Jumat, 28 Februari 2020

Yuk, Kenalan Sama Coding Bee Academy!

DULU aku sempet mikir kalo belajar coding atau bahasa pemograman itu susah banget. Soalnya, baru ngotak-atik HTML code blog aja udah lumayan bikin aku pusing tujuh keliling. Apalagi kalo suruh belajar coding. πŸ˜†

(Suasana Nyaman di Coding Bee Academy)

Tapi mindset atau cara berfikir aku berubah sejak beberapa hari lalu maen ke Coding Bee Academy. Buat kalian yang nggak tau, Coding Bee Academy itu sekolah coding khusus untuk anak usia 5-17 tahun lho. 😱 Tempat bagi anak-anak dan remaja untuk belajar mengenai coding (bahasa komputer) dan membangun teknologi yang menarik!

Walaupun baru berdiri selama kurang lebih tiga tahun, Coding Bee Academy udah punya delapan cabang di Jakarta. 😱 Amazing-nya, walau baru tiga tahun siapa yang nyangka tercatat udah ada 2000 siswa aktif yang udah belajar dan udah bisa bikin aplikasi atau software sebanyak 20.000. 😱

Metode atau cara belajarnya juga unik dan menarik. Anak-anak nggak langsung disuruh coding. 😜 Dimulai dari hal yang kecil dulu, bahkan pake alat peraga permainan supaya anak bisa maen l(ogikanya untuk memecahkan problem solving dan menciptakan program-nya sendiri. Intinya, menciptakan suasana belajar yang fun dan exciting biar nggak membosankan. πŸ˜ŽπŸ‘

(Eko Haripin & Catherine, Co-Founder Coding Bee Academy)

Ada tiga tingkatan belajar di sini. Mulai dari basic, intermediate dan advance sesuai sama perkembangan usia anak-anak. Oh iya, Coding Bee Academy juga bagian dari code.org, organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memperkenalkan computer science kepada anak-anak sejak usia dini.

Pas sesi room tour.. aku liat anak-anak selain bisa membuat program sendiri mereka juga rata-rata fasih berbahasa Inggris dengan para pengajarnya. Luar biasa! Tempat dan ruangannya nyaman banget dan privat. Sehingga anak-anak dengan mudah dan cepat proses belajarnya. Itu juga sangat membantu pengajar dalam memahami setiap karakter dan kemampuan siswa-siswanya.

K12 Computer Science Education Fair 2012
Nah, dalam rangka mengedukasi masyarakat betapa pentingnya coding dalam kehidupan sehari-hari. Coding Bee Academy dan BPK Penabur Jakarta bakal bikin event atau pameran “K12 Computer Science Education Fair 2012” yang bakal diadain pada 6-9 Maret 2020 di Main Atrium Emporium Pluit Mal, Jakarta Utara.

Selain ajang kompetisi software atau Code Olimpiade, di event ini juga ada Smart Talk Show dengan pembicara Harris Iskandar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Ada juga dari luar negeri Leonardo Ortiz dan Jaken Bell dari code.org Lokasinya masih sama cuma beda aja tempatnya. Kalo yang Smart Talk Show ada di Skenoo Hall, Empurium Pluit Mall, Lantai 9.

Sempet bengong juga pas mas Eko selaku Co-Founder dari Coding Bee Academy sharing session beliau kasih pertanyaan ke kita-kita yang hadir, “Kira-kira, apa yang akan terjadi kalo nggak ada coding atau program komputer di kehidupan kita?” πŸ€” Hal terparah dan berimbas adalah dunia perbankan di mana semua sistem kerja komputernya seperti PIN itu menggunakan program komputer. Nasabah bisa saja kehilangan uang mereka seketika itu juga. Belum lagi dengan listrik dan lalu lintas yang pasti akan lumpuh. 😱 Dan masih banyak lagi mas Eko mencontohkan. Itu tandanya, kalo coding itu sangat penting banget dalam kehidupan kita sehari-hari tanpa banyak orang pahami.

(Suasana Belajar Mengajar Coding Bee)

Untuk anak-anak, setidaknya belajar coding sejak usia dini mampu membuat anak semakin imajinatif, kreatif dan menumbuhkan rasa percaya diri. Mengingat peraga belajar yang digunakan bisa dimulai dengan bermain robot, kartu gambar sampai akhirnya anak-anak bisa membuat coding-nya sendiri.

Oh iya, event ini nggak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS. Jangan lupa ajak ayah, bunda, om, tante, adik, kakak, atau gebetan kamu juga boleh buat dateng ke “K12 Computer Science Education Fair 2012”. 😁 Sekian dulu yah untuk postinganku hari ini. Semoga bermanfaat, khususnya buat para orang tua yang ingin memiliki anak punya kemampuan atau skill coding pemrograman computer. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

0 komentar:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog