Rabu, 23 Desember 2009

Geliat Motivator Bisnis MLM

DATA BUKU :
Judul buku : The Power of Network Marketing
(Hikmah Silaturahmi dalam Bisnis)
Pengarang : Andrew How dan Aa Gym
Editor : Deni Riana
Kota terbit : Bandung
Tahun terbit : 2006
Halaman : V+159

Buku The Power of Network Marketing (Hikmah Silaturahmi dalam Bisnis karangan dari kolaborasi Andrew Howdan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Merupakan dua pemikiran luar biasa, dimana Andrew How merupkan yang sudah 20 tahun kurang lebih berkecimpung dalam bisnis Multi Level Marketing (MLM), selain itu juga sebagai penulis best seller dan anggota dewan kehormatan Asosiasi Pedagang Langsung Indonesia (APLI). Maka tak heran jika Andrew How paham akan dunia MLM, baik sejarah, perkembangan, system, dan pengalamannya. Aa Gym yang notabene sebagai da’i yang sukses sehingga mendapatkan penghargaan (tokoh sepiritual paling populer) ? versi Koran SINDO dengan konsep Menejemen Qolbu (MQ) nya yang memperkuat hubungan silaturahmi dengan bisnis menjadikan buku ini laris.

Di dalama kebutuhan memang manusia membutuhkan kebutuhan, setidaknya ada 2 kebutuhan. Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Di dalam memenuhi kebutuhan jasmani setiap orang akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Beberapa cara mereka lakukan dengan menjalankan profesi sebagai guru, petani, pegawai, supir atau bahkan bisnis MLM. Dalam buku ini pun Aa Gym dengan ringan memebuat perumpamaan bahwa pada dasarnya manusia sudah memiliki rezekinya masing-masing, tinggal bagaimana untuk menjemputnya. Tidak sembarang agar mudah menjemput rizkinya itu, maka diperlukan keahlian yang khusus layaknya Cicak memangsa nyamuk (hslaman 134). Setidaknya buku ini mampu memberikan inspirasi dan motivator bagi para pelaku MLM karena ditulis oleh para ahlinya.

Keunggulan buku ini mamapu membuat para peminat buku sejenak melupakan dan tertuju pada cover buku ini, mengapa ? karena buku ini menghadirkan potret da’i kondang yang akrab disapa dengan Aa Gym pengasuh pondok pesantren Daruut Tauhid Bandung. Selain itu, kepiawaian Andre How dalam memberikan motivator dan mendeskripsikan segala sesuatu yang berhubungan dengan MLM, menjelaskan planning kerja MLM, jaringan marketing dan seterusnya membuat semangat kembali mereka para pelaku bisnis MLM yang memang membutuhkan inspirasi dan motivator. Satu hal yang membuat bisnis ini tidak pernah surut dari tahun 1940-an bahkan sampai meluas jaringannya sampai ke Indonesia di bawah naungan lembaga terpercaya APLI, adalah penghargaan dalam network marketing bagi mereka pelaku bisnis MLM yang berprestasi. Hal ini dijabarkan oleh Andrew How pada halaman pembahasan penghargaan dalam network marketing (halaman 63).

Meskipun demikian buku ini masih memiliki kekurangan, agaknya icon Aa Gym hanya dijadikan sebagai kepentingan akan popularitas buku ini. Maka dapat dipastikan setiap orang yang pertama kali melihat buku ini akan mempunyai pandanmgan bahwa Aa Gym juga merupakan pelaku bisnis MLM. Padahal jika kita kaji secara cermat isi buku ini, Aa Gym hanya menghubungkan konsep bisnis Islami, salah satunya adalah dengan silaturahmi. Secar jujur buku ini ada dua pembahasan, pembahasan oleh Andrew How bermula pada halaman 3 sampai dengan 92 tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis MLM. Sedangkan pembahasan Aa Gym bermula pada halaman 95 sampai 153. Kerangka yang disajikan buku ini sistematis, sehingga memudahkan para pembaca dalam menelusuri sub dan pembahasan buku ini.

Buku ini diterbitkan secara umum untuk semua kalangan, namun sangat diprioritaskan sekali para network marketer, pelaku bisnis dan motivator pelaku MLM. Gaya bahasa yang disajikan juga enak dibaca dan mudah dipahami. Para peminatnya adalah kebanyakan mereka yang berkecimpung di dunia bisnis MLM.

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!