Sabtu, 10 Februari 2018

Pengalaman Mengesankan Melihat Langsung Proses Pembuatan Mobil Mitsubishi di Cikarang

SENENG banget yah pastinya bisa diajak jalan-jalan lihat langsung proses produksi dan perakitan mobil yang ada di daerah Cikarang. Tepatnya itu ada di kawasan industry GIIC Deltamas, Bekasi, Jawa Barat. Kesempatan yang cukup langka yang nggak semua orang bisa dapat kesempatan ini. Nggak Cuma blogger aja yang diundang tapi juga komunitas dan jurnalis Rabu, (7 Februari 2018).

Semua rombongan berangkat berbarengan menuju lokasi pabrik di Cikarang menggunakan masing-masing bus yang udah disediakan oleh panitia. Untuk kita perwakilan dari Indonesian Social Bloggerpreneur (ISB) meeting point dan keberangkatan dari Fx Sudirman pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Sekitar tiga jam-an alhamdulillah akhirnya rombongan sampai dengan selamat di pabrik mobil Mitsubishi yang ada di Cikarang. Mungkin, kalo kondisi jalan nggak macet bisa sampai lebih cepat. Sampai di sana biasalah temen-temen blogger pasti pada selfie-selfie termasuk aku.😎

Oh iya, sebelum sampai rombongan sempat mampir dulu di rumah makan Padang Sederhana sekalian untuk shalat dzuhur buat temen-temen Muslim. Sampai sekarang, aku masih belum paham loh mengapa semua rumah makan Padang namanya “sederhana.” Padahal, rata-rata menu makanan yang dihidangkan nggak sederhana kalau menurut pendapatku. Malah mewah dan enak-enak. πŸ˜‹

Sesampainya kita di pabrik, aku awalnya ngebayangin bakalan banyak kepulan asap hitam dengan cerobong asap tinggi yang siap mencemari langit-langit dan udara. πŸ€— Tapi ekspektasi aku malah meleset, bisa dibilang semua pabrik yang ada di daerah Cikarang itu go green banget bro.

(Selfie Depan Pabrik Mitsubishi Motor Indonesia)

Semua perakitan menggunakan listrik modern dan rapih banget. Sayang, awalnya aku mau coba action camera GoPro 5 black terbaruku buat bikin vlog-nya biar kalian juga tau. Tapi, kebijakan dan peraturan dari Mitsubishi sendiri tidak memperbolehkan kita membawa camera, smartphone, dan alat telekomunikasi apapun saat keliling pabrik termasuk tas juga harus dititipkan ke panitia.

Aku sih maklum dan paham karena semua industri punya kebijakan dan peraturan masing-masing dengan alasan yang nggak mesti harus dijelaskan ke setiap pengunjung. Mungkin, mungkin saja, ini sih opini aku aja yah karena ini adalah pabrik baru, jadi aku rasa ada sedikit kekhawatiran atau ‘horor’ pasti adalah ya.

Tau sendiri netizen jaman now itukan kadang aneh-aneh dan suka usil. Takutnya pas udah ada yang upload ke internet ada gambar atau foto yang diedit dibuat meme yang aneh-aneh. Bisa juga larangan itu karena alasan keselamatan dan keamanan. Yang jelas hanya pihak Mitsubishi aja yang tau jawabannya. Makanya aku sengaja nggak bawa mirrorless dan action camera GoPro aku.

Oke.. next yah. Sesampainya di lokasi kita disambut hangat oleh jajaran petinggi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Tak lama setelah ramah tamah dan sambutan-sambutan rombongan pun dibagi untuk langsung melihat proses pembuatan mobil terbaru Mitsubishi Xpander.

(Jajaran Petinggi Mitsubishi Motor Indonesia)

Pabrik PT MMKSI diresmikan pada bulan April 2017 oleh Presiden Joko Widodo. Hampir satu tahun jalan berarti yah. Meskipun masih baru, siapa yang menyangka, hingga saat ini tercatat Xpander udah dipesan lebih dari 50.000 unit loh. 😱 Nantinya akan diekspor juga ke negara-negara lain seperti Filipina, Thailand, dan negara-negara lainnya mulai 2018. Kapasitas produksi yang ada di PT MMKSI kurang lebih 160 ribu unit pertahun.😱

Aku kadang ngebayangin yang punya pabrik ini pastinya kaya raya bro. 😱 Gimana enggak coba, yang namanya bikin mobil kaya bikin kue. Hampir 80 persen dikerjakan oleh robot dan mesin. Sisanya oleh tenaga manusia. Karena dari Jepang, jaminan mutu pastilah nggak usah diragukan lagi. Di pabrik yang memiliki luas 51 hektar ini sudah menyerap 3.000 karyawan dan 5 persennya adalah wanita. Mengurangi dan menyerap masalah pengangguran yang ada di Indonesia. πŸ‘πŸ˜Ž

Yang jelas kunjungan ini tujuannya untuk ngasih tau fasilitas dan proses produksi apa saja yang dilakukan di pabrik yang baru saja diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada April 2017 yang lalu, yang secara perdana telah memproduksi Mitsubishi Xpander serta Pajero Sport, kendaraan andalan Mitsubishi di Indonesia.

(Brand Ambasador Mitsubishi Xpander Rifat Sungkar)

Selain itu, kunjungan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang proses produksi Xpander sebagai small Multi Purpose Vehicle (MPV) yang sangat populer saat ini, dengan segala standar kualitas global yang diaplikasikan dalam setiap langkah perakitannya.

Hadir juga brand ambasador yakni Rifat Sungkar berbagi pengalaman tentang Mitsubishi Xpander. Eh, by the way any way masih ada hubungan keluarga kali yah antara Rifat Sungkar, Shireen Sungkar, dan Lutfia Sungkar. Sama-sama ada marga Sungkar-nya gitu. πŸ˜…

Test Drive Xpander Mitsubishi
Nggak afdol rasanya yah kalo visit ke pabrik mobil kok nggak ngelakuin test drive mobilnya. Aku, mbak Haya, dan mbak Sari Novita satu mobil bareng test drive mobil Xpander.

Test pertama yang dilakukan adalah pengereman sistem ABS (Active Stability Control) Xpander. Di mana mobil sengaja melalui medan sejenis karpet tebal yang memiliki permukaan licin dan sudah dibasahi dengan air sabun. Saat mobil kita melaju kencang dan melakukan pengereman di medan licin tersebut, terbukti aman dan mobil nggak melesat atau melenceng dari jalur. Cocok untuk medan licin dan musim hujan kayak gini.

Test yang kedua adalah kenyamanan suspensi dengan medan yang bergelombang. Terbukti sokbreker atau suspensi yang dihasilkan dari Xpander mampu meredam dan memberikan kenyamanan penumang di dalamnya.

(Blogger Xpander Plant Tour Dok. Mitsubishi)

Test yang ketiga adalah zig-zag membentuk sirkuit angka delapan. Apa yah namanya, aku juga lupa, kalo ada yang tau atau ingat boleh yah komen di bawah. Kalo nggak salah start eight. Jadi kita melalui jalur yang membentuk angka delapan di mana setiap mau belok itu ngepot habis-habisan. Itu bikin nagih sih meski mbak Haya teriak-teriak sedikit takut hehe πŸ˜…

Seusai seseruan, akhirnya kita pun melakukan foto bersama dulu sebelum akhirnya pulang ke Jakarta. Terimakasih buat Mitsubishi Indonesia, komunitas blogger ISB, dan Mobil123 portal otomotif no 1 yang udah ajak kita jalan-jalan. Semoga postingan blog ini bisa memberikan informasi dan bermanfaat buat kalian semua. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

58 komentar:

  1. Seruuuu . Kepengin naik Xpander lebih lama lagi dong. Cc Mobil123 dan ISB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pengen lebih lama lagi, borong aja om Xpander-nya hihi πŸ˜‚

      Hapus
  2. Kalo gak salah namanya swallow atau smallow gituh . Tapi enak sih pas begitu, kayak naik ayunan ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicata. Diayun ya Ki, asal jangan digoyang, apalagi jaran goyang. πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  3. eight circle...radius putar...pas nyetirin bagian ini butuh teknik putarin setirnya biar ga belibet dan gak ketuker kanan kiri tangannya hahaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih om udah kasih tau. Nanti diedit. Mantap buat kamu mas! πŸ˜ŽπŸ‘

      Hapus
  4. Kalao ke sini lagi mau daftar ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan yah kalo ada pendaftaran lagi. πŸ€—

      Hapus
  5. seru banget sih mas Dede pengalamannya. videonya mana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak boleh bawa camera, handphone, semua elektronik harus dititipkan. Jadi nggak ada video hihi 😭

      Hapus
  6. Eh serius Mba Haya teriak -teriak. Bagusan aku dong, tenang ajaaa wkwkwkw... *songong, dikeplak Mba Haya πŸ˜‚

    BalasHapus
  7. Rifat itu kan suaminya si Milly yg di AADC kan? Bagus nih mobilnya, semoga ada rejeki buat beli. Amiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak tau mbak. Soalnya belum pernah nonton AADC juga. Hihi Amien. Saya doakan mbak. πŸ‘³πŸ»

      Hapus
  8. Perjalanan seru ya kak liat langsung perakitan mobil. Duh mupeng euy hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget mbak Gita kapan lagi dan jarang-jarang lho. πŸ˜‚

      Hapus
  9. Pas test drive ngerem mendadak itu sensasinya bener2 trasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat teh. Terasa banget tapi bikin nagih juga sih. πŸ€—

      Hapus
  10. uenake rek diajak jalan2 ke pabrik xpander. jadi pengen!

    BalasHapus
  11. Mitsubishi keren banget ya ngundang blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya blogger sama Mitsubishi sama-sama keren, Kak. Jadi, pas dipertemukan kayak jodoh gitu deh. 😍

      Hapus
  12. Acaea ya seruu, sesi test drive bikin deg degan

    BalasHapus
  13. Ulasan menarik mas tentang jalan-jalannya. Saya kemarin gak bisa ikutan nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang sekali yah, harusnya kita bisa saling ketemu. 😭

      Hapus
  14. Xpander emang keren, gak salah kalo banyak yang menunggu kehadirannya sebagai mobil MPV

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mobil yang ngertiin masyarakat Indonesia banget soalnya mas, bisa angkut orang banyak. πŸ˜ŽπŸ‘

      Hapus
  15. sukaaaa naik XPander... nyaman banget... dan lega juga dalemnya.. pantes laris manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak tahu bulet yah mak, larissss maniiiiis. πŸ˜‚

      Hapus
  16. Wah beruntung banget bisa lihat pembuatan Xpander. Mobil impian aku dan keluarga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa liat proses pembuatannya secara langsung itu sesuatu banget. πŸ€—

      Hapus
  17. XPander memang bikin mupeng Mas, pengen dibawa pulang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya ada di godiebag mas dikasih satu-satu. πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  18. Balasan
    1. Iya Ceu, aku juga mupeng banget nih. πŸ˜‚

      Hapus
  19. Ini Xpander bakal jadi pesaing Xe*** nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sih bakalan gitu. πŸ€”

      Hapus
  20. emang enak naik Xpander, gw aja jatuh cinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas jangan jatuh cinta sama supirnya yah mbak hihi πŸ˜‚

      Hapus
  21. Mitsubishi XPander ini memang kelas premium banget. Design interiornya high class, dari penampakan body-nya pun memikat Mata. Ini dibilang MPV ga, SUV juga ga. Ada di tengah-tengah. Tapi kebanyakan dibilang MPV. Boleh banget nih Xpander untuk keluarga. Cukup lega dan mewah di kelasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap jiwa yah ini mobil, bakalan laris nih di pasaran. πŸ˜ŽπŸ‘

      Hapus
  22. Kalok kunjungan ke pabrik biasanya memang kita tak boleh motret, Mas. Dulu waktu kuliah, setiap kunjungan ke pabrik obat, kami tak diberi izin memotret. Pernah ke pabrik susu pun tak diizinkan motret. Yang penting sesi test drive kita ikut, ya. Berasa macam pembalap awak, ah. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bener, berasa pembalap haha πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  23. Wah jadi pengin nyobain Xpander, kayaknya lega dan nyaman, asyik buat main ke luar kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas mbak kalo mau nyobain jangan lama-lama, nanti mupeng pengen punya haha πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  24. iih, jadi kepo.. belum nyobain Xpander.

    BalasHapus
  25. belakangan sering lihat Xpander ini, trus banyak-banyak berdoa deh...mudah-mudahan bisa jadi memilikinyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien. Saya doakan cepet punya. πŸ€—

      Hapus
  26. Wah aku belum pernah liat proses perakitan mobil. Keren ya kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak keren banget semuanya hampir pake robot canggih. πŸ˜±πŸ‘

      Hapus
  27. berkunjung ke pabrik mobil itu pengalaman langka lho, karena gak semua orang bisa punya kesempatan itu :) mitsubishi mobil favorit orangtuaku, berasa muda klo bawa mitsubishi hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mbak, yang penting selalu berjiwa muda. πŸ˜ŽπŸ‘

      Hapus
  28. jadi penasaran pengen ngerasain performa mobil xpander ini, nungguin punya sepupu ah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kelamaan tapi yah. Takut ke bawa mimpi haha πŸ˜‚

      Hapus
  29. warbyasak masded ini, ati-ati bawa mobilnya jangan ngebut wkwkwkwk
    seneng banget ya akhirnya, kesampaian menjajal Xpander yang fenomenal :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, link atau tautan, sara,pornografi, dan spam terpaksa dihapus!

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog