Senin, 30 November 2015

Xiaomi Redmi Note 3, Berbekal Sensor Sidik Jari dan Kapasitas Baterai Besar

(Tulisan saya ini telah dimuat di Suara Merdeka - halaman teknologi, 30 November 2015)
SMARTPHONE dengan harga terjangkau, spesifikasi mumpuni dan bersaing dibandingkan merek lain, Xiaomi adalah salah satunya. Apa yang membuat brand ini memiliki harga terjangkau dan bersaing tak lain karena pemutusan mata rantai dan toko.

Selain itu, Xiaomi hanya dijual menggunakan sistem online di beberapa negara. Penggunaan material bahan polycarbonate atau plastik memengaruhi harganya. Meskipun begitu, Xiaomi tetap komitmen memberikan kualitas terbaik di setiap produknya.

Menutup akhir tahun, baru-baru ini Xiaomi memperkenalkan produk terbaru Redmi Note 3 dalam sebuah acara di Tiongkok, Selasa (24/11).

Ini adalah kali pertama Xiaomi hadir menggunakan material berbahan logam mengikuti merek-merek premium lainnya. Vendor ini juga tetap berusaha menghadirkan harga terjangkau bagi pelanggannya.

Selain menggunakan material berbahan logam, Redmi Note 3 dilengkapi dengan sensor pemindah sidik jari yang memudahkan para penggunanya membuka ponsel tanpa harus mengetikkan sandi angka dan huruf.

Kecepatan dalam membuka sensor sidik jari cukup cepat, hanya dibutuhkan waktu 0,3 detik. Yang berbeda, sensor tersebut terletak di belakang, tepat di bawah bagian kameranya.

Isu krusial smartphone masih berkutat pada masalah baterai yang boros. Sebenarnya ini masih bisa dimaklumi, mengingat fungsinya kini sudah mengakomodasi semua kebutuhan, mulai dari internet, hiburan, hingga pekerjaan yang bisa diwakili olehnya.

Dual LED Flash
Mengatasi masalah daya baterai, Xiaomi menghadirkan kapasitas daya baterai yang cukup besar, yakni 4000 mAh. Kapasitas besar tak membuat badan Redmi Note 3 tampak jumbo. Dimensinya hanya 8,7 mm karena menggunakan baterai 690Wh/L high density dengan kapasitas besar namun tipis dari segi ukuran.

Kamera utamanya memiliki ketajaman 13 megapiksel, dual LED flash dilengkapi dengan fitur auto phase detection yang membantu kamera dalam mengunci objek foto cukup cepat, kurang dari satu detik. Sedangkan kamera depannya 5 megapiksel.

Ada dua pilihan untuk Redmi Note 3 dengan perbedaan cukup tipis dari harga dan spesifikasi yang ditawarkan. Pertama adalah Redmi Note 3 standar dan Redmi Note 3 high-end.

Selisih harga keduanya Rp 400 ribu. Versi standar ditawarkan dengan harga 899 yuan atau sekitar Rp 1,9 juta, sementara versi high-end dihargai 1.099 yuan atau setara Rp 2,3 juta.

Perbedaannya terletak pada media simpan memori internal, RAM dan kecepatan Graphics Processing Unit (GPU). Versi Redmi Note 3 standar memiliki memori internal 16 GB, RAM 2 GB, dan GPU PowerVR G6200 550 MHz. Sedangkan Redmi Note 3 high-end memiliki memori internal 32 GB, RAM 3 GB, dan GPU PowerVR G6200 700 MHz.

Diperkirakan kedua seri ini akan hadir di pasar global pada kuartal pertama sekitar Januari atau Februari 2016. Harga bisa saja sama atau berubah sesuai dengan kebijakan masing-masing negara terkait barang impor. (d/a)


0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!