Rabu, 14 Februari 2018

Ngobrolin Startup Bareng Pakarnya dari Daily Social dan GDP Venture

SENENG banget bisa ikutan acara “Startup Review Now and Future” yang kurang lebih kalo diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya “melihat masa depan startup sekarang dan yang akan datang.” Pastinya bareng pakarnya yaitu Rama Mamuaya, selaku CEO of DailySocial.id dan Danny Wirianto, selaku CMO of DGP Venture & Angel Investor. Acara ini diadain tepatnya ada di bilangan Café daerah Jakarta Selatan Kamis, (8/02/2018).

Walaupun pas berangkat ke lokasi disambut gerimis manja 🤗, aku tetep bersemangat untuk hadir di acara ini. Dalam kesempatan ini sedikit banyak ngobrolin tentang perkembangan dunia IT juga yang masih ada hubungannya dengan tema blog aku yang fokus pada tiga kategori yakni techno, kuliner, dan traveling.

(Blogger Gathering Startup Review Now & Future)

Ngomong-ngomong, sebelum kita lanjut.. kamu tau dong yah apa startup itu? Kata startup sendiri adalah serapan dari bahasa Inggris loh yang menunjukkan sebuah bisnis yang baru dirintis. Kalo Menurut sumber informasi yang aku daper dari situs Wikipedia.org, startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Oke, sekarang udah jelas yah dan nggak bingung lagi apa itu startup. 🤓

Itu artinya semakin banyak startup di Indonesia, maka semakin bagus buat perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia, karena akan semakin banyak menyerap tenaga kerja. Nggak main-main loh perkembangan startup di Indonesia terus mengalami peningkatan. Saat ini sudah ada lebih dari 230 startup di Indonesia. Bahkan empat di antaranya udah berhasil jadi startup unicorns.

Sebelum kita lanjut, kita bahas dulu apa itu startup unicorns? Indikasi sebuah startup bisa dikatakan unicorns salah satunya adalah startup yang udah memiliki valuasi (nilai) lebih dari 1 miliar dollar AS guys. 😱

Faktor Startup Semakin Maju
Tau nggak, apa yang membuat startup di Indonesia ini terus berkembang dari tahun ke tahun? Setidaknya ada dua point yang aku catat dalam acara ini.

Pertama adalah gaya hidup masyarakat Indonesia yang sudah serba digital. Jaman now gitu loh apa-apa udah serba apps yakan? Nggak usah jauh-jauh deh, dari hal kecil seperti makan, pesen ojek, belanja online sampe kebutuhan lain sudah serba pake apps.


Ini juga yang memacu dunia kreatif berlomba-lomba membuat startup yang diperlukan masyarakat. Jangan-jangan nanti ada aplikasi buat yang jomblo. Eh, udah ada apa belum yah aplikasinya? Aku belum tau juga sih. Haha 😅

Terus yang kedua perkembangan internet di Indonesia udah lebih baik dari tahun ke tahun. Jaringan internet sekarang udah gampang diakses pake smartphone dengan koneksi rata-rata udah support 4G, utamanya buat mereka yang tinggal di kota-kota besar. Menurut data, tahun lalu pengguna aktif internet di Indonesia tercatat 132.7 juta atau 50% lebih tinggi dari tahun sebelumnya. 😱
*****

Dalam laporan startup tersebut, DailySocial.id memprediksikan bahwa startup berpotensi paling besar untuk berkembang pesat adalah startup fintech, media, dan kesehatan di tahun 2018 ini.

Sementara itu untuk startup commerce yang muncul nggak sebanyak di tahun 2017. Tapi yang ada sekarang akan semakin berkembang disusul dengan commerce lain yang lebih spesifik (niche) kategori tertentu. Contohnya, commerce khusus yang bergerak di bidang hijab, smartphone, dan sebagainya.

Mengapa di tahun ini diramalkan startup fintech lebih berkembang dan maju? Pasalnya akuisisi, merger, dan kucuran dana yang udah dilakukan tahun 2017 membuat startup yang bergerak di fintech semakin mantap melangkah maju, apalagi sekarang teknologi dan peraturan sudah mendukung untuk itu semua.


Kalo startup yang bergerak di bidang media sih jangan ditanya yah. Untuk menghadapi politik di tahun 2019 moment pemilihan umum nanti, persiapan sudah dilakukan mulai sekarang bahkan mungkin sejak tahun 2017. Media tetap penting untuk menggiring opini khalayak baik secara langsung dan tidak langsung di tengah maraknya media ‘abal-abal’ atau pemberitaan hoax yang extreme memihak siapa pemiliknya. Parahnya lebih cenderung menjatuhkan lawan politic.

Sejalan dengan semua itu, startup kesehatan semakin berbenah dan terus mengembangkan layanan kesehatan yang paling efisien yang dapat diakses penggunanya menggunakan internet dengan teknologi mobile.

Daily Social dan GDP Venture
Oh iya, mungkin kalian masih ada yang belum familiar sama GDP Venture yah? 🤔 Sedikit aku ulas yah, GDP Venture itu venture builder yang memiliki fokus pada dunia digital baik komunitas, media, commerce, dan perusahaan yang menyediakan solusi di industri konsumen internet di Indonesia.

Didirikan pada 2010, DGP Venture nggak cuma fokus sebagai venture capital, tapi juga memberikan kontribusi dalam memajukan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

GDP Venture memiliki tujuan untuk menciptakan ekosistem yang sehat dalam membentuk perusahaan digital kelas dunia yang didukung oleh tim yang terdiri dari technopreneur kompeten, insinyur, ahli produk, dan pemasaran.

Sementara itu kalo DailySocial.id adalah media teknologi yang fokus pada informasi, edukasi, dan riset inovasi. Selain menjadi sumber dan penyedia data mengenai industri teknologi, DailySocial.id juga membentuk banyak korporasi mengadopsi teknologi melalui digital transformation dan corporate innovation. DailySocial.id juga salah satu anak perusahaan dari GDP Venture.

Nah, buat kalian yang pengen baca startup report secara lengkap bisa klik disini Di dalam link tersebut, terdapat softcopy dari startup report 2017 yang dapat kamu download untuk menambah informasi. Semoga bermanfaat dan akhir kata salam blogger! ● Dede Ariyanto

2 komentar:

  1. Keren ya sekarang banyak startup ,, kalo kaya gini insya allah Indonesia makin sukses.

    BalasHapus
  2. Wahhh bagus ya acaranya....

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, link atau tautan, sara,pornografi, dan spam terpaksa dihapus!

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog