Minggu, 27 Desember 2015

Tahun Baru, Smartphone Baru, ya OPPO R7s

“Ting” bunyi notifikasi di hpku. Dibuka, ternyata ada email masuk. “Yes!” diundang ikutan acara eksklusif peluncuran smartphone terbaru OPPO R7s barengan media dan teman-teman blogger di Empirica, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Barengan Icha, saya berangkat menuju lokasi untuk membuat liputan video kemeriahan dan keseruan launching OPPO R7s. Langsung aja yuk! lihat video saya dan Icha di bawah ini.

Keseruan dan Kemeriahan Launching OPPO R7s

Bagaimana seru dan meriahkan? Berkat video ini di YouTube, PT. Indonesia OPPO Electronics tertarik dan mengundang kami di markasnya yang ada di Menara Jamsostek Jl. Gatot Subroto, Jakarta guna pembuatan video konten di YouTube. Agar mendapatkan pengalaman menggunakan smartphone OPPO R7s saya dan Icha dipinjamkan satu buah smartphone OPPO R7s bergantian.

Video Garapan Saya Bareng Neng Icha

Oh iya, sebentar lagi tahun baru. Tinggal menghitung hari kita akan memasuki tahun baru 2016. Tentu semua sudah merencanakan merayakan tahun baru dengan caranya masing-masing.

Yang umum biasanya menyalakan kembang api. Sebagian ada yang berlibur ke puncak, Bogor, Bandung, bakar-bakaran jagung atau barbeque asal jangan bakar hati sang mantan atau pergi ke pantai bareng pacar. Kalau dulu pas saya masih di Jogja biasanya pergi ke Malioboro lihat kembang api sambil nongkrong dan minum kopi Joss . Bisa jadi ada yang berencana beli smartphone baru, mungkin?

Nah, ngomongin smartphone baru, semoga postingan ini bisa jadi referensi buat kamu yang lagi galau cari smartphone baru. Ada tujuh alasan kenapa saya pengen banget punya OPPO R7s.

#1 FLASH PERFORMANCE
Alasan pertama adalah flash performance. Pertimbangan pertama saat kita beli smartphone pasti menanyakan berapa prosesornya pada si penjual, kan? Mengapa harus prosesor? Ya, kalau diperumpamakan, prosesor di smartphone itu ibarat otak pada manusia. Sebuah organ terpenting dari yang penting meski semuanya penting tapi otak yang paling penting.

OPPO R7s menggunakan prosesor Octa-core atau 8 inti prosesor. Jenis prosesor atau chipset yang digunakan tepatnya adalah Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615.

Setelah rilis beberapa hari, saya baca ulasan di blog atau media belum ada yang bahas lebih detail dari prosesor ini. Menurut situs ulas gadget terkenal di dunia GSM Arena, sebenarnya prosesornya ada dua CPU yang terintegrasi menjadi satu. Masing-masing CPU terdiri dari Quad-core atau 4 inti prosesor. Mengingat ada dua, maka totalnya menjadi 8 inti atau Octa-core.

Pembagiannya seperti ini, CPU pertama adalah Quad-core 1.5GHz Cortex-A53 dan CPU yang kedua Quad-core 1.0GHz Cortex-A53. Jadi kalau digabung kecepatan atau speed clock-nya bisa mencapai 2.5Ghz. Waw! Laptop saya aja cuman 1.90GHz

Saya yakin OPPO punya alasan tersendiri terkait dengan dua CPU yang terintegrasi menjadi satu. Kalau analisa saya, yang pasti pembagian tersebut sangat penting guna pembagian tugas dan fungsi CPU itu sendiri. Tidak dibebankan pada satu CPU inti. Benar-benar cerdas! Hasilnya bisa ditebak kinerja yang super cepat dengan menekan suhu panas semaksimal mungkin yang membuat kinerja batre tidak cepat memble.

Masih bingung? Perumpamaannya seperti ini, ada banyak tugas di kantor, mana yang lebih cepat, dikerjakan satu orang atau dua orang? Pasti dua orang dong. Begitu pun juga dengan CPU pada OPPO R7s.

Bukan pertama kali OPPO merilis R7 series. Setidaknya tercatat sudah ada empat seri R7 keluaran OPPO, yakni: R7 Lite, R7, R7 Plus dan R7s. Di antara R7 yang lain, R7s yang memiliki RAM tertinggi sebesar 4GB. Berarti secara otomatis OPPO R7s adalah smartphone yang memiliki dukungan RAM terbesar di R7 series saat ini.

OPPO R7s Dokumentasi Pribadi

RAM yang besar juga membantu multitasking yang baik. Dengan RAM sebesar itu kita tidak perlu lagi takut menjalankan aplikasi sekaligus secara berbarengan. Biar gamblang dan jelas saya perumpamakan lagi. Bayangkan anak kecil yang mengangkat beban berat dengan orang dewasa, lebih gesit dan cepat mana? Tentu orang dewasa. Begitu juga dengan RAM. Meskipun prosesor penting RAM juga tak kalah penting.

Maka tidak heran kalau OPPO mengklaim R7s 100% loading lebih cepat dengan tetap memperhatikan pemakaian batre yang hemat. Saat saya tes menggunakan stopwatch waktu yang dibutuhkan OPPO R7s dihidupkan dalam kondisi mati hanya 25,75 detik dan saat menjalankan aplikasi diperlukan waktu kurang dari satu detik. Score tepatnya yang saya dapatkan rata-rata menjalankan aplikasi hanya dibutuhkan waktu 00,60 detik saja. Lagi-lagi saya harus katakan Waw!

Selama ini, tidak bisa dipungkiri masalah smartphone Android adalah lemot alias lelet bin lola Apalagi kalau sudah dipake dalam waktu berbulan-bulan bukan berbintang-bintang, yah. Biasanya mentok jalan terakhir adalah dengan cara direset, flash ulang atau dikembalikan ke setingan pabrik. Sama halnya laptop kalau sudah begitu ya diinstal ulang beres.

Tapi tunggu dulu. Seiring perkembangan teknologi dan permintaan konsumen, para vendor ponsel sudah mulai sadar dan memperbaiki kelemahan sistem Android yang ada dengan mengahadirkan fitur tambahan. Bukan cuman itu, para developer, pengembang atau pembuat aplikasi berlomba-lomba menghadirkan aplikasi pembersih RAM dan sampah sistem Android. Lagi-lagi semua itu demi performa smartphone yang cepat.

Lola atau loading lama yang banyak dikeluhkan orang-orang setelah menggunakan smartphone-nya berbulan-bulan itu karena sampah yang dihasilkan dari sistem operasi Android itu sendiri. Sama dengan kehidupan nyata kalau sampah semakin banyak dan menumpuk tidak dibersihkan maka bau busuk, bencana banjir dan penyakit yang akan datang.

Setelah saya otak-atik fitur OPPO R7s ternyata tanpa menggunakan aplikasi pembersih sampah dan RAM tambahan, OPPO sudah menyediakan fitur ini bahkan kita bisa menyetingnya berapa jam atau berapa hari sistem membersihkan secara otomatis. Jika menggunakan setingan bahasa Indonesia fitur ini ada di aplikasi “Pusat Keamanan” atau “Security Center” jika menggunakan bahasa Inggris.

Dokumentasi Pribadi: Screen Shoot Security Center OPPO R7s

#2 FLASH CHARGING
Pernah mengalami kondisi, terburu-buru penting harus segera menghubungi seseorang tapi batre smartphone sudah lemah atau low-bat. Sekarang di mana-mana sudah ada stop kontak listrik. Baik itu di stasiun, di dalam kereta, bandara, rumah sakit, tempat-tempat umum sudah banyak yang menyediakan. Bisa juga membawa pengisi daya portable. Bayangkan, hanya dengan mengisi smartphone OPPO R7s selama 5 menit bisa digunakan untuk telponan selama 2 jam tanpa takut ketinggalan jadwal kereta atau nelpon asyik tanpa ribet dengan kabel pengisi daya portable. Terus kalau ngisi daya baterai dari 0%-75% hanya membutuhkan waktu 30 menit saja.

Saya kulik lebih jauh rahasianya ternyata ada di fitur bernama VOOC Flash Charge. Pas launching di Empirica, Jakarta, kesempatan emas tidak saya sia-siakan. Saya tanya banyak sama SPB apa itu SPB? Sales Promotion Boy dengan sabar dan antusias semua pertanyaan saya dijawab dengan baik tanpa ada secuil pun raut wajah kesal di wajah SPB.

Pertama mengapa pengisian daya bisa cepat karena kabel data atau kabel pengisi daya batre disusun berbeda dengan kabel smartphone pada umumnya. Pada kabel smartphone biasa hanya ada 4 port sedang di OPPO R7s ada 8. Sehingga pengisian 2x lebih cepat dan ini masuk akal. Saya pun tergelitik penasaran langsung menghitung dan dibandingkan dengan kabel data punya Icha ternyata bener jumlahnya.

Dokumentasi Pribadi: VOOC Flash Charge

Meskipun OPPO R7s berbeda kabel port-nya tapi masih bisa menggunakan kabel smartphone lain jika kabel bawaan tertinggal atau lupa dibawa. Tetapi hasilnya tidak secepat kabel aslinya. Di rumah saya coba menghubungkan kabel USB-OTG ke OPPO R7s memang bener bisa terhubung dan membaca semua isi yang ada di flash disk dengan cepat. Sebaliknya, tidak disarankan kabel OPPO R7s digunakan untuk mengisi daya smartphone lain, mengingat struktur port konektornya pun sudah berbeda. Itu saran yang diberikan langsung oleh mas SPB.

Kemudian saya tanya lagi, apakah tidak berbahaya buat smartphone dan colokan kabel adaptornya sendiri. SPB menyakinkan saya bahwa 100% aman. OPPO sudah mengujinya di lab sebelum dipasarkan. Kalau diperhatikan adaptor OPPO R7s agak memanjang memang karena di dalamnya sudah dilengkapi dengan teknologi penyeimbang tegangan arus listrik keluar masuk. Jadi, di smartphone OPPO R7s dan adaptornya sudah tertanam teknologi tersebut bukan cuman di adaptor colokan kabelnya saja. Kalau melihat situs resmi OPPO sendiri ada 5 perlindungan seperti pada gambar di bawah ini.

5 Perlindungan VOOC Flash Charge. Sumber: OPPO

#3 FLASH CAMERA FOCUS
Kamera utama OPPO R7s hadir dengan resolusi 13 megapixel yang setara 50 megapixel, alhasil jika di-zoom minim terdapat noise dan tajam hasilnya. Mampu menangkap objek fokus dengan kecepatan 0,1 detik, mendekati kecepatan berkedip mata manusia. Semua itu berkat adanya teknologi auto focus PDAF yang tepat dan sistem Pure Image Technology 2.1+. Dengan OPPO R7s, tak perlu lagi takut ketinggalan momen penting berharga kita.

Masih soal kamera saya sempat dibuat kagum dengan fitur “Gif Reverse”. Sesuai dengan nama fiturnya “Gif Terbalik” jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Berupa hasil record video yang hasilnya terbalik dalam format GIF. Kalau diperhatikan dalam video saya di atas, ada adegan di mana SPB menjatuhkan kabel tapi menghasilkan rekaman video terbalik. Seolah-olah kabel naik dan tertangkap tangan dari bawah ke atas dengan sendirinya. Terlihat magic memang. Cocok juga buat liburan tahun baru pas naik wahana water boom, hasil videonya terjun dari bawah ke atas bukan dari atas terjun ke bawah. Gokil, bener-bener anti mainstream kalau kata anak zaman sekarang.

Dokumentasi Pribadi: Hasil Fitur Camera Gif Reverse

Bagi yang expert di dunia fotografi ada fitur “Expert Mode” yang memberikan kebebasan bagi kita untuk menyeting pengaturan kamera sebelum memotret. Seperti mengatur shutter speed, exposure compensation, AWB dan MF. Juga bisa menyimpan hasil foto dalam format RAW. Seakan semua fitur kamera profesional pindah ke OPPO R7s.

