Rabu, 06 Maret 2019

BSD City Bakal Tambah Baik dengan Adanya Kerjasama Antara Sinar Mas Land dan Grab

SIAPA di sini yang sering pake Grab, cung? Sama dong kayak aku, hampir setiap hari aku tuh selalu pake Grab. Baik GrabCar atau GrabBike. Alasannya, jelas lebih praktis dan hemat. πŸ™Š Kita juga tau kalo Grab sekarang nggak cuma ada di Jabodetabek aja tapi juga udah mulai merambah ke kota-kota besar yang ada di Indonesia lho. 😱

the integrated smart digital city
(Penandatanganan MoU antara Sinar Mas dan Grab Indonesia)

Masih ngomongin soal Grab nih guys, apa jadinya yah, kalo Grab kerja sama dengan salah satu pengembang properti ternama yang ada di Indonesia yang udah punya pengalaman lebih dari 40 tahun. 😱 Pastinya, joss gandos-lah yah. Kawasan tersebut yang dimaksud adalah BSD City. Kebetulan tempat aku tuh nggak jauh-jauh amat dengan kawasan BSD City. Dan beruntungnya, aku bisa hadir di acara MoU mereka bertempat di ICE BSD City, 4 Maret 2019.

Adapun beberapa isi perjanjian kerjasama antara Sinar Mas Land dan Grab adalah sebagai berikut:
  • Sinar Mas Land dan Grab akan membangun infrastruktur digital yang meningkatkan kehidupan masyarakat di BSD City.
  • Grab akan menyediakan solusi mobilitas yang cerdas dan tertata di BSD City, mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah, serta mendorong pembangunan teknologi untuk memperkuat posisi BSD City sebagai integrated smart digital city pertama di Indonesia.
  • Grab akan membuka Grab Inovation dan engineering Lab di BSD City untuk melakukan penelitian dan membangun inisiatif mobilitas yang cerdas dan tertata.

Hadir dalam acara tersebut Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land dan Anthony Tan, Group CEO and Co-founder Grab di BSD City, Tangerang. Tak ketinggalan juga hadir Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia.


Kedepannya itu, Sinar Mas Land bakalan bikin BSD City jadi the integrated smart digital city pertama di Indonesia lho. 😱 Otomatis untuk mencapai tujuan tersebut pastinya banyak hal yang harus dilakukan dan dikembangkan dong. Salah satunya urusan moda transportasi dari dan ke kawasan BSD City yang jauh lebih mudah dan akurat. Orang Grap sih bilangnya dengan istilah mapping atau pemetaan.

the integrated smart digital city
(Foto Bersama Mou Sinar Mas Land dan Grab Indonesia)

Nggak cuma sampai di situ, Grab juga bakal bangun infrastruktur seperti point kerjasama yang udah aku jabarkan di atas seperti Grab Inovation dan engineering Lab. Ini semua pada akhirnya ditunjukan buat kemudahan mereka yang tinggal di kawasan BSD City. Dengan begitu, secara otomatis bisa mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah, serta mendorong pembangunan teknologi untuk memperkuat posisi BSD City sebagai integrated smart digital city pertama di Indonesia.

Ekosistem digital di BSD City juga terus dikembangkan yang pusatnya itu ada di BSD Digital HUB Area bakal diproyeksikan akan menjadi pusat para pelaku usaha di dunia IT dan teknologi digital di Indonesia, mulai dari sekolah pencetak talenta yang sekarang dibutuhkan industri 4.0, startup, coworking space, perusahaan teknologi, e-commerce, industri kreatif, dan juga perusahaan global. πŸ˜ŽπŸ‘
Kita juga tau yah guys, kalo Grab itu bukan cuma layanan moda transportasi antar jemput aja tapi jauh udah berkembang dan maju dari itu sebagai layanan ride-hailing, pengantaran makanan, pengantaran barang, dan pembayaran digital bagi jutaan penduduk nggak cuma di Indonesia tapi di Asia Tenggara lho. 😱

the integrated smart digital city
(Foto Bersama Dulu Bareng Temen-Temen Blogger Sebelum Pulang)

Kalo tadi di atas kita udah bahas sedikit Grab Inovation and Engineering Lab sebagai pusat penelitian dan pengembangan inovasi di GOP 9, BSD City yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk menciptakan sistem transportasi yang cerdas dan tertata melalui tiga proyek kerja sama yang akan dilakukan oleh Grab dan Sinar Mas Land antara lain sebagai berikut:
  • Menjalankan metode pemtaan daerah BSD City untuk memudahkan penumpang menentukan titik penjemputan dan pengantaran yang lebih akurat.
  • Melakukan uji coba Personal Mobility Devices (PMD) yang dapat menjadi sarana transportasi personal jarak dekat dengan biaya terjangkau.
  • Melakukan program pilot solusi mobilitas berbagi di kawasan BSD City.
Selain itu, nantinya Grab juga bakal bikin program Grab Ventures Velocity di BSD City, sebuah program akselerasi dimana para startup akan diberikan serangkaian sesi pelatihan dan mentoring untuk meningkatkan bisnis mereka. Startup yang terpilih akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka dan bergabung dalam aplikasi Grab.

Sinar Mas Land dan Grab juga akan mendukung UKM lokal berbasis kuliner di kawasan tersebut sebagai upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dengan mendirikan dapur satelit yang disebut Kitchen by GrabFood.

BSD City sebagai pionir integrated smart digital city telah mengembangkan infrastruktur dan fasilitas digital untuk mendukung kehidupan warganya. Transformasi menjadi the first integrated smart digital city telah dimulai dengan pengembangan kawasan Digita Hub sebagai ekosistem digital. Kawasan ini dipersiapkan untuk menjadi 'Silicon Valley' Indonesia yang dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan teknologi dan digital. Udah dulu yah untuk postingan kali ini, akhir kata salam blogger! ● Dede Ariyanto

0 komentar:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog