Minggu, 16 Januari 2011

Menyulap Windows Menjadi MAC

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 10 Januari 2011]
[Rubrik DIGITAL]
[Download aplikasi di artikel, silakan klik disini]

BOSAN dengan tampilan Windows? Baik itu Windows XP, Vista ataupun Windows 7. Merupakan hal yang wajar dan kodrati manusia. Selama ini, mungkin sudah bertahun-tahun dan terbiasa menggunakan Operating System (OS) Windows besutan Bill Gates dan tidak ingin mencoba menggunakan OS alternatif lain. Padahal masih ada alternatif OS lain yang gratis dan tentunya halal, seperti Linux. Namun, karena alasan tertentu dan setidaknya harus meluangkan waktu lagi untuk belajar Linux, belum lagi dengan beberapa aplikasi yang tidak semua ditemui di Linux seperti di Windows, alasan inilah yang menjadikan banyaknya para pengguna komputer bertahan menggunakan Windows.

Ini adalah tampilannya saat saya mencoba aplikasi tersebut, menarik bukan?

Lantas bagaimana dengan OS Macintosh? "Ah, mahal!" ungkapan itu yang kerap keluar ketika penulis menanyakan kepada beberapa rekan. Tidak salah memang, mengingat Macintosh adalah sebuah sistem komputer yang relatif lebih stabil terhadap serangan virus komputer dibandingkan dengan OS yang lainnya. Belum lagi dengan tampilan interface grafis yang sangat intuitif dan responsif menjadikan siapapun yang baru mencoba pertama kali ingin memiliki komputer berlogo Apel tergigit itu.

Sayangnya harganya mahal dibandingkan dengan notebook merek lainnya. Untuk itu banyak kalangan terutama pebisnis yang rela merogoh kocek lebih dalam lagi untuk mendapatkan notebook besutan Apple yang dirintis oleh Steve Jobs ini. Selain itu, ada kesan jika menggunakan Apple mampu memiliki gengsi tersendiri.

Namun tidak perlu khawatir bagi yang ingin memiliki OS Macintosh atau belum ada dana cukup membeli yang asli, dengan bantuan aplikasi kita pun dapat menikmati tampilan OS Macintosh di notebook atau PC kita tanpa menginstal OS Macintosh terlebih dahulu dan mengeluarkan dana sepeser pun.

Aplikasi tersebut bernama Snow Transformation Pack. Snow Transformation Pack akan mengubah seluruh user interface ke Mac OS X Snow Leopard, termasuk Snow Leopard Welcome Screen, Visual Style, Ikon, Wallpaper, Suara, Dock dan banyak lagi. Kapasitas aplikasi ini hanya 30 MB, versi terbarunya dirilis pada tanggal 18 Oktober 2010. Adapun OS yang kompatible dengan aplikasi ini adalah Windows Vista dan Windows 7. Untuk system requirements mengikuti dan sama saja dengan yang ada di Windows 7 atau Vista. Untuk aplikasi Snow Transformation Pack dapat didownload di alamat http://www.winxsoft.com/stp/download.html Jangan lupa untuk kelancaran dalam instalasi disable (non-aktifkan) terlebih dahulu User Account Control (UAC) pada Control Panel notebook atau PC dan tutup semua aplikasi yang ada.

Sedangkan untuk Windows XP menggunakan aplikasi sejenis yang berbeda. Aplikasi tersebut dapat langsung didownload pada alamat http://www.deviantart.com/download/136684846/Leopard_X_by_vladimir0523.rar jangan lupa baca terlebih dahulu petunjuk instalasinya sebelum menginstal aplikasi tersebut. Dengan demikian kita sudah dapat menyulap Windows menjadi Macintosh sekalipun OS kita adalah berbasis Windows, namun tampilannya adalah Macintosh yang sepenuhnya mirip dengan versi aslinya. Dengan tampilan atau tema baru, semoga semangat baru untuk dapat bekerja atau berkarya. Tidak percaya? Buktikan.

Jika suatu saat ingin dapat kembali menggunakan tampilan Windows, cukup uninstall aplikasinya saja. Atau dengan memilih tema Windows 7 dengan cara klik kanan "Desktop" dan pilih "Personalize". Begitu juga tampilan Windows XP. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

9 komentar:

  1. Wah mantaph nih mas ...
    izin sedot ya mas .. :)

    BalasHapus
  2. mas masih ngajar di efeck ya?
    oya ni bru bikin blog baru lg ni, bsok2 aku sering ksini aja kyaknya, sambil share2 ilmu mas,,
    gimana?
    kunjung balik ya???

    BalasHapus
  3. Makasih posting bagusnya, ijin mengamalkan...

    BalasHapus
  4. trima ksih mas ijin nyoba...:)

    BalasHapus
  5. wahh kerenn nihh, makasih ya mas tutorialnya sangat membantu hehehe

    BalasHapus
  6. Fahmi
    Oke, ditunggu laporannya he he he :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!