Ada juga fitur “Audio Foto”. Nah, buat kamu yang masih jomblo bisa tuh pas tahun baru ungkapin perasaan kamu dengan foto yang kalau diklik ada suaranya. So sweet, kan?.. Bisa juga buat ucapan selamat ulang tahun atau foto puisi. Tergantung dari kreatifitas kita tentunya.

Ngomongin tahun baru jadi inget kembang api. Di camera OPPO R7s ada fitur “Slow Shutter” kita bisa melukis cahaya menggunakan fitur ini. Caranya gampang banget, buka kamera kemudian tap Slow Shutter, buatlah lukisan cahaya kamu menggunakan senter atau kembang api di udara. Maka apa yang sudah kamu tulis atau lukis di udara itu hasilnya berupa goresan cahaya indah yang tertangkap oleh kamera OPPO R7s.

Melengkapi semua fitur kamera yang sudah dijelaskan, ada juga fitur kamera yang tak kalah menarik, antara lain: Ultra HD, Beutify, Various Filter, Panorama, HDR, Double Exposure dan Super Macro.

Video Istimewa Fitur Kamera. Sumber: OPPO

#4 STYLE IN A FLASH
Sesuai dengan tagline OPPO R7s mengusung “Style in a Flash” bukan sembarang tagline tapi ruh dan nyawa OPPO R7s. Coba lihat foto-foto OPPO R7s di bawah ini. Apa yang terlintas di pikiran kita. Sebuah desain yang mewah, premium, berkelas dan gaya (style). OPPO R7s memang keseluruhan body didesain premium menggunakan material kuat metal alloy. Hadir dengan dua pilihan warna cantik Gold dan Rose Gold.

Foto Istimewa OPPO R7s Sumber:OPPO

Sejak pegang OPPO R7s, saya merasakan kecil smartphone lama saya. OPPO R7s memang memiliki layar ideal. Tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Nyaman di tangan dan masih bisa dioperasikan menggunakan satu tangan. Ini karena bagian belakang di desain halus sekali. Pada setiap tepi belakang terdapat lekukan ke atas kesan kaku saat menggenggam benar-benar hilang. Pada bagian depan mengusung teknologi layar 2.5D berupa lekukan indah di setiap sampingnya. Bezel kedua sisi samping kanan dan kiri tipis hanya 2,2mm. Benar-benar stylish.

Kesan pertama saya memandang smartphone OPPO R7s adalah clean and beautiful. Tidak ada tombol satu pun di permukaan layar. Tombol kapasitif seperti “Home”, “Back” dan “Menu” tersembunyi di dalam layar. Akan tampil ketika layar aktif. Hanya ada logo OPPO di bagian bawah sedangkan pada bagian atas layar ada LED notifikasi, kamera, speaker, dan sensor cahaya.

#5 FLASH IN A USER EXPERIENCE
Pagi, Selasa (22/12/2015) saya masih ingat dan terharu betul melihat video yang ditampilkan pada timeline fans page Facebook OPPO Indonesia. Bertepatan dengan hari ibu saat itu. Idenya cukup sederhana, bahwa memperingati hari ibu bisa dengan meluangkan waktu kita meskipun sedikit buatnya. Karena itu sangat berarti bagi ibu. Lihat langsung aja yuk videonya.

Official Video Memperingati Hari Ibu. Sumber OPPO

Dalam video tersebut terlihat seorang anak yang menghadiahkan OPPO smartphone buat ibunya untuk tujuan memudahkan komunikasi sehari-hari. Di usia yang tidak muda lagi ibunya dengan mudah bisa mengoperasikan OPPO smartphone. Itu juga yang saya rasakan ketika menggenggam pertama kali OPPO R7s. Simple dan mudah digunakan oleh anak-anak, orang dewasa bahkan orang lansia sekalipun. Terlihat jelas pesan dalam video di atas begitu mudahnya menggunakan OPPO R7s. Seperti tap satu kali dalam keadaan layar mati mengaktifkan layar smartphone. Sweep tiga jari mengambil screen shoot. Dalam keadaan layar mati menulis huruf "O" langsung mengaktifkan fitur kamera dan "V" mengaktifkan lampu LED yang berfungsi bisa sebagai senter saat mati lampu. Dan masih banyak lagi fitur gesture yang bisa dimaksimalkan.

