Senin, 25 Oktober 2010

Pintar Memilih NetBook atau NoteBook

MEMASUKI tahun ajaran baru tentu menjadi peluang bagi warga Yogyakarta. Mengingat kota Yogyakarta merupakan kota pelajar, di mana banyak para pendatang (merantau) belajar dan menimba ilmu di kota ini. Keadaan ini juga menjadi berkah tidak hanya pemilik kos-kosan dan penjual makanan tetapi juga bagi para penjual komputer. Karena hampir semua pelajar dan mahasiswa Jogja setiap tahunnya berbelanja komputer atau laptop untuk menunjang belajar seperti : membuat makalah, skripsi, tesis, proposal, jurnal dan lain sebagainya.

Ilustrasi Gambar Saat Pameran Komputer Berlangsung

Seiring dengan kemajuan teknologi komputer pun berkembang menjadi lebih praktis lagi seperti NoteBook dan NetBook. Apa yang membedakan keduanya? NoteBook atau yang lazim disebut dengan laptop adalah komputer jinjing yang fungsi dan cara kerjanya sama persis dengan komputer rumah (Persinal Computer/ PC). Sedangkan NetBook atau laptop mini adalah hampir sama dengan laptop, hanya saja bentuknya lebih kecil dan tidak terdapat alat pemutar CD (CD room).

Sekilas NoteBook dan NetBook tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun tetap saja menjadi pertimbangan lebih dan memusingkan jika kita hendak membeli NoteBook atau NetBook bukan? Agar tidak terjadi hal seperti itu maka yang pertama harus diperhatikan adalah sesuaikan dengan kebutuhan untuk apa NoteBook atau NetBook. Apakah untuk mendesing, mengajar, berbisnis atau sekedar hanya mengetik. Apakah yang dibutuhkan NoteBook atau NetBook?. Untuk NoteBook memang cocok sekali digunakan bagi para pengajar, designer, pembisnis mengingat fungsinya relatif sama dengan PC. Apalagi dilengkapi dengan CD room. Hanya saja untuk NoteBook bentuknya tidak sesimpel NetBook.

Namun jika memang terkendala dengan keuangan, NetBook menjadi alternatif mengingat harganya yang setengah dari harga NoteBook. NetBook memang cocok digunakan para pelajar atau mahasiswa yang memang kebutuhannya berkutat dengan tulis-menulis. Hanya saja kekurangannya tidak terdapat CD room sehingga tidak dapat memutar CD. Toh, sudah ada yang menjual CD room portable, sehingga kita tetap dapat memutar CD di NetBook. Selain itu jika diinstal aplikasi terlalu banyak performa dan loading-nya menjadi menurun. Namun bentuknya yang kecil memudahkan untuk dibawah kemana-mana, dan terkesan lebih simpel.

Jika ingin membeli NoteBook atau NetBook usahakan yang memiliki garansi dan service nasional ataupun internasional. Sehingga sekalipun sudah lulus dan tidak di Jogja lagi, suatu hari mengalami kerusakan pada NoteBook atau NetBook kita dapat menservice-nya di tempat terdekat di kota kita. Kemudian untuk memangkas harga beli kita dapat membeli NoteBook atau NetBook yang belum terinstal operating system (OS). Biasa disebut dengan NoteBook atau NetBook kosongan, konsekuensinya memang kita harus bisa melakukan instalasi OS ataupun aplikasi pendukung. Belilah di toko komputer yang sudah memiliki brand image yang jarang ada kasus, keluhan, komplen para customer, caranya kita dapat melakukan dengan cara bertanya pada teman, saudara, atau kerabat berdasarkan pengalamannya membeli NoteBook atau NoteBook. Sebelum membeli tidak ada salahnya kita searching dulu di internet jenis NoteBook atau NetBook apa yang akan kita beli. Karena dengan demikian kita akan mengetahui spesifikasi yang ada di NoteBook atau NetBook juga dengan kisaran harganya, sehingga akan sesuai dengan keinginan kita tanpa kecewa setelah dibeli karena tidak sesuai dengan spesifikasi yang kita harapkan. Selain itu juga akan menghemat waktu dalam mencari di toko, karena kita sudah fokus dan mengerti cukup hanya mencatat seri dan merek NoteBook atau NetBook apa yang akan kita beli. Jangan lupakan juga setelah kita membeli, cek semua kelengkapan termasuk CD sertaan, jika ada OS backup recovery jangan sungkan untuk minta diajarkan cara recovery OS system backup tersebut. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Terima kasih untuk infonya. It's really helpful..

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!