Senin, 06 September 2010

Kirim Kartu Lebaran Online

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 6 Januari 2011]
[Rubrik DIGITAL]

KEGEMBIRAAN menyambut puasa membuat seluruh umat muslim semangat untuk melakukan berbagai aktivitas di bulan yang penuh berkah ini. Hingga tanpa disadari hari-hari puasa dilalui sangat cepat dan lebaran pun di depan mata. Saat menjelang hari raya setiap orang ingin mengirim ucapan selamat lebaran dan saling bermaaf-maafan. Jika pada tahun 90-an orang gemar sekali mengirim kartu lebaran kepada sahabat, keluarga dan rekan yang jauh. Namun di era digital ini kartu lebaran bergeser dengan alat-alat komunikasi yang lebih canggih. Seperti telepon genggam, dengan murahnya layanan SMS dan MMS, orang juga dengan mudah berkirim untaian kata maaf dan silaturahmi. Kini yang menjadi trend adalah berkirim kartu lebaran dengan e-card, yaitu mengirim kartu lebaran via internet.

Ilustrasi Gambar Kirim Kartu Lebaran Online

Dengan berbagai fasilitas yang telah banyak disediakan saat ini, membuat semua orang bisa mengakses internet dimanapun, dengan adanya modem, telepon genggam yang tersambung dengan internet dan lain sebagainya kini internet mudah diakses. Dengan kemudahan internet ini maka kartu lebaran pun mulai tergantikan dengan adanya e-card. Banyak sekali situs yang menyediakan layanan mengirim kartu lebaran ataupun berbagai kartu ucapan lainnya. Salah satunya melalui situs 123greetings.com atau situs-situs lain yang telah banyak tersedia kartu lebaran, bahkan kartu-kartu ucapan yang lainnya.Di dunia maya pun berbagai jenis kartu ucapan lebaran banyak bermunculan, apalagi di era Web dimana banyak blog dan jejaring sosial internet sangat menjamur membuat layanan komunikasi mengirim kartu lebaran via e-mail dan blog dan jejaring sosial sangat banyak diminati, apalagi banyak pilihan dan animasi flash yang bisa dipilih sesuka hati.

Jika pada kartu lebaran konvensional kita bisa membuat sendiri kartu lebaran dari bahan dan model yang kita sukai, sehingga sedikit banyak kita memerlukan dana untuk membuat serta mengirimnya via pos. Tapi dengan kartu lebaran online ini banyak keunggulan yang bisa kita dapatkan. Kartu ini bisa datang tepat waktu tidak perlu menunggu lama. Sifatnya pun sangat ekonomis, tidak seperti kartu lebaran konvensional yang harus membeli bahan dan termakan biaya pengiriman. Banyak sekali dukungan animasi, flash dan berbagai pilihan kartu kreatif lainnya dengan berbagai tipe, mulai dari yang gaul, funky, lucu sampai yang formil.

Tak sabar ingin mengirim kartu lebaran pada sahabat, rekan atau sanak famili yang jauh? Melalui situs 123greetings.com mari memulai memilih kartu nama yang indah dan terbaik untuk kita kirim kepada orang-orang yang kita sayangi. Caranya cukup mudah kunjungi web 123greetings.com di sana akan tersedia berbagai macam kategori kartu lebaran yang akan kita buat. Pada setiap kategori kita akan tahu berapa jumlah kartu yang tersedia. Lalu kita pilih salah satu kartu lebaran yang kita sukai, kita bisa melihatnya melalui software flash. Kita bisa melihat kartu lebaran dengan penuh.

Jika sudah menemukan kartu yang cocok untuk dikirim, klik saja ‘Personalize this Ecard’, namun jika masih belum menemukan maka tinggal klik tombol ‘Next’ untuk mencari yang lain. Kemudian masukkan nama dan alamat email teman orang yang hendak kita kirim kartu lebaran tersebut, jika ingin mengirim ke banyak orang pilih menu ‘ Number of Recipients’. Dengan kartu lebaran online ini kita juga bisa menyisipkan pesan atau untaian kata yang akan tampil bersamaan dengan kartu lebaran tersebut. Untuk fitur yang lain seperti huruf,tebal tipis, kita bisa mengklik ‘Tips’ maka akan ada petunjuk lebih yang akan memberitahu.Hampir tak berbeda dengan kartu lebaran konvensional, kartu ini hanya lebih bersifat digital. Kitapun bisa memasukkan kata-kata seperti ‘Salam hangat’ dan sejenisnya pada ‘ Card Footer’. Jika untaian kata yang indah telah ditulis dan card footernya juga selesai di ketik, maka kartu siap dikirim. Sebelum mengirim tentu kita ingin melihat hasil jadinya, klik saja ‘Preview and Send’ untuk melihat kartu sebelum dikirim. Lalu klik ‘Send’ untuk mengirimnya.

Sangat mudah bukan? Jangan ragu untuk mencobanya, meskipun banyak kesibukan dan kartu lebaran konvensionalpun mulai surut, namun jangan khawatir kartu lebaran online menjawab kebutuhan kita untuk saling berbagi kebahagiaan dan saling bermaafan di hari lebaran nantinya. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. wow bagus itu.....ku udah praktekan loh..dan kukirim ke orang yang paling aku sayangi......

    BalasHapus
  2. Oh yah... bagus tuh :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!