Pantas jika OPPO smartphone R7 menyabet penghargaan The Best User Experience Smartphone yang diselenggarakan oleh IGRA (Indonesia Golden Ring Awards Apresiasi) November 2015 lalu.

Apa sih IGRA itu? Mudahnya seperti ini teman-teman, pemberian penghargaan atau apresiasi kepada Industri telekomunikasi yang ada di Indonesia setiap tahunnya. Telekomunikasi tidak hanya memilih operator bisa juga startup, vendor atau pelaku industri telekomunikasi bergerak lainnya. Misalnya saja, penghargaan smartphone terbaik, operator terbaik dan seterusnya. Jurinya tidak sembarangan, loh. Para wartawan atau jurnalis yang memang sering atau meliput kolom telekomunikasi berdasarkan penilaian pengamatan, keahlian dan pengalaman mereka pastinya.

#6 FLASH IN A PACKING
Diakui atau tidak, banyak dari kita habis beli smartphone pasti tidak ingin memakainya langsung smartphone yang sudah dibeli. Dengan satu alasan, takut baret, biar aman dan memiliki nilai jual apabila ingin dijual. Jadi harus beli anti gores layar dan casing dulu. Membeli layar anti gores dan casing itu memang tidak salah dan benar. Tapi perasaan menggebu-gebu ingin segera make tidak bisa dibendung lagi, kan?

Nah, kalau kita beli OPPO R7s hal-hal itu tidak berlaku. Karena di dalam paket pembelian OPPO R7s sendiri sudah ada casing transparan cantik yang tidak menghalangi keindahan desain dari OPPO R7s itu sendiri. Bentuk dan bahan casing pun elastis mudah dalam pemasangan. Di bagian atas layar juga sudah terpasang anti gores. Jadi kita tidak perlu repot lagi memasangnya pake minyak kayu putih. Minyak kayu putihnya buat baby aja yah Biar penasaran hilang tonton aja yuk official unboxing: OPPO R7s.

Official Video Unboxing OPPO R7s. Sumber OPPO

Dalam hal garansi, OPPO R7s unik. Jadi kartu garansi nyatu dengan buku petunjuk manual. Kita pun bisa mendaftarkan perangkat kita secara online di pusat garansi dengan mengisi beberapa data yang diminta. Biasanya, kalau pertama beli terus smartphone OPPO R7s terus tersambung internet akan muncul layar notifikasi mengenai garansi online ini. Kalau sudah terdaftar tidak perlu lagi bawa kartu garansi cukup bawa aja perangkat ke service center OPPO yang tersebar di Indonesia. Benar-benar asyik, kan? Ga usah repot-repot lagi mikirin atau nyari di mana kartu garansi atau nota pembayaran karena lupa. Sudah bukan zamannya lagi he he

#7 FLASH IN A INTERNET
Saat ini kita tahu bahwa koneksi jaringan internet sudah memasuki jaringan 4G. Jangan sampai kreatifitas dan kerjaan terganggu atau terbatas dengan jaringan yang lemot. OPPO R7s hadir dengan koneksi jaringan 4G tanpa memilih-milih jaringan operator tertentu. Jadi, kita bebas bisa menggunakan jaringan apapun di manapun. So simple, so easy guys

Selain jaringan 4G juga sudah mendukung fitur dual SIM card hybrid 4G. Artinya, kita bisa memilih satu jaringan 4G di antara dua SIM Card operator yang aktif secara bergantian. Slot SIM 1 menggunakan micro SIM card dan slot SIM 2 nano SIM card. Jika menggunakan micro-SD kita hanya dapat menggunakan satu SIM card saja. Tempat pemasangan micro-SD ada di slot SIM card 2 up to 128 GB.


Ini yang saya suka, di OPPO R7s tidak hanya bisa digunakan dengan kartu GSM saja tapi juga bisa CDMA, loh. Jadi pengguna benar-benar diberikan kebebasan untuk menggunakan operator seluler manapun.

O-Cloud
Walaupun hanya dipinjamkan device OPPO R7s satu minggu, tapi saya sudah cukup puas mengulik semua fitur yang ada di device tersebut. Satu fitur yang menurut saya keren itu adalah fitur “O-cloud”. Singkatan dari cloud sebenarnya. Cuman karena ini server-nya milik OPPO, maka namanya menggunakan awalan huruf “O” menjadi O-Cloud. Bisa jadi huruf "O" itu sendiri mewakili dari nama perusahaan OPPO. Sama seperti sapaan buat pengguna atau member OPPO Community sendiri dengan panggilan Ofans.

Cloud sendiri secara istilah berasal dari bahasa Inggris yang jika diartikan adalah awan maknanya. Tapi bukan awan beneran, yah. Awan di sini adalah awan internet maksudnya. Sekarangkan era-nya apa-apa serba cloud. Bayangkan, kita bisa membuat dan mengedit proyek atau dokumen keroyokan berkat adanya cloud.

Nah, O-Cloud bisa menyimpan semua kontak dan SMS yang ada di OPPO R7s secara online. Jadi kita tidak usah takut kehilangan SMS sang mantan lama dan nomor kontak penting yang ada di OPPO R7s. Jika suatu saat smartphone kita hilang. Jangan sampai yah. Siapa sih yang rela kalau smartphone-nya hilang. Rasanya nyesek banget di dada. Pernah ngalami soalnya. Buat jaga-jaga aja OPPO sudah menyediakan fitur ini.

Screen Shoot Fitur O-Cloud

Hanya SMS dan Kontak saja mas Dede? Iya, kan kalau kita mau menggunakan layanan dokumen dan file masih bisa menggunakan apps atau aplikasi lain yang mendukung itu. Tinggal download dan instal jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan. Tapi kalau yang mendukung SMS backup belum banyak masih bisa dihitung jari. Nah ini yang penting menurut saya, hal ini terkait kerahasiaan dan keamanan isi SMS itu sendiri. Di O-Cloud data SMS dan nomor kontak yang tersimpan dienkripsi (rahasia), jadi tak usah takut tenang aja.

Gesture
Ada lagi fitur gesture. Fitur ini akan aktif kalau kita mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan OPPO R7s. Gunanya buat apa, sih? Sesuai dengan namanya gesture adalah gerakan atau sentuhan. Misalnya kita bisa menghidupkan atau mengaktifkan OPPO R7s dalam keadaan layar mati cukup dengan tap dua kali di layarnya. Jadi lebih cepat dan gampang membuka OPPO R7s. Selain itu bisa membuat awet tombol power atau tombol Home yang biasa digunakan untuk mengaktifkan smartphone dalam kondisi standby.

Saat menonton video sweep atau usap di sisi kiri dari atas ke bawah bisa menurunkan atau menaikkan volume atau suara. Usap di sisi kanan dari atas ke bawah bisa menurunkan atau menaikkan kontras cahaya. Begitu juga usap dari kanan ke kiri atau sebaliknya bisa mempercepat atau mengulang video.

Seperti yang sudah saya bahas sedikit di atas. Saat mati lampu bisa langsung menggambar huruf "V" dalam kondisi layar mati untuk mengaktifkan lampu LED kamera yang bisa difungsikan sebagai lampu senter. Lebih cepat dan praktis tanpa harus masuk dulu ke menu smartphone dan mencari-carinya lagi. Gambar huruf "O" langsung membuka kamera dan siap digunakan untuk memotret seketika juga. Ini penting biar kita tidak ketinggalan moment karena moment tidak akan terulang kedua kali. Dan masih banyak fitur gesture lainnya. Enaknya lagi kita bisa menentukan dan menggambar sendiri pola atau jenis gesture dan fungsinya sesuai dengan keinginan kita.

Eye Protection
Fitur ini saya juga suka. Pengujian dan Penelitian yang sudah dilakukan oleh OPPO membuktikan bahwa sinar keputihan atau kebiruan yang terus-menerus dapat mempercepat kondisi di mata menjadi cepat lelah. Saya yang memiliki mata minus dan menggunakan kaca mata bisa merasakan perbedaannya sesudah dan sebelum menggunakan fitur ini.

Fitur ini menjadikan warna layar OPPO R7s menjadi sedikit redup dan kekuning-kuningan, membuat mata terasa lebih nyaman meskipun dalam penggunaan lama. Kita bisa memilih setingan perlindungan mata atau eye protection mulai dari basic, medium dan high. Saran saya meskipun mata kamu normal sebaiknya selalu gunakan fitur ini. Kalau saya sendiri suka yang setingan eye protection high lebih adem aja di mata.

Timing Power On/Off
Semahal dan sebagus apapun smartphone yang kita punya, jika terus hidup berhari-hari bahkan berbulan-bulan percayalah akan berdampak kurang baik terhadap daya tahan baterai dan device itu sendiri.

Maka tips dari saya sebelum beranjak tidur, sebaiknya matikan saja gadget yang kita punya. Tidak hanya itu baik juga bagi kesehatan dan kualitas-kuantitas tidur kita karena saat tidur tidak ada lagi notifikasi yang mengganggu.

Biasanya suka lupa untuk mematikan, di OPPO R7s sendiri ada fitur “Timing Power On/Off” yang berfungsi mematikan dan menghidupkan device secara otomatis sesuai setingan yang sudah ditentukan. Jadi enak praktis dan tak akan lupa lagi untuk mematikan dan menghidupkan device.

Untuk lebih jelasnya, saya rangkum spesifikasi OPPO R7s di bawah ini. Begitulah kira-kira tujuh alasan saya ingin mendapatkan OPPO R7s. Semoga tercapai dan bermanfaat postingan ini buat kamu yang lagi galau cari smartphone buat tahun baruan. Amin. Salam blogger.

Spesifikasi Lengkap OPPO R7s

18 komentar:

  1. Aku masih terkesan dengan video yutubmu Dede. Keren banget.

    BalasHapus
  2. sebelumnya Asus juga kan sudah 4 lho RAM nya...
    jadi OPPO bukan yang pertama :)

    BalasHapus
  3. wuiiihh... blog sekarang memang rasanya harus udah mulai dengan video ya ...
    makasih referensi smartphone-nya :-)

    BalasHapus
  4. Kang Arul: Maturnuhun Kang Arul :D
    Ade Anita: Oh, yah? Makasih
    Okti Li: Maksudku, terbesar di jajaran R7 series OPPO :D
    Ei Thea: Bener banget, sama-sama semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  5. Aku mupeng sama RAMnya, good luck ya

    BalasHapus
  6. Lidya Fitrian: Iya, RAM-nya emang guede banget :D

    BalasHapus
  7. Emang bener....... Aku sendiri ngerasain.... Mupeng banget deh pokoknya

    BalasHapus
  8. Pas banget lagi cari smartphone terbaru buat tahun baru di Google masuknya ke situs ini, lengkap pula. Terimakasih banyak, ulasannya super lengkap. Jadi mantap dan gak ragu belinya. :D

    BalasHapus
  9. Kedua uim card nya bisa jaringan 4G atau cuman salah satu aja mas?

    BalasHapus
  10. Rekomen banget ya buat emak emak gaptek kaya aku gini hehe

    BalasHapus
  11. Rekomen banget ya buat emak emak gaptek kaya aku gini hehe

    BalasHapus
  12. Wawan: Syukurlah alhamdulillah kalau begitu, semoga manfaat yah mas :D
    Horas Silalahi: Kedua kartunya sudah mendukung 4G. Tapi pengguna harus menentukan satu saja yang digunakan. Oh ya, saat aku tes pake operator CDMA lain bisa juga loh 4G-nya. Mantap!
    Diah Woro Susanti: Kece banget deh mbak, buat siapa aja oke :D

    BalasHapus
  13. mas dede, setelah baca tulisan ini sy jadi beli beneran..hehe
    oya, kalo kabel datanya dicolok2 ke kompi gak masalah kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak pa-pa mas. Voltase powernyakan lebih rendah dari listrik. Kalo ces ke listrik paling baik pake bawaan saja. Selain lebih cepet juga lebih aman. Wah, selamat yah atas smartphone terbarunya. :D

      Hapus
  14. Mas dede, oppo r7s saya kok kalo kena air di bagian pinggir layar airnya nyatu bentuk garis dari atas ampe bawah , apa emang kya gitu yah?

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!