Minggu, 06 Juni 2010

Atasi Cartridge Printer Error

SIAPA yang tidak kesal jika saat ngeprint tiba-tiba terganggu lantaran printer error? Membawanya ke service center bukan solusi, jika ternyata kita mampu mengatasinya. Apalagi mengganti dan membeli baru cartridge yang ternyata harganya setengah dari harga printer (standar) itu sendiri. Yang dibutuhkan ternyata hanya trik ringan saja.


Bagi pengguna komputer, printer merupakan perangkat yang tak kalah penting fungsinya dalam mencetak dokumen atau pun gambar. Dalam kehidupan akademik, perkantoran bahkan di perumahan, printer selamanya tidak berjalan mulus sesuai harapan. Pasti suatu saat akan mengalami troble atau kerusakan pada printer. Salah satu gejalanya adalah macetnya tinta saat mencetak halaman dokumen atau terdapat garis putih lurus pada hasil cetakan. Jika hal ini terjadi pada printer, bukan berarti printer rusak. Bisa saja masalah kecil pada cartridge.

Penyebab kerusakan printer banyak faktor yang mempengaruhinya, kebanyakan salah satunya adalah kemacetan tinta yang menyumbat pada head cartidge. Itu terjadi karena printer lama digunakan. Karena terlalu lama printer tidak digunakan untuk printing (mencetak) dokumen terutama printer personal (rumahan) sehingga tinta mengering atau mengental di head cartidge. Jika sudah seperti ini bagaimana cara mengatasinya?

Caranya mudah sekali, siapkan air hangat (agak panas) pada sebuah wadah bisa menggunakan gelas, mangkok atau piring kecil. Kemudian celupkan bagian bawah head cartidge (tempat keluarnya tinta berwarna logam kuningan) kedalam air. Jangan dicelupkan semua, cukup 2 cm dari bagian head cartidge. Tujuannya jelas agar tinta yang kering, macet atau mengental tersebut cair kembali normal dan lancar. Jangan khawatir air masuk ke ink box (tabung tinta) karena tekanan udara dalam ink box lebih besar sehingga air tidak akan masuk atau meresap. Rendam selama 3 menitan atau lebih sesuai dengan kebutuhan hingga tinta keluar mencair dalam air. Selanjutnya, bersihkan head cartidge dengan tissue lembut dengan gerakan searah secara perlahan. Jika tinta sudah menempel pada tissue dan head cartidge bersih maka cartidge sudah siap digunakan kembali.

Memperbaiki cartidge yang error karena macet dengan cara seperti ini dapat membantu dan menghemat tentunya. Mengapa dapat menghemat? Karena harga cartidge hampir setengah dari harga printer (standar). Garansi umumnya hanya berlaku satu tahun dengan catatan pada kerusakan mesin printer. Garansi tidak berlaku jika yang rusak adalah cartidge. Ini tentu sangat disayangkan. Apalagi bagi kalangan pelajar dan mahasiswa sebagaimana diketahui bersama Yogyakarta adalah kota pelajar, dimana banyak orang merantau dari berbagai daerah datang untuk menimba ilmu di kota tercinta ini. Dari pada harus mengganti dan membeli lagi cartidge baru. Apa salahnya jika mencoba cara ini. Penulis sendiri sudah membuktikan dan sering membantu rekan dengan cara ini. Sayangnya belum banyak dari masyarakat yang mengetahuinya.

Agar kerusakan semacam ini tidak terulang maka perlu perawatan yang baik dan benar. Pertama, ketika mencetak dokumen usahakan jangan mencetak sekaligus. Karena printer tidak mampu bekerja untuk itu. Misalnya ketika kita mencetak skripsi, maksimal 50 lembar sekali cetak. Karena jika dipaksakan akan macet. Jika terjadi 'Blinking' (lampu cartidge berkedip-kedip dan printer macet) cukup tekan tombol 'Resume' kurang lebih 3 menit. Tombol 'Resume' ini umumnya terletak bersebelahan dengan tombol 'Power'. Jika cara ini belum juga berhasil, gunakan software ‘Resetter’. Software resetter dapat didownload pada masing-masing halaman situs produdusen printer. Resetter perlu dilakukan karena piranti lunak yang tersistem dengan printer perlu diset ulang ke kondisi semula. Biasanya resetter diperlukan manakala printer sudah digunakan untuk mencetak dokumen sebanyak 1000 lembar. Mudahnya jika terjadi blinking maka resetter ulang printer diperlukan. Kedua, gunakanlah printer secara teratur untuk mencetak dokumen atau gambar. Paling tidak seminggu 3 kali untuk menghindari pengeringan pada head cartidge atau pengentalan pada tinta.

Memang printer sekarang sudah sangat canggih sekali, kita bisa melakukan foto copy, scanning, dan printing dengan printer sekaligus. Namun semahal dan secanggih apapun printer, jika tidak mendapatkan perawatan yang baik dan benar bukan hal yang mustahil printer mudah rusak. Jangan ragu jika terjadi kerusakan pada mesin printer terutama yang masih garansi bawalah segera ke service center terdekat. Mencegah dan berhemat lebih baik jika itu dapat dilakukan. Selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat. Amiin.

4 komentar:

  1. Artikel yg bagus semoga bermanfaat buat para netter. Bagi yg ingin tau lebih banyak tentang seluk beluk perawatan,tips,dan trick tentang printer silahkan mampir di Printer Clinic

    BalasHapus
  2. Dede Ariyanto10 Juni 2010 21.02

    Terimakasih sudah berkunjung. Tapi lain kali dan bagi siapa ajah dilarang promosi di blog ini. Key :D kecuali pasang iklan he he

    BalasHapus
  3. Luar biasa Mas ..
    Sukses dan berkarya selalu ..
    :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!