitab primbon Betaljemur Adammakna, primbon Lukmanakim Adammakna dan primbon Bekti Jamal. Selain itu terdapat fitur-fitur lainnya yang meliputi "Cari Durjana" yang berguna untuk meramal masalah pencurian, serta ditambahkan pula fitur "Firasat" untuk mengartikan firasat alam maupun firasat tubuh. Terdapat pula fitur “Cari Hari” yang meliputi fungsi-fungsi jangka hari, peringatan orang mati, dan cari hari baik. Terdapat pula fitur "Bio Rhythm" untuk melihat siklus kehidupan yang meliputi siklus emosional, intelektual dan fisik. Bagaimana apakah tertarik untuk mencobanya?

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!