Minggu, 27 Januari 2019

5 Tips Backpackeran Murah ke Singapore Ala Aku

LIBUR telah tiba. Libur telah tiba. Hore! Hore! Hore! πŸ˜€ Gimana sama liburan akhir tahun kemaren. Seru, asyik, senang atau sebaliknya sedih? Kuharap sih kalian semua happy yah. Banyak orang yang berfikir, kalo akhir tahun saat yang tepat buat liburan. Nggak salah juga sih. Secara kalian sudah bekerja 12 bulan atau 360 hari dalam setahun. Saatnya memanjakan diri atau me time dengan jeri payah selama ini. 😎

Tapi, ada tapinya nih… nggak semua orang cara befikirnya sama. πŸ€” Sebagian orang malah hold dulu untuk liburan di saat akhir atau awal tahun baru kemarin. Sebaliknya, mereka justru baru liburan setelah orang-orang semua selesai liburan. Apa alasannya?

(Ke Bandara Pake Bus? Kenapa Enggak)

Salah satu temenku yang biasa jalan-jalan ke luar negeri berbagi pengalaman kalo liburan pas akhir tahun atau awal tahun berbarengan sama libur anak sekolah pasti semua harga jadi mahal katanya. 😱 Mulai dari tiket transport, akomodasi, sampai penginapan. Intinya sih semuanya jadi mahal dari harga biasanya. Jadi golongan seperti ini biasanya nahan dulu buat liburan. πŸ˜ŽπŸ‘

Siapa sih yang suka liburan kayak gini? Mereka biasanya para pekerja dunia kreatif kayak freelancer, influencer, instagrammer, YouTuber, dan mungkin backpacker 😁 yang punya banyak kebebasan waktu dalam bekerja.

Emang YouTuber bisa dibilang kerjaan, bro? πŸ€” Lho, jangan salah. Salah satu YouTuber sukses di Indonesia Atta Halilintar dan Ria Ricis bisa dapat pundi-pundi rupiah dari iklan yang tayang di video YouTubenya mencapai itungan miliar udah bukan jutaan lagi menurut data socialblade.

Makanya jangan heran kalo kamu tanya sama anak jaman now jangan ngakak kalo pas ditanya apa cita-citanya kalo sudah besar terus dia jawab mau jadi YouTuber. Ponakanku yang cewek, Dinda, juga gitu soalnya pas ditanya mau jadi apa jawabannya pengen jadi YouTuber katanya. 🀣

Mungkin juga nih yah, ada orang yang pengen jalan-jalan ke luar negeri dengan budget murah tapi belum tau caranya nanti aku kasih tau tipsnya yah. Apalagi yang baru pertama mau jalan ke luar negeri atau pengen backpackeran ke luar negeri pasti bingung apa-apa saja yang harus disiapkan. 😁

(Selfie Dulu Sebelum Take Off)

Baca Juga: Staycation di Bellezza Suites Hotel yang Bergaya Apartemen

1. Pilih Destinasi Wisata Luar Negeri Terdekat
Buat yang masih baru atau pertama kali pengen liburan atau backpackeran ke luar negeri, pertama kamu jangan pergi ke destinasi wisata luar negeri yang jauh-jauh dulu. Takut ada apa-apa atau kesasar di sanakan bisa berabeh. Haha πŸ˜„ Pilihlah tujuan wisata luar negeri terdekat sama Indonesia. Misalnya Brunei Darussalam, Singapura atau Malaysia.

Soalnya, di negara ini bebas dokumen seperti visa. Jadi kamu bisa langsung cus aja kayak pergi ke Bekasi tanpa ribet haha πŸ˜„ Dan juga untuk bahasanya karena masih negara satu rumpun insya Allah nggak kesusahan. Untuk Malaysia dan Brunei Darussalam pake bahasa Melayu di mana bahasa Melayu dulunya adalah bahasa induk dari bahasa Indonesia. Yang suka nonton kartun Upin Ipin bisalah cakap sikit-sikit. Haha πŸ˜„ Meskipun begitu, penguasaan bahasa Inggris juga perlu lho. Seperti percakapan (conversation) bahasa Inggris pesen makanan atau penginapan. Banyak tuh buku saku conversation yang dijual murah di toko-toko buku.

2. Buat Tujuan atau Itinerary
Membuat rencana perjalanan atau itinerary itu juga penting. Jangan sampe punya semboyan “apa kata nanti aja deh”, apalagi kalo liburannya itu ke luar negeri. Bahkan di dalam negeri aja dengan adanya itinerary sangat membantu sekali pastinya.

Misalnya, kalo kalian mau liburan ke Singapura minimal kalian sudah tau lokasi mana saja yang nantinya bakal dikunjungi. Berikut destinasi wisata di Singapura yang bisa kalian kunjungi ada Universal Studio Singapore, Marina Bay Sands, Resort World Sentosa, Gardens by the Bay, sampai pusat perbelanjaan yang sangat menarik bagi kaum hawa, seperti Orchard Road, Bugis, Little India, dan Kampong Glam. Bagitulah kira-kira.

3. Menginap di Rumah Teman atau Saudara
Prinsip dari backpacker sejatinya kalo menurut versi aku “transportasi apa aja yang penting bisa sampai, tidur yang penting bisa merem, makan yang penting bisa kenyang, dan pergi jalan-jalan ke tempat baru sambil gendong tas ransel di punggung”.

Prinsip “tidur yang penting bisa merem” bisa dipraktekkan pas kamu backpackeran ke luar negeri dengan menghubungi teman kamu yang ada di luar negeri. Syukur kalo punya saudara di sana lebih enak lagi. Lumayankan, dana yang semestinya buat bayar hotel bisa digunakan buat yang lainnya. πŸ˜„

Baca Juga: Enjoy Kepulauan Seribu

4. Cari Tiket Promo
Kayaknya sih kalo ke luar negeri pake prinsip “transportasi apa aja yang penting bisa sampai” nggak bisa bro. Kamu mau ke Singapura atau Malaysia pake perahu nelayan atau berenang gitu? 😝 Nggak bisa bro. Solusinya mungkin harus pintar-pintar cari tiket promo atau endors sama jasa penjualan tiket online kalo follower kamu menjanjikan atau banyak.

5. Pulang-Pergi Bandara Pake Tiket Promo
Tips terakhir yang bakal aku share kamu juga harus pintar-pintar cari tiket promo buat pulang dan pergi ke Bandaranya. Pengalaman aku, setiap ke Bandara Soekarno Hatta pulang-pergi dari Bintaro kalo pake Taxi online kira-kira Rp 200.000. Padahal kalo kamu bisa cari promo bisa jauh lebih murah.

Aku kasih tau deh promo tiket pergi ke bandara, cari harga bus bandara murah di Traveloka. Ada kupon diskon tiket bus dan travel Rp 100.000. Caranya you know-lah download dulu aplikasi Traveloka di smartphone kamu. Terus tentukan titik lokasi dari mana, ke mana, tanggal dan jumlah kursi. Kalo udah ketemu jadwal pemberangkatannya, pilih dan masukan kode promo. Beres deh. πŸ€—

Oke, itu dulu yah untuk 5 Tips Backpackeran Murah ke Singapore Ala Aku. Semoga artikel ini berguna buat kalian semua. Utamanya yang masih bingung atau baru pertama kali pengen liburan ke luar negeri. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

2 komentar:

  1. Iyaa, nginep di rumah kerabat atau teman tuh emang lebih membantu buat menghemat, ya.

    BalasHapus
  2. Udah lama pengen ke Singapura nih, ngajak anak-anak biar puas. Apalagi semenjak harga tiket penerbangan domestik naik begini, masa iya tiket mudik ke Sumatera lebih mahal dari tiket ke Singapura? Hahaha. Btw, terima kasih untuk tipsnya, Mas.

    BalasHapus

Terimakasih yah udah ngunjungi blogku ini. Maaf banget, komentar yang isinya iklan, link hidup, sara, pornografi dan spam bakalan aku hapus!


Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog