Thursday 27 June 2024

Banyak Pilihan Ganti Sparepart Motor di Planet Ban

KAGET juga pas melintas di jalan Padangan, Bojonegoro, Jawa Timur ada Planet Ban. Aku kira, Planet Ban hanya ada di kota-kota besar aja seperti Jakarta, Bandung, Bekasi dan lain sebagainya. Faktanya setelah aku Googling ternyata mereka punya 1100 toko di seluruh Indonesia, lho!

Kebetulan aku lagi liburan Idul Adha jadi pulang kampung dulu ke rumah mertua yang ada di Cepu-Blora. Kebetulan motor punya mertua belum ganti oli dan mogok nggak bisa dipake. Akhirnya, karena lokasinya deket aku bawa aja ke Planet Ban. Ternyata mereka tidak hanya jualan sparepart tapi juga berbaikan service seperti bengkel pada umumnya.

Sesampainya di sana, ternyata setelah di-cek kerusakan ada pada busi. Sebuah hal yang lumrah si bagi kalian yang paham motor kalau motor mogok atau bermasalah pasti masalahnya ada di kelistrikan atau pengapian motor. Salah satunya busi motor.

Tanpa pikir panjang aku pun bilang sama mekaniknya untuk ganti busi sekaligus ganti oli. Harga businya Rp 21.000 ribu standar lah ya. Untuk merek businya adalah Denso bukan Densu, ya. Itu mah beda lagi. πŸ˜„ Di Planet Ban tidak hanya menyediakan busi untuk jenis motor bebek aja tapi juga matic dan sport. Sparepart di sini boleh dibilang sangat lengkap.

Sementara untuk olinya harganya Rp 39.500. Nah, untuk harga oli ini harganya bervariasi mengikuti jenis motornya. Paling murah ada di harga Rp 32.000 dan paling mahal ada di harga Rp 150.000. Kalau pengen liat harga lengkap sparepart yang ada di Planet Ban kalian bisa klik link sparepart ini.

Tak lama, motor pun dah selesai di-service dan ganti oli. Setelah ganti oli motor terasa ringan dan enteng. Catatan untuk yang suka malas ganti oli apalagi karena nggak paham motor, minimal kalian rutin ganti oli sebulan sekali. Biar performa motor dan mesinnya terjaga. Jangan nunggu rusak baru service. Biasanya, pengalaman kalo dah begitu selain olinya mengental dan bau gosong juga dikhawatirkan merembet merusak sparepart lainnya. Jatuhnya, perbaikan kerusakan jadi makin boros.

Seperti yang udah aku singgung di atas, mogoknya motor yang tiba-tiba disebabkan oleh kelistrikan atau pengapian motor salah satunya Busi dan aki. Dalam kasus tertentu, mogok karena aki sangat jarang. Sebab, biasanya aki lebih lama. Dan tandanya kalo aki mau habis bertahap seperti motor nggak bisa di-stater otomatis melainkan haru di-engkol manual, suara klakson yang melemah, lampu center atau lampu rating yang melemah.

Tapi kalo busi nggak ada yang bisa diprediksi. Kalau nggak fungsi atau mati businya ya mendadak seketika itu juga motor mogok tanpa tanda-tanda. Kalau kebetulan pas mogoknya deket bengkel atau rumah sih nggak masalah, bagaimana kalo mogoknya jauh dari bengkel dan rumah. Tentu ini repotin banget.

Untuk dari itu, biasanya kalau aku selalu sedia busi cadangan baru di jok motor buat antisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Lagian biasanya di setiap jok motor selalu ada perkakas bengkel sederhana seperti tools untuk mengganti busi motor, obeng, dan tang. Itu salah satunya untuk kegiatan emergency atau darurat. Lagian kalo cuma sekedar pasang busi kalo anak cowok sih mestinya bisa, ya. Kan mudah tinggal masukan kunci businya, puter, beres deh. πŸ˜„

Akhir kata semoga postingan ini bisa menambah wawasan seputar sparepart penting busi motor, bisa bermanfaat, khususnya bagi pembaca yang lagi cari info ganti sparepart di Planet Ban. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto


21 comments:

  1. Ohh akhirnya aku jadi tahu kak, setelah baca tulisan kaka ini. Pengetahuanku tentang sparepart jadi bertambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kan. Alhamdulillah kalo bisa bermanfaat infonya. πŸ€—

      Delete
  2. Di planet ban bagus kualitas. Pernah ganti ban dan awet banget disana. Harga juga cukup bersaing.


    Newsartstory

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kannn. Sesuai dengan namanya, Planet Ban emang spesialis-nya jualan ban tapi juga jual sparepart dan bisa memperbaiki motor juga. πŸ˜€

      Delete
  3. Aku itu biasanya kalau servis motor, pasrah aja sama montir yang aku kenal. Karena gak nyaman juga jadi kaum minoritas pas di bengkel hehe

    ReplyDelete
  4. Percis seperti sepeda motor suami yg udah jadul. Kalau kena hujan, itu gak mau nyala. Ternyata busi selalu kena air. Jadi soak gitu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa kannn. Cek busi dulu deh kalo mogok hehe πŸ˜€

      Delete
  5. Ehhhh jangan salah planet ban ada dimana ama tauuukkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cabangnya banyak banget udah gitu ada di seluruh Indonesia mantap beneeeer. πŸ˜€

      Delete
  6. Motor sampai mogok karena belum ganti oli tuh benerinnya PR deh. Kukira Planet Ban cuma tersebar di sekitaran kota besar doang. Eh ternyata jangkauannya jauh.

    ReplyDelete
  7. Penting banget buat rutin ganti oli, jangan seperti saya yg pernah telat ganti, akhirnya muncullah kabut putih dari knalpot pertanda turun mesin.

    ReplyDelete
  8. Bener banget sis Planet Ban bisa jadi.andalan...ini juga bengkel.langganan aku mas.. peralatannya lengkap servicenya juga memuaskan

    ReplyDelete
  9. Planet ban ini bagus karena Planet Ban memiliki tim mekanik yang profesional dan berpengalaman yang akan membantu kamu memilih spare part yang tepat untuk motor kamu. Mereka juga akan memasang spare part dengan hati-hati dan teliti untuk memastikan bahwa motor kamu kembali dalam kondisi prima.

    ReplyDelete
  10. Ganti sparepart motor emang harus yang bagus biar lebih awet ke motor. Untungnya suami aku juga paham permotoran jadi kalo ganti ke bengkel bisa ngerti harus ganti apa.

    ReplyDelete
  11. Kudu cerdas memahami nih semisal motornya tiba-tiba mogok. Pemahaman akan perintilan motor termasuk kapan servisnya memang perlu ya

    ReplyDelete
  12. Planet Ban ada di mana2 yaa, bahkan di Cepu juga ada nih. Gak cuma jualan sparepart lengkap tapi juga bisa bantu cek dan memperbaiki kendaraan ya. Biayanya juga cukup ramah kantong.
    Yup di dalam bagasi motor emang kudu ada beberapa tools buat jaga2 kalau2 motor error di jalan yaa.

    ReplyDelete
  13. Setahuku planet ban cuma buat ganti ban doang. Ternyata bisa servis dan ganti spare part juga ya.. Thanks infonya

    ReplyDelete
  14. Terjangkau banget perawatan motor termasuk ganti sparepart di Planet Ban ini ya mas. Pantesan jadi rekomendasi banyak orang.

    ReplyDelete
  15. Keren banget ya Planet Ban ada 1.100 cabang di berbagai kota. Para pemotor di kota-kota kecil juga punya kesempatan sama dengan yang di kota-kota besar dalam hal perawatan motor secara profesional dan berkualitas.

    ReplyDelete
  16. Wah enak ya Planet Ban ada di daerah juga,ngga cuma di Jabodetabek. Jd kalo pas pulkam ga khawatir lagi deh dgn perawatan motornya Krn udah ada tempat terpercaya.

    ReplyDelete

Terimakasih yah udah ngunjungi blogku ini. Maaf banget, komentar yang isinya iklan, link hidup, sara, pornografi dan spam bakalan aku hapus!


Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog