Kamis, 01 Oktober 2020

Seminar Online Bareng Kemenkes dan Bloggercrony

BEBERAPA hari lalu aku ikutan seminar online yang diadain sama Kementerian Kesehatan bareng komunitas blogger, kalo aku sendiri dapet undangannya dari Komunitas Bloggercrony. 😊

Tema yang diangkat pun menggelitik “Yuuk Disiplin… COVID-19 Ambyar.” Kalo dibaca dari judulnya aja udah keliatan kekinian dan menyasar anak muda atau generasi milenial walau sebenarnya ini dibuka umum dan ditunjukan untuk siapa aja.

Seminar online ini dihadiri sama para narasumber yang kompeten dan ahli di bidangnya masing-masing. Diantaranya ada bapak dr. Riskiyana S. Putra, M.Kes selaku Direktur Protokol Kesehatan (Promkes) dan pemberdayaan Masyarakat. Ada juga ibu Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi selaku Psikologi dan mbak Wardah Fajri, S.I.Kom selaku fasilitator/mentor & founder dari Komunitas Bloggercrony Indonesia. Tak lupa pula acara seminar online ini dipandu oleh mbak Ranny Rachmadhani sebagai moderatornya.

Selain menggunakan media aplikasi sejuta umat, apalagi kalo bukan aplikasi Zoom 😁 juga bisa disaksikan via streaming YouTube lho! 😱Meskipun seminar ini dilakukan secara online, nyatanya nggak mengurangi keseruan kita layaknya kalo lagi ada event online sih.

Kita juga bisa lihat wajah temen-temen kita di aplikasi zoom. Acara berlangsung dari jam 12.45 WIB siang sampai dengan selesai (Rabu, 30 September 2020). Sehubungan aku sering ikutan acara Kementerian Kesehatan, jadi aku tau ini tuh kelanjutan dari program gerkan 3M yang udah dilakukan di GBK bulan Agustus lalu.

Gerakan 3M yang sering digaungkan yaitu Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, dan Memakai Masker memang mudah untuk diucapkan tapi susah untuk dipraktekan. "Melakukan kebiasaan 3M itu susah prakteknya," sindir Bapak Rizkiyana saat mengisi sambutan di seminar online. Makanya menurutnya, dibutuhkan adanya kesadaran tinggi dari dalam individu diri masing-masing.

Sementara jika menurut Dr. Rose Agus Salim protokol kesehatan harus dilakukan baik dari Internal maupun Eksternal. Faktor internal ini maksudnya dari dalam diri kita sendiri. Misalnya, seperti rasa empati, hati nurani, kontrol diri dan lain sebagainya. Sementara kalo faktor eksternal adanya aturan yang mengontrol semua itu.

Tak lupa juga ada mbak Wawa yang ikut berbagi atau share pengalamannya yang lebih ke kegiatan saling meguatkan dan saling support sesama anggota Bloggercrony tak ketinggalan bagaimana peran blogger di era new normal untuk mengedukasi masyarakat agar tumbuh kesadaran dengan gerakan 3M. 😎👍

Layaknya seminar offline, di seminar online ini pun semua peserta bebas bertanya dan aktif kepada semua narasumber. Dan senangnya mereka yang terpilih dan bisa bertanya dapet hadiah yang udah disiapkan sama panitia. 😍 Seminar ini pun sempat trending topic di lini masa Twitter tanda bahwa banyak warganet dan beserta banyak yang membagikan nilai-nilai baik dalam seminar ini.

Semoga info yang aku bagikan ini bisa bermanfaat yah guys. Semoga segera berlalu juga wabah pandemi Covid-19 ini dan kita kembali jadi manusia normal seperti sedia kala. Amien. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

0 komentar:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog