Rabu, 10 April 2013

Bukan Facebook Phone Tapi Facebook Home

MEMASUKI usianya yang ke sembilan tahun sejak pertama kali Facebook didirikan pada bulan Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg hingga kini Facebook terus bertahan. Bukan perkara mudah bersaing dalam bisnis teknologi, banyak persaingan yang harus dihadapi tidak hanya pendatang baru tetapi juga perusahaan senior seperti Google yang terus berusaha menghadang laju perkembangan Facebook yang semakin tahun semakin banyak penggunanya di seluruh dunia. Hingga kini saja pengguna Facebook sudah mendekati angka 1 miliar, tepatnya sebesar 901 juta.

Sementara itu mulai terjadi penurunan pengguna Facebook di Amerika Serikat setelah beberapa survai dilakukan, termasuk kaum remaja yang sudah mulai bosan dengan Facebook menjadi perhatian tersendiri bagi Mark Zuckerberg dan perusahaannya itu.

Untuk mencegah semua itu terjadi Facebook secara resmi merilis aplikasi Facebook Home di markas besar mereka, Menlo Park, California, Amerika Serikat, Kamis (4/4) sore waktu setempat. Acara tersebut langsung dipimpin oleh Mark Zuckerberg selaku CEO (Chief Executive Officer) Facebook. Dalam kesempatan tersebut, dengan antusias di hadapan banyak wartawan, pengunjung dan tamu undangan Mark meluruskan rumor dan pemberitaan di Media selama ini yang menyebutkan bahwa Facebook akan membuat sistem operasi ponsel dan smartphone atau Facebook phone. Bukan smartphone atau Facebook phone tetapi Facebook Home.

Bersamaan dengan itu, HTC juga turut memperkenalkan smartphone terbaru mereka, HTC First langsung melalui juru bicara Peter Chou selaku CEO dari HTC. Smartphone pertama yang sudah dilengkapi dengan aplikasi Facebook Home menjadi andalan bagi HTC.

HTC First akan tersedia dengan empat pilihan warna, yaitu merah, biru muda, hitam, dan putih. Adapun spesifikasi dari smartphone HTC First menggunakan layar sentuh 4,3 inci dengan prosesor dual-core berkecepatan kecepatan 1,4 GHz dari Qualcomm Snapdragon 400 dan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean. Adapun RAM dengan kapasitas 1GB dan kamera belakang 5 megapiksel. Rencananya akan dijual melalui operator seluler AT&T di Amerika Serikat pada 12 April 2013 dengan harga US$99. Jika dirupiahkan kurang dari 1 juta harganya.

Tidak hanya menjalin kerjasama dengan HTC tetapi Facebook juga bekerjasama dengan perusahaan ponsel besar lainnya diantaranya adalah Samsung dan Sony. Tetapi untuk saat ini baru HTC yang sudah membuat smartphone HTC First dengan dukungan langsung aplikasi Facebook Home yang sudah terintegrasi di dalamnya. Selain perusahaan ponsel, Facebook juga menggandeng perusahaan semikonduktor Qualcomm dan perusahaan telekomunikasi AT&T dari Amerika Serikat.

Sayangnya Facebook Home hanya mendukung smartphone berbasis sistem operasi Android saja tidak mendukung iOS, BlackBerry atau Windows Phone. Hal ini sangat beralasan mengingat Android adalah sistem terbuka (open source). Dengan keterbukaan tersebut tentu saja Facebook memiliki kontrol penuh terhadap Facebook Home yang nantinya akan digunakan juga sebagai media iklan Facebook.

Selain terbuka saat ini Android menduduki peringkat satu pengguna terbanyak sistem operasi pada smartphone di dunia. Berbeda ketika Facebook Home hadir di iOS, terlebih dahulu Facebook harus melakukan kerjasama dan kemitraan dengan Apple dimana perusahaan Apple memiliki penyaringan ketat dan kebijakan tersendiri terkait aplikasi di App Store milik mereka yang mana nantinya Facebook tidak mungkin memiliki kontrol penuh lagi terhadap aplikasi Facebook Home. Belum lagi dengan biaya lisensi yang harus dikeluarkan Facebook. Begitu juga yang terjadi pada Windows Phone dan BlackBerry. Alasan inilah mengapa Facebook Home hanya tersedia di sistem operasi Android saja. Tetapi seiring dengan kepopuleran Facebook Home nantinya dan perubahan kebijakan kerjasama masing-masing perusahaan bukan berarti Facebook Home juga tidak bisa dinikmati oleh iOS, BlackBerry dan Windows Phone.

Selain mendukung smartphone berbasis Android juga akan mendukung tablet Android dalam beberapa bulan berikutnya. Namun bagi yang tidak sabar untuk mencobanya, aplikasi Facebook Home akan tersedia di Google Play Store yang dulunya Google Market tercatat mulai tanggal 12 April 2013.

Aplikasi Facebook Home berbeda dengan aplikasi Facebook yang selama ini ada. Facebook Home memiliki tiga fitur utama yang tidak ada pada aplikasi Facebook sebelumnya. Diantaranya adalah sebagai berikut. Cover Feed memungkinkan pengguna merubah tampilan utama menu Android menjadi tampilan baru Facebook yang menampilkan kabar terkini dari akun Facebook pengguna. Kemudian, notification memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi langsung dari Facebook seputar aktifitas yang terjadi di akun Facebook pengguna. Cukup menggeser ke samping layar maka notifikasi tersebut hilang. Dan Chat Heads memungkinkan pengguna dapat menggabungkan dan berkirim pesan baik Facebook Messengers, SMS dan layanan VoiP. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Tunggu tanggal 12 April mendatang.

2 komentar:

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!