Jumat, 31 Mei 2019

Menjaga Tekanan Darah Normal Ala Aku

GUYS.. Kalo dulu, yang namanya tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi biasanya hanya diderita sama orang tua aja yah. Tapi kalo sekarang itu kok kayaknya nggak pandang bulu yah. Mau orang tua, usia remaja, bahkan anak-anak nggak nutup kemungkinan bisa terkena penyakit hipertensi yang semestinya mereka itu masuk dalam tekanan darah normal.

(Olahraga Lari Aku Suka Banget)

Kalo menurutku wajar aja itu semua bisa terjadi. Soalnya, tantangan hidup di zaman sekarang itu jauh lebih rumit dibanding dengan orang zaman dulu. Belum lagi lingkungan yang nggak kondusif utamanya buat kalian yang tinggal di kota-kota besar dan selalu terjebak macet. Sehingga orang bisa dengan mudahnya stres. Belum lagi dengan gaya hidup nggak seimbang, kurangnya istirahat dan berolahraga. Terus, seringnya makan-makanan instan atau junk food dengan kadar garam tinggi juga sangat ngaruh banget lho.

Nah, buat kalian yang nggak mau kena hipertensi atau tekanan darahnya pengen tetep normal aku bisa share pengalaman pribadi aku dalam menjalani hidup sehat.

Olahraga
Yap, olahraga. Aku pernah denger di acara seminar kesehatan dan ini disampaikan langsung oleh para ahli lho bahwa sebenarnya semua orang itu bisa olahraga tapa alasan apapun itu. Setidaknya, minimal kita itu bisa olahraga seminggu satu kali. Kalo aku biasanya olahraga lari pagi. Soalnya gampang dan mudah dilakukan.

Buat yang nggak bisa olahraga pagi bisa siang, sore atau malam kalo nggak sempet. Tenang, itu aman dan nggak ganggu kesehatan kok kata dokter di acara seminar. Malahan, orang-orang Belanda yang sibuk buat olahraga mereka memilih olahraga malam harinya.

Pola Makan Sehat
Seperti yang udah dibahas sebelumnya, kurangi makan-makanan cepat saji atau junk food terutama yang mengandung kadar garam atau gula tinggi. Aku juga jujur belum bisa sepenuhnya meninggalkan itu, setidaknya dikurangi dan bisa diatur satu bulan sekali atau dua kali aja kalo pengen.

Medical Check Up
Semisal kalian itu pun nggak punya hipertensi, tetep disarankan lho rutin periksa ke dokter. Bagi yang tekanan darahnya normal bisa dilakukan selama 5 tahun sekali. Terus kalo kamu yang prehipertensi bisa 1 kali setahun periksanya. Nah, buat kamu yang udah terlanjur kena hipertensi bisa konsultasi lebih lanjut sama dokter biar dapat penanganan yang tepat. Kalo selama ini belum periksa coba sesekali diperiksa jadi kalo pun nanti hasilnya prehipertensi atau hipertensi bisa sejak dini nggak parah-parah amat.

Tinggalkan Rokok dan Alkohol
Bagi yang udah terbiasa minum-minuman beralkohol memang amat sangat berat buat ninggalin kebiasaan ini. Udah jadi candu dan sulit banget buat ditinggalkan. Tapi percaya deh, di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Buktinya, banyak kok orang yang bisa dan bertobat dari minum-minuman alkohol. Begitu juga dengan rokok hampir sama sih 11-12 kalo menurutku bahayanya.

Kenapa sih minuman alkohol harus ditinggalkan? Selain melanggar norma agama minum-minuman keras yang mengandung alkohol bisa membuat peminumnya hilang akal atau nggak sadarkan diri. Kalo itu terus dilakukan dan terakumulasi bisa gawat buat penggunannya. Udah gitu, nikotin dalam rokok dan alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut, kaku, akhirnya meningkatkan tekanan darah dalam tubuh kita.

Iman dan Taqwa
Tanpa disadari, ini erat banget lho hubungannya. Dengan beriman dan bertaqwa seseorang cenderung lebih tenang dalam menghadapi apapun cobaan dalam hidup. Sehingga faktor mudah stres jauh lebih berkurang. Orang yang beriman pun harus taat sama larangan kayak nggak konsumsi minuman beralkohol dengan begitu bukankah orang yang beriman bisa terhindar dari hipertensi dan tekanan darah normalnya lebih baik dari orang yang nggak beriman dan bertaqwa. Oke guys itu dia tips dari aku smoga bisa bermanfaat dan akhir kata salam blogger! ● Dede Ariyanto

0 komentar:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog