Tuesday 19 April 2011

Anti Virus Gratis dari Microsoft

Dimuat di harian Suara Kedaulatan Rakyat (KR) 18 April 2011.

Tak disangka dan tak diduga Microsoft inc, merilis antivirus gratis buat para pengguna sistem operasinya. Hal ini disadari Microsoft atas keluhan dari para penggunanya berkaitan dengan serangan virus yang terus mengganas, terutama bagi pemula yang sama sekali tidak ada proteksi di komputer atau laptop pribadinya.


Ditengah persaingan bisnis antivirus seperti Norton, Kaspersky atau Avira premium, terobosan yang ditempuh Microsoft inc, tentu membawa angin segar tersendiri bagi para pengguna komputer. Di mana setiap harinya selalu saja ada varian virus baru seperti: spyware, trojan, worm dan beberapa malware lainnya. Apalagi dengan menjamurnya serangan virus lokal.

Alasan itulah mengapa pengguna komputer dituntut harus selalu mengupdate antivirus minimal satu minggu sekali. Ini dilakukan agar data base yang ada di program antivirus mengenali jenis virus terbaru. Sehingga dapat mendeteksi tipe virus terbaru, menghilangkan hak akses atau bahkan menghapus virus. Jika update tidak dilakukan dalam tempo lama, keamanan yang ada di dalam aplikasi antivirus dapat bobol oleh virus dan apabila didiamkan maka sama dengan tidak adanya program antivirus di komputer Anda, disebabkan antivirus tidak mengenali jenis virus terbaru.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan antivirus dari Microsoft ini adalah adanya fasilitas update otomatis yang dilakukan di belakang sistem operasi saat komputer atau laptop terhubung ke internet, sehingga tidak perlu lagi harus repot-repot mengupdate secara manual atau selalu munculnya pesan “rewel” yang mengharuskan untuk diupadate.

Mungkin diantara kita pernah mengalami ketika netbook (laptop mini) yang memang memiliki hardware terbatas terasa terbebani sekali dengan proses awal (startup) atau loading terasa berat ketika sudah diinstal aplikasi antivirus. Mengapa hal ini dapat terjadi? Dikarenakan beberapa persen resource dikuasai oleh program antivirus.
“Microsoft Security Essentials” adalah nama dari antivirus gratis yang disediakan cuma-cuma alias gratis dapat dicoba untuk mengatasi masalah tersebut, dikarenakan konsep kerjanya menyatu secara kesatuan dengan produk sistem operasi yang familiar digunakan. Sehingga program terasa sangat ringan sekali.

Untuk dapat menggunakan antivirus “Microsoft Security Essentials” langkah yang pertama dilakukan adalah dengan menghapus atau menguninstal terlebih dahulu antivirus yang ada pada komputer atau laptop Anda agar terhindar dari crash atau gagalnya instalasi. Kemudian kunjungi alamat http://www.microsoft.com/security_essentials/ antivirus “Microsoft Security Essentials” tidak hanya ditujukan untuk sistem operasi Windows 7 saja tetapi juga untuk versi Windows XP dan Windows Vista. Pastikan juga berapa bit yang digunakan. Misal, jika Anda menggunakan operasi sistem Windows 7 32 bit maka pastikan yang didownload adalah Microsoft Security Essentials untuk Windows 7 yang 32 bit. Setelah download berhasil, lakukan instalasi seperti biasanya, ikuti perintah yang ada. Dan saat pertama kali dijalankan aplikasi antivirus akan melakukan update secara otomatis. Update pertama cepat dan lambatnya tergantung dari kecepatan koneksi internet yang digunakan, semakin cepat koneksi internet maka akan semakin cepat pula proses update. Untuk update selanjutnya akan dilakukan otomatis dan lebih cepat dibandingkan dengan saat pertama update. Update tidak perlu dilakukan manual, karena akan secara otomatis ketika tersambung di internet.

Tak salah memang jika banyak kalangan yang mengklaim bahwa virus dan antivirus merupakan lahan bisnis. Bisa saja virus dibuat dan disebarkan oleh pembuat antivirus, dan kemudian yang tidak ingin tertular virus membeli program penangkalnya yaitu aplikasi antivirus. Perlu dipahami bahwa anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Tetapi apakah antivirus yang disediakan oleh pihak Microsoft ada unsur bisnis? Menurut hemat penulis tidak ada unsur bisnis. Karena pihak Microsoft pun tidak memungut biaya atas program antivirusnya ini alias gratis. Microsoft melakukan semua ini lantaran ucapan terimakasih terhadap produknya yang sudah laris manis terjual dan keprihatinannya terhadap pengguna awal yang sering berurusan dengan virus-virus jahat. Karena sekecil apapun virus itu tentu akan memiliki efek terhadap kinerja sistem operasi komputer, dimulai dari lamanya startup, loading, dan gangguan lainnya. Jadi jika ada yang gratis mengapa harus bayar?

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Gimana cara mengatasi anti virus microsoft security essentials ditulis "computer status - potentially unprotected" mohon jawabannya....

    ReplyDelete
  3. Memang sistem operasi yang digunakan original atau maaf, bajakan. Seharusnya itu tidak terjadi :D

    ReplyDelete
  4. kalau seven yang bukan original bagaimana....?

    ReplyDelete

Terimakasih yah udah ngunjungi blogku ini. Maaf banget, komentar yang isinya iklan, link hidup, sara, pornografi dan spam bakalan aku hapus!


Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog