Minggu, 26 Agustus 2018

Yuk Kenalan Sama Program-Program Satu BSD City

MEREKA yang tinggal di jabodetabek pasti pernah denger dong BSD (Bumi Serpong Damai) bahkan mungkin pernah berkunjung ke BSD. Secara bertahap, BSD sudah berkembang jadi kota maju dan modern. Bahkan nggak berlebihan jadi kota hunian yang banyak diimpikan oleh kaum urban. Mengingat wilayah ini terus berbenah jadi smart city.

Namanya juga smart city, apapun serba mudah dan serba terkoneksi terutama dengan gadget dan teknologi. Lokasi BSD juga strategis dan mudah diakses oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

(BSD Digital Society Blogger Gathering 2018)

Walaupun aku tinggal di Tangerang Selatan, setiap kali akan ke ke BSD entah mengapa hati selalu senang. Soalnya, di daerah ini pasti rindang karena banyak pepohonan.

Nah, kebetulan beberapa hari yang lalu aku ikutan acara blogger gathering yang diadakan oleh Sinar Mas Land. Kabarnya, ini kali pertama loh mereka bikin acara blogger gathering.

Tempatnya ada di Dermaga Resto, The Breeze BSD City. Di The Breeze ini, banyak resto dan cafe kekinian yang bagus buat bikin content feeds Instagram. Kalo anak sekarang sih bilangnya, Instagramable.

Dengan ikutan acara ini kita pun jadi semakin tau program-program apa aja untuk terus mengembangkan BSD City. Secara, Sinar Mas Land bagian dari pengembangan dari wilayah BSD City. Salah satunya adalah program yang mereka berinama dengan #satuBSD.

Program satu BSD adalah singkatan dari Silaturahmi AnTar Umat Berdikari, Sehat dan Damai.

Tujuannya udah jelas, meningkatkan rasa memiliki antara warga BSD dan bukan BSD. Menggali potensi bersama terkait kehadiran BSD. Dan Meningkatkan kerukunan, suatu saat manti warga BSD yang mengelola sendiri.

Program-program dari #satuBSD sendiri aku tangkap ada tiga point antara lain sebagai berikut:

Berdikari
Bedikari lebih ke sisi pembangunan ekonominya seperti membangun pasar modern yang jadi banchmark-nya pasar Indonesia. Sesuai sama program bapak presiden Jokowi membangun 1000 pasar dalam sistem pemerintahannya.

Selain itu ada juga pelatihan dagang pasar rakyat school. Mereka tidak hanya membuat tempatnya (pasar) tapi juga memberikan bekal dari sisi sumber daya manusianya.

Ada juga peternakan untuk rakyat, pendidikan dan pelatihan dan juga coders. Program coders ini salah satu caranya dengan mengadakan launching buku yang akan digelar pada bukan Oktober nanti.

Sehat
Kalo kata pepatah, "Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat" yups betul banget! Agar para penghuni BSD City menjadi sehat, maka gerakan atau program sehat perlu sekali diadakan.

Salah satunya caranya dengan mengadakan latihan olahraga bareng. Nggak main-main loh, latihan bareng ini dilakukan bareng atlit olimpiade bulu tangkis Candra Wijaya setiap Jumat jam tujuh malam selama dua jam.

Konsep green emang selalu diterapkan oleh BSD City. Buktinya, selain lokasinya yang rindang penuh dengan tumbuhan, di BSD juga ada gedung green building yang sudah bersertifikasi internasional. Tapi, selain konsep dan bangunan yang serba green, alangkah lebih baiknya penghuni BSD City juga melakukan yang namanya green habit.

Nah kalo green habit ini lebih kepada bagaimana perilaku manusianya untuk hidup ramah lingkungan. Misalnya, mematikan lampu ruangan jika nggak digunakan lagi, menggunakan air secukupnya, mengunci pintu ruangan ber-AC dan lain sebagainya.

Nggak cuma itu, nantinya akan ada festifal hijau yang diadakan rutin setiap tahun. Wah, bagaimana yah konsep dan bentuknya. Jadi penasarankan.

Sementara itu, kalo program medik lebih ke acara kemanusiaan kayak acara donor darah. Ada juga program budaya seperti yang udah dilakukan yaitu nonton film animasi Battle of Surabaya antar pemeluk agama.

Damai
Untuk program damai dibagi jadi dua. Satu religi dan Bhineka dan Lintas Agama. Kalo religi bisa misalnya programnya memberangkatkan karyawan umroh.

Nan, buat kalian yang pengen tau lebih detil lagi program-program #satuBSD apa saja yang bakal dilaksanakan, kalian bisa kepoin akun social media mereka. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya untuk mereka yang tinggal di BSD City dan sekitarnya. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

1 komentar:

  1. Saya punya tante yang tinggal di sekitar BSD. Tiap kali ke sana juga suka ngebatin kalau daerah BSD memang enak. Meskipun jauh dari pusat kota, tetapi daerahnya komplit

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, link atau tautan, sara,pornografi, dan spam terpaksa dihapus!

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog