Senin, 05 Oktober 2015

Meizu M2, Satu Tombol untuk Dua Fungsi

(Tulisan saya ini telah dimuat di Suara Merdeka - halaman teknologi, 5 Oktober 2015)

TAK hanya gawai keluaran Apple yang memiliki satu tombol atau home button. Serupa tapi tak sama, smartphone asal Tiongkok, Meizu M2, juga memiliki satu tombol.

Umumnya, smartphone Android setidaknya mempunyai tiga tombol, yakni ”home”, ”back”, dan ”menu”. Di Meizu M2, untuk kembali ke menu sebelumnya atau back cukup dengan menyentuh atau tap pada permukaan home button saja.
Untuk kembali ke menu utama tekan home button dan untuk menampilkan fungsi menu cukup geser atau sweep dari bawah. Tampilan antarmuka atau user interface milik Meizu M2 pun cukup sederhana. Hanya terdapat menu utama seperti di iPhone yang menampilkan seluruh aplikasi yang ada. Tak ada app drawer atau laci aplikasi seperti Android lainnya.

Hal itu disebabkan karena Meizu telah memodifikasi sedemikian rupa sistem operasi Android Lollipop v5.1 agar bisa tampil dan berfungsi maksimal. Meizu menyebutnya dengan istilah Flyme yang sudah memasuki versi 4.5.

Sekilas desainnya mirip dengan iPhone 5C karena material bahan yang digunakan sama-sama menggunakan polycarbonate. Begitu juga dengan lubang mikrofon, speaker, dan USB charging nampak sama. Tersedia empat pilihan warna, yaitu putih, abu-abu, biru muda dan pink muda.

Kalangan Muda
Menyasar segmen kalangan muda sesuai dengan slogan Meizu M2 yakni ”Quality for Young” dengan menampilkan pilihan warna-warna muda. Selain itu, karena menyasar kalangan muda, Meizu M2 hanya bisa didapatkan melalui toko online yang sudah familiar dengan program penjualan flash sale.

Pertimbangannya, mereka yang familiar dengan pembelian online dan internet ratarata adalah kalangan muda walaupun tak menutup kemungkinan mereka yang sudah tak muda lagi.

Kelebihan penjualan model online adalah harga, kualitas, dan garansi yang ditawarkan sama persis tak ada perbedaan untuk seluruh wilayah Indonesia. Kabarnya, karena kali pertama Meizu rilis smartphone di Indonesia, Meizu M2 dijual lebih murah dibanding negara asalnya, Tiongkok.

Jika melihat harganya, Rp 1.699.000, gawai ini cukup bersaing dengan spesifikasi yang ditawarkan. Sebut saja untuk prosesornya sudah quad-core 1.3 GHz Cortex-A53, RAM 2 GB dan memori internal 16 GB yang dapat ditambah dengan memori eksternal hingga 128 GB. Kameranya pun cukup menjanjikan, kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. (da)

5 komentar:

  1. Meizu M2 memang keren mas... Cocok banget deh buat yang muda2 hehe... Eh yg berjiwa muda sih.. Buat selfie keren kameranya...:).

    BalasHapus
  2. OMOOOO fiturnya bikin ngiler. Udah ada Lollypop ya?

    BalasHapus
  3. Ada yang pink, selera muda nih. Emang di tiongkok dijual brp mas?

    BalasHapus
  4. Ada yang pink, selera muda nih. Emang di tiongkok dijual brp mas?

    BalasHapus
  5. Bowo Susilo: Bisa aja..thanks you :)
    Widy Darma: Iya sudah Lollypop
    Murtiyarini, Arin: Setauku sih selisih 100 ribuan. Ada kok warna pink :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!