Senin, 03 Mei 2010

Multi Touch Windows 7 Tak Perlu Mouse dan Keyboard

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 3 Mei 2010]
[Rubrik DIGITAL]

JIKA ponsel memamerkan fitur layar sentuh (touch screen), kini giliran komputer mengusung fitur touch screen, tidak tanggung-tanggung bahkan multi touch screen. Menjadikan berkomputer semakin menyenangkan dan mengasyikkan tanpa harus bergantung lagi dengan mouse dan keyboard.


Sukses dengan Operating System (OS) Windows 7, kembali Microsoft meluncurkan aplikasi ‘Touch Pack for Windows 7’ hari Jumat (23/4) di Jakarta. ‘Touch Pack for Windows 7’ adalah fitur tambahan yang sebelumnya belum ada di OS Windows 7. Fasilitas ini kesemuanya menggunakan fitur multi touch screen. Berjumlah 6 aplikasi yang dirancang menggunakan gerakan (gesture) antara lain: Surface Globe, Surface Collage dan Surface Lagoon. Sementara tiga aplikasi lainnya adalah game antara lain: Blackboard, Rebound serta Garden Pond. Menariknya, semua aplikasi tersebut gratis (freeware) didownload oleh siapa saja. Meskipun demikian, tidak sembarang orang dapat mendownload touch pack Windows 7 jika tidak memenuhi persyaratan sistem (System Requirements) dan validasi Windows 7 itu sendiri. Selain system requirements, Microsoft memasang validasi pada halaman website, sehingga jika didapati tidak menggunakan OS orisinil (bajakan) secara otomatis proses download tidak dapat dilanjutkan. Untuk mendownload aplikasi tersebut dapat mengunjungi situs resmi Microsoft di alamat : http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=b152fadd-82e4-4ddb-a46a-aebe49944428&displaylang=en

Ilustrasi Gambar Multi Touch Windows 7

Adapun system requirements yang diperlukan agar dapat menginstal dan menjalankan touch pack Windows 7, antara lain: OS Windows 7 (semua jenis), sebuah komputer atau monitor yang mendukung Windows touch (minimal 2 sentuh mendukung input yang diperlukan), 1,3 GHz Prosesor (semakin tinggi lebih baik), 1 GB RAM, 600 MB ruang hard disk, 128 MB 3D video card dengan Hardware Textures & Lighting, DirectX 9.0 atau kartu video, akses Internet yang diperlukan untuk fitur Surface Globe, dan kartu suara, speaker atau headphone yang diperlukan untuk audio.

video
Ilustrasi dalam bentuk video

Menurut juru Bicara Microsoft Brandon LeBlanc, sebenarnya fitur touch pack Windows 7 pertama kali di launching pada bulan Mei 2009 lalu. Namun fitur touch pack Windows 7 saat itu hanya tersedia bagi para OEMs yang hanya disertakan dalam PC-PC Windows 7 baru yang mampu melakukan Windows touch. Itu pun tidak semua aplikasi dibenamkan, hanya beberapa saja. Karena banyaknya minat dan permintaan, fitur ini akhirnya dapat dinikmati oleh semua PC asal mendukung system requirements yang ada. Sedangkan untuk laptop yang bener-benar mendukung touch pack Windows 7, pastikan sebelum membeli terdapat logo hologram Windows Touch.

Kemampuan multi touch Windows 7 ini sebenarnya terletak pada ke-6 aplikasi touch pack. Jika diintip fungsi dari masing-masing aplikasi tersebut adalah sebagai berikut: Surface Collage, adalah sebuah program yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi, berinteraksi dengan pengguna komputer, mengatur foto atau video dan menjadikan foto sebagai latar belakang desktop. Foto dapat dizoom, resize, rotate, drag and drop, dan send to device hanya cukup menggunakan sentuhan jari di atas monitor. Bahkan dalam demonya di situs http://www.youtube.com komputer ‘Coffee Table Computer’ yang terintegrasi dengan OS Windows 7 dan touch pack (bentuknya seperti meja sofa) mampu mengirim dan memindah foto, video, dan beberapa file hanya dengan meletakkan kamera atau ponsel di atas meja (monitor) maka secara otomatis foto akan tampil di layar meja komputer. Mengirim dan menerima foto dari dan ke kamera cukup dengan drag and drop jari kita ke arah kamera. Sinkronisasinya menggunakan Bluetooth atau Wireless Fidelity (Wi-Fi) tidak lagi dengan inframerah atau kabel data. Menakjubkan!.

Selanjutnya Surface Globe, adalah sebuah program yang dapat digunakan untuk menjelajah bumi virtual (Google Earth atau Google Maps) sebagai peta datar 2 dimensi atau 3 dimensi. Layaknya sebuah bola dunia di genggaman tangan. Cukup dengan memutar bagian bumi mana yang ingin dilihat. Tidak hanya dapat dizoom, diputar, dibentangkan namun ketika terhubung dengan device GPS (Global Positioning System) baik itu ponsel, Blackberry, atau Smartphone maka secara otomatis meta tag lokasi akan muncul di layar.

Tidak kalah menarik Surface Lagoon, adalah aplikasi screen saver dan simulasi air interaktif, lengkap dengan susunan batu meditatif lucu, disertai dengan ikan berenang yang pemalu. Anda akan benar-benar dimanjakan ketika jari-jari menyentuh monitor bak menyentuh air jernih sungguhan, disertai dengan pantulan air ketika disentuh membuat layarnya semakin intuitif dan menyenangkan.

Adapun Rebound, adalah permainan 3 dimensi menggabungkan fungsi touch screen di mana cara permainannya menggunakan ujung jari untuk mengontrol bola Tesla dengan medan listrik untuk mengalahkan bola logam permainan lawan baik melawan komputer ataupun bermain dengan rekan kita.

Sedangkan Blackboard, adalah sebuah permainan rumit yang menggunakan perhitungan fisika di mana anda harus memecahkan teka-teki dengan menciptakan sebuah mesin ajaib di papan tulis. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan ketika anda presentasi dapat menjadikannya sebagai papan tulis dimana kapur atau spidol digantikan fungsinya dengan tangan. Dan terakhir adalah Garden Pond, adalah sebuah permainan yang berlangsung di taman air seperti di negara Jepang. Bagaimana apakah anda tertarik? Silakan mencoba, semoga berhasil.

9 komentar:

  1. wah keren banget yah..teknologi kini......semakin canggih dan canggih....

    BalasHapus
  2. wah sungguh cnggih bngt nih, sip Infonya Mas, trmksh,(Guh)

    BalasHapus
  3. Dede Ariyanto13 Mei 2010 14.00

    @ Richa: Ya benar, begitulah kira-kira.
    @ Guh: Ya sama-sama

    BalasHapus
  4. kalo pake OS bajakan bisa gak pak mas???
    tolong bantu ya....
    hehe

    BalasHapus
  5. @ Yayan Wahyuddin:
    Kurang tau, sebab belum coba tuh ^_^

    BalasHapus
  6. yah... mesti touchscreen juga ujung"nya mah layar juga mesti touchscreen :( kaga bisa ya pake layar biasa... ? :D

    BalasHapus
  7. Maksudnya?
    #garuk-garuk kepala :)

    BalasHapus
  8. kapan sy bisa buar kayak gitu yaah...mungkin harus tidur dulu

    BalasHapus
  9. GIMANA DENGAN INI. YOU NEED A COMPUTER WITH A TOUCH SCREEN

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!