Thursday 7 December 2017

Food Life Club, Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris

SIAPA yang suka nonton YouTube? Kalo iya jawabannya, berarti kamu sama kayak aku. Iya kamu, ah kamu. 😍 Kadang jujur aku lebih suka nonton YouTube daripada TV loh. Apalagi kalo channel YouTube-nya itu YouTuber terkenal asal Indonesia. Sebut aja kayak Chandra Liow, Agung Hapsah, Fathia Izzati, Kevin Hendrawan dan masih banyak lagi.

Mereka itu keren banget! Pasti kalo kamu perhatiin dengan cermat, di setiap video mereka selalu ada kalimat atau pas ngomong pake bahasa Inggris yakan? Campur-campur gitulah pokoknya sama bahasa Indonesia. Kadang bikin iri kenapa dari dulu nggak sungguh-sungguh ya belajar bahasa Inggris? Ya, meski kalo aku ngomong masih bisa dikit. Tapi nggak dikit amat juga sih. Nggak juga cuma bisa bilang "yes" or "no." 😂 Namanya juga penyesalan, pasti adanya di belakang sih. Kalo di depan itu namanya kesadaran. 😂

(Antusias Peserta Mengikuti Food Life Club)

Yang bikin aku lebih suka nonton YouTube daripada TV editan mereka itu parah jago banget. Cinematic banget! Terus nggak bosenin buat nontonnya. Ada lucu dan kocaknya juga tapi nggak jayus. Kalo Agung Hapsah lebih ke cerdas atau smart aja sih kalo menurutku. Sama pengambilan gambar dan editannya jago juga.

Fathia Izzati, vlogger manis selain punya suara bagus, doi juga pernah viral videonya sampe masuk acara program televisi Hitam Putih loh karena kemampuannya menguasai 21 aksen bahasa Inggris. Waw nggak tuh?!

Pernah suatu hari aku sama Icha nongkrong di Starbucks. Ada dua orang anak kecil kira-kira kira-kira umurnya lima tahunanlah ditemani sama Kakaknya. Entah karena apa mereka duduk di depan meja kita. Mungkin sembaari menunggu bapak dan ibunya yang masih berbelanja di mall. Tiba-tiba aku kagum karena anak itu ngobrol sama Kakaknya pake bahasa Inggris. Aku perhatiin keduanya bukan orang bule atau barat. Masih orang pribumilah 😜 Entah gimana tuh cara mengajari anak tersebut pake bahasa Inggris.

(Salah Satu Kelompok Food Life Club)

Ngomongin soal bahasa Inggris, kita semua tau kalau bahasa Inggris itu penting banget. Selain sebagai bahasa percakapan yang udah mendunia (go internasional), bahasa Inggris juga sebagai jendelanya dunia. Hallo! Sekarang itu apa-apanya udah serba bahasa Inggris. Mau ke negara manapun kamu, pasti bahasa Inggris yang banyak dipake sama orang-orang sebagai bahasa pengantarnya.

Ironinya, meskipun pelajaran bahasa Inggris sudah diajarkan sejak Sekolah Dasar, bahkan sekarang sudah sejak di bangku Taman Kanak-Kanak, bahkan hingga tingkat perguruan tinggi pun masih diajarkan. Kenyataannya, di lapangan masih sedikit orang yang bisa pake bahasa Inggris baik aktif maupun pasif.

Kalau udah begini, kita juga nggak bisa dong menyalahkan siswa atau para pengajar bahasa Inggris. Menurutku, ada yang kurang pas dalam proses atau teknik pembelajarannya. Belajar apapun itu, pertama harus senang dulu. Kalau udah senang, tujuan dari apapun itu akan mudah tercapai.

(Hasil Olahan Masakan Food Life Club)

Banyak cara memang untuk bisa belajar bahasa Inggris agar lancar dan mahir. Tentunya dengan proses yang menyenangkan. Salah satunya seperti program Food Life Club dari EF English Centers for Adults. Siapa yang nggak kenal sama English First atau EF? Aku kira, hampir semua orang kenal, minimal pernah dengar EF. 🤔

EF sudah berdiri cukup lama. Kalau lihat dari sejarah berdirinya, EF sudah ada sejak 1965 loh. Berarti sudah hampir 52 tahun. Wow! Kalau umur manusia itu sudah kakek atau nenek 😱 EF adalah lembaga pendidikan swasta terbesar di dunia. Kabarnya, lebih dari 500 sekolah dan kantor di 53 negara. Beberapa cabangnya ada di Indonesia.

Produk dan program pendidikan mereka pun banyak. Nah, aku mau cerita. Yang aku datangi ini salah satunya adalah EF English Center for Adults yang ada di Kuningan City. Sesuai namanya, adults, tentunya yang berhubungan dengan orang dewasa, seperti kuliah, dan pekerjaan (macam-macam). Khusus yang program adults ini baru jalan empat tahun.

(Foto Dulu Sebelum Pulang)

Ceritanya, di EF itu setiap bulannya ada beberapa event. Salah satunya adalah Food Life Club ini, di mana students dari berbagai level bisa melakukan kegiatan memasak bersama sambil latihan bahasa Inggris. Seru banget yah sepertinya? Iya dong! 🤗

Waktu aku datang ke EF yang ada di Kuningan City, (18/11). Naik ojek online agak bingung sih awalnya. Di peta atau Google Map sudah sampai. Tapi kok aku liat sekeliling nggak ada banner, tanda, atau tulisan EF. Oh, ternyata masuk ada di dalam mall-nya. 😂

Acara ini bisa diikuti oleh semua orang loh. Mulai dari level dasar sampai level mahir. Dan akan selalu ada guru yang mendampingi. So, tenang aja, don't panic 😅 Jadi, biar belajar bahasa Inggris nggak cuma di dalam kelas aja, tapi juga bisa belajar sambil melakukan kegiatan sehari-hari yang fun dan pastinya sambil nambah teman juga dong yah.

Kenapa harus food? Kenapa juga masak-masakan? Apa hubungannya dengan belajar bahasa Inggris? "Karena dalam kehidupan, kita pasti menjumpai makanan. Minimal, belajar hal-hal yang paling kecil kayak memotong sayur atau buah," kata mbak Cinthya menjelaskan saat ngobrol santai bareng aku. Dia di sini sebagai Social Media Specialist English First.

Untuk Food Life Club minggu ini, students akan melakukan kegiatan masak bareng-bareng dengan mengangkat tema Swedish Food. Aku kebetulan kebagian kelompok membuat olahan makanan pepparkasbollar. Acara kemudian diakhiri dengan makan bersama. Nah kalau kamu mau cobain keseruannya juga, kamu bisa langsung tanya-tanya ke @EFAdults di Instagram ya. Sekian dulu yah untuk postingan kali ini. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

19 comments:

  1. Waah.. Cooking2... Menarik ini. Kalo ada lagi ajak2 ya oom. Bisa sambil ngelancarin bahasa Inggris ini. Seru.

    ReplyDelete
  2. Program yang menarik dalam belajar bahasa Inggris ya... Makan enaaak... dan sehat tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bro. Perlu dicoba loh pasti seru banget. 😁

      Delete
  3. Belajar speak english jd lebih semangat ya kak

    ReplyDelete
  4. Seru banget belajar bahasa inggris jadi lebih diaplikasikan kehidupan sehari-hari apalgi ada kegiatan seru masak-mask kaya gini hmm... jadi menarik banget kan belajarnya.

    ReplyDelete
  5. ish mad dede ini asyik banget food life club. Bisa ngelatih bahasa inggris, masak-masak, punua temen baru, temen barunya ketjeh2 pulaaak .... ikutaaaaan dong!!!!

    ReplyDelete
  6. Program nya keren yooo jadi ga bosen kalau belajar kaya gini 😂

    ReplyDelete
  7. Seru bangey, jadi makin asyik belajar bahasa Inggris ya

    ReplyDelete
  8. Keren amat ini clubnya, belajar bahasa sambil mamam-mamam seru. :D

    ReplyDelete
  9. Kalau aku belajar Englishnya dengan baca buku novel bahasa ingrris dan kalau nonton film bahasa inggris gak pakai terjemahannya. Biar ngevlog bisa pakai english cita2ku ^^

    ReplyDelete
  10. ini belajar bahasa inggris sambil masak ya om..?

    ReplyDelete
  11. Wah bahasa inggris daku belepotan nih

    ReplyDelete
  12. Asik bgt programnya.. Masak sambil bljr bhs ingg dan punya byk teman, klo mau ikutan ada syarat umur ga? *ngakukidszamanold hahahaha...

    ReplyDelete
  13. memang asyik ya belajar langsung pada penggunaannya dimana gitu ya

    ReplyDelete
  14. Baru tau EF udah thn 65 :o
    Keren lah ya, apalagi dgn program spt ini, jdnya ga bosen ya kl belajar di kelar muluk.

    PS: kl di blkg namanya penyesalan, kl di depan namanya pendaftaran #eh *dibahas*

    ReplyDelete
  15. Keren programnya. Akupun pengen bangetas cas cis cus lancar ngomong emggres. Bisa sih, tp ya gak cas cis cus

    ReplyDelete
  16. Menarik deh programnya, bisa belajar bahasa inggris dengan suasana yang casual..

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  17. Wah enak bener yah, belajar bahasa Inggris sambil makan2 hahahaha

    ReplyDelete

Terimakasih yah udah ngunjungi blogku ini. Maaf banget, komentar yang isinya iklan, link hidup, sara, pornografi dan spam bakalan aku hapus!


Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog