Rabu, 23 Desember 2009

Model Komunikasi

Sesuai dengan janji saya pada postingan lalu berikut adalah hasil ringkasn kelompok belajar komunikasi yang sudah kami diskusikan, pada pertemuan pertama ini pemakalah adalah Muttaqien.

Dari banyak teori komunikasi berikut adalah teori komunikasi SMCR. Teori komunikasi SMCR ini adalah singkatan dari :

S = Source
M = Massage
C = Chanel
R = Recaiver

Teori ini ditemukan oleh Edward Sappir, menurutnya model teori komunikasi ini dilihat dari media-nya terbagi menjadi dua :
  1. Media Primer
  2. Media Sekunder
Komunikasi sebagai media saluran primer adalah komunikasi yang menggunakan lambang. Lambang terbagi lagi menjadi dua. Verbal dan non verbal. Biasanya dalam komunikasi yang menggunakan lambang atau simbol adalah komunikasi yang digunakan secara personal (Face to face communication).

Sedangkan sebagai media saluran sekunder adalah komunikasi yang menggunakan media kongkrit, baik media masa seperti surat kabar, TV, radio maupun media nirmasa seperti surat, telepon atau pun poster.

Jadi komunikasi personal hanya menggunakan satu media saja. Misalnya hanya dengan menggunakan bahasa, sedangkan pada komunikasi yang bermedia , misalnya wartawan, penyiar atau pun reporter, menggunakan dua media, yaitu media primer dan media sekunder.

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!