Jumat, 05 Oktober 2018

"How to a Digipreneur" Dalam Rangka Digital Hub Goes to Campus UMN

SEBAGAI pengguna Apple yang bisa dibilang lama, kurang lebih ada kali yah aku pake iPhone ini lima tahun, rasanya seneng aja gitu bisa ikutan acara ini. Tema acaranya juga cukup seksi "How to a Digipreneur" bertempat di Campus Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Jum'at (28/9).

Kebetulan rata-rata yang ikutan acara ini adalah mahasiswa yang emez dan unyu-unyu. 😘 Jadi auto ceritanya pas ke sini pengen kaya mahasiswa sampe pinjem jaket adek yang masih kuliah. 😊

(Peserta Digital Hub Goes to Campus UMN)

Kesan masuk Campus ini mewah banget kayaknya baik dari sarana dan prasarananya. Apalagi arsitek bangunannya itu loh kayak sarang lebah. Hehe πŸ˜„ Katrok yah diriku. Tapi serius emang beneran kok.

Sebelum acara dimulai, aku liat antrean di luar cukup panjang. Untungnya untuk blogger nggak usah registrasi, langsung masuk aja kata panitia yang handle acara ini. Inilah enaknya jadi blogger punya privalage tersendiri. 😊 Lah secara, blogger yang ikutan acara aja bisa dihitung jari cuma tiga orang doang. πŸ˜‚

Almanda Shantika
Pembicara yang pertama kita adalah Almanda Shantika selaku founder Binar Academy. Dulunya pernah bekerja di GoJek. Siapa sangka, perempuan ini mahir loh bermain coding bahkan dirinya mengaku bisa meretas banyak situs untuk memanfaatkan media iklan di dalamnya sewaktu masih jaman susah sebelum bekerja di GoJek. 😱

Quote yang paling mengena saat doi ngasih materi adalah "If you want your life to be meaningful, you need to know the meaning of your life." Kalo diartikan kurang lebih artinya seperti ini, "Jika kamu ingin hidupmu berarti, kamu harus tahu arti hidupmu."

Walaupun sekarang dirinya udah nggak di GoJek lagi, tapi dirinya merasa bahagia karena sudah bisa ngebantu banyak supir driver. Artinya, GoJek udah bisa ditinggalkan karena sistem dan teknologinya udah bagus dan lanjut fokus mengembangkan Binar Academy.

Sebelumnya pas awal-awal GoJek beroperasi jangan ditanya, pesen atau order GoJek tak semudah dan secepat sekarang. Perlu waktu minimal 30 menit. Karena banyak supir atau driver yang mengeluh dan menelpon Almanda Shantika, kemudian tergerak lebih bersemangat lagi.

Jadi, intinya, kalo kalian kerja di manapun usahakan selalu berfikir itu bermanfaat buat orang lain. Misalnya, berkah adanya Go Food para pengusaha dan pemilik restaurant jadi untung berlipat ganda. 

Kira-kira seperti itulah perjalanan Almanda Shantika. Segala usaha pernah dilakukan mulai dari jualan kaset DVD di pinggir jalan sampai jualan tokek online di forum KasKus sebelum masuk GoJek.

Irawan Harahap
Narasumber atau pembicara yang ke-dua ada Irawan Harahap selaku Project Leader Digital Hub Sinarmas Land. Sesuai dengan temanya "How to a Digipreneur" Irawan menjelaskan kalo kawasan BSD sedang dipersiapkan menjadi kawasan yang serba digital termasuk di dalamnya sudah dibangun Apple Academy.

Pokoknya semuanya serba ada dan super lengkap. Mulai dari Coworking Space, Cafe sampe hiburan seperti XXI udah ada. Kalian bisa menuangkan, ide, gagasan dan membangun startup di kawasan BSD ini.

Bayangin aja, dengan luas lahan 25Ha Sinarmas Land mempersiapkan semua itu dimana nantinya dengan adanya Digital Hub ini akan memudahkan integrasi untuk masyarakat BSD City dan siapapun yang datang ke BSD City. 😱

Apple Developer Academy
Sesuai dengan tema dan hashtag yang dipake yaitu #DigitalHubGoestoCampusUMN kali ini kebetulan kunjungannya adalah ke Campus UMN. Bisa jadi, beberapa minggu atau bulan ke depan giliran Campus kalian yang akan dikunjungi.

Aku liat pihak Apple Developer Academy sedang mencari siapa aja yang mau bergabung di program ini. Untungnya, Program ini itu nggak hanya diperuntukkan untuk mereka yang ambil jurusan IT saja tapi semua juga bisa ikut bergabung. Bahkan nggak ada batasan umur loh. Wah, aku juga mau kalo gitu. ☺️

(Sharing Session Apple Developer Academy)

Jika kalian berhasil masuk program ini, kalian akan difasilitasi produk Apple seperti smartphone keluaran terbaru Apple, Mac bahkan smartwatch jIka diperlukan. Dapet uang saku undangan eksklusif WWDC dan masih banyak lagi.

Fasilitator atau pengajar yang ada di Apple Developer Academy pun asyik-asyik dan seru. Nggak hanya lokal tapi juga ada yang sengaja didatangkan dari luar negeri. Bahkan, diajarkan cara pitching ke beberapa investor terkait apps atau aplikasi yang sudah dibuat di Apple. Luar biasa yah.


(Aplikasi Tarik Tambang Buatan Mahasiswa UMN)


Nantinya juga bakalan ada Carir Day, jadi kalo udah lulus kuliah nggak bingung lagi buat cari kerjaan. Secara, cari kerja zaman sekarang itu sulit loh kalo nggak punya jaringan atau koneksi.

Oh iya, di acara ini juga ternyata ada perwakilan mahasiswa yang udah masuk Apple Developer Academy, bahkan udah ada yang buat apps-nya loh. Wow! Keren yah. Nama aplikasinya Tarik Tambang. Kalian bisa download apps tersebut di Apps Store. Ada juga yang bikin aplikasi kesehatan.

Akhirnya acara pun selesai di sertai dengan quiz dan pengumuman para pemenangnya. ☺️ Sekian dulu yah untuk postingan hari ini. Semoga bermanfaat dan akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

0 komentar:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog