Thursday 6 December 2018

Sekarang, Kaum Milenial Juga Bisa Investai loh. Beruntung Banget Mereka yang Ikutan Tomorrow Today Fun(d) Festival

KALO kita ngomongin soal saham pasti yang diinget itu orang kaya yah. Padahal, sekarang ini mainan saham nggak cuma didominasi sama orang kaya ajah loh. :) Malah sudah masuk ke ranah kaum milenial. Yah, bener banget kaum milenial! Sama halnya dengan tabunganlah, menanam saham kalo bisa dilakukan sejak dini lebih baik. Enggak harus nunggu kalo udah sukses betul. :)

Paham soal ini, Sorak Gemilang Entertainment (SGE) baru aja bikin acara Tomorrow Today Fun(d) Festival yang diadain di Senayan City, Kamis, 1 Desember 2018. Tomorrow Today Fun(d) Festival kemaren punya konsep menggabungkan edukasi finansial sama musik dan art. Acara ini terselenggara berkat kerjasama SGE dengan PT Narada Aset Manajemen.

(Dream Paper Press Conference Tomorrow Today Fun(d) Festival)

Oh iya, sebelum dilanjut pembahasan kita pada kali ini buat kalian yang nggak tau apa itu SGE ini aku kasih tau dulu profilnya yah. Jadi, SGE itu sejarahnya ada sejak tahun 2012 untuk membuat dan mempertunjukkan pentas teater dan pertunjukan arena, dengan fokus pada produksi dan promosi hiburan keluarga.

Selain bekerja dengan para pemimpin industri dalam proyek-proyek internasional, SGE melalui spesialisasinya dalam produksi, pameran, dan kegiatan untuk keluarga bertujuan untuk fokus pada proyek-proyek budaya dan pendidikan dalam hiburan yang dirancang untuk menciptakan perubahan positif kepada keluarga pada umumnya, dan anak-anak pada khususnya. Dari sini kita jadi tau yah emang bagus dan keren sih acara atau event yang dibikin sama SGE. :)

Soalnya nggak tanggung-tanggung dan main-main bintang tamu dan narasumbernya aja datangin anak dari orang nomor satu di Indonesia ini loh! :) Siapa lagi kalo bukan Kaesang Pangarep (owner Sang Pisang) anaknya bapak Presiden Jokowi Widodo. Selain Kaesang Pangarep, hadir juga entrepreneur dan social media influencer inspiratif seperti Jovi Adhiguna (content creator), Nicoline Patricia (fotografer), Kenny Santana (travel blogger) dan Agatha Suci (musisi) yang akan berbagi tips pengelolaan keuangan dan pengembangan bisnis atau karir dengan memanfaatkan jejaring sosial. Ada juga sederet musisi ternama seperti HiVi, Tulus, dan Teza Sumendra yang siap memeriahkan acaranya. :)

Tujuan dari cara ini nggak lain sebagai awareness dan ajakan buat kaum milenial buat keluar dari permasalahan cashflow, pentingnya financial checkup, menabung, investasi dan membiasakan diri untuk nggak utang buat hal-hal konsumtif dan gaya hidup yang berlebihan. Tuh-kan, apa aku bilang. Acaranya itu edukatif banget.

Menurut Merli Sumali, selaku Marketing Director SGE mengatakan “Tidak dipungkiri, milenial Indonesia sekarang ini juga sudah banyak yang sukses di usia muda. Baik itu sebagai pengusaha maupun sebagai karyawan. Seiring dengan keberhasilannya itu, para milenial rentan sama yang namanya kebutuhan gaya hidup tinggi. Seperti traveling, shopping atau hangout misalnya”.

“Oleh karena itu, penting untuk membekali diri sama yang namanya perencanaan dan pengelolaan keuangan yang bijak agar terhindar dari masalah cashflow dan memastikan masa depan yang lebih baik. Itu loh yang jadi latar belakang diadakannya Tomorrow Today Fun(d) Festival. Tujuannya tentu untuk mengajak para milenial untuk mulai menyiapkan masa depan dengan baik, salah satunya dengan berinvestasi sejak dini.” Katanya. Setuju banget aku kalo kayak gini. :)

Tau nggak sih ada data yang mengejutkan yang dikutip situs berita luar negeri bloomberg.com kalo ternyata generasi milenial kini kuasai investasi di pasar modal loh. Dari sekitar 1,5 juta investor perorangan, sebanyak 34,08% teridentifikasi generasi milenial dengan rentang usia 21-30 tahun. Tapi, ada tapinya nih guys. :) Meskipun begitu, partisipasi perorangan di Indonesia sendiri terbilang paling rendah di kawawan Asia. Yaitu, hanya 1% dari sekitar 260 juta penduduk Indonesia yang telah terdaftar sebagai investor saham.

Sementara kalo kata Oktavian Dondi selaku Directur Utama PT Narada Aset Manajemen katanya begini, “Investasi bukan hanya untuk mereka yang berkecukupan, tapi untuk semua, termasuk para milenial. Melihat data di atas, para milenials belum banyak yang mengerti pentingnya investasi dan tidak tahu bagaimana cara memulai investasi. Padahal memulai investasi sangat mudah. Salah satu investasi adalah reksadana yang dikelola oleh manajer investasi yang dapat menjadi alternatif yang aman dan bisa dimulai dengan nominal yang sangat terjangkau. Kemudahan berinvestasi inilah yang ingin kami soasialisasikan ke milenial melalui acara Tomorrow Today Fun(d) Festival”.

(Press Conference Tomorrow Today Fun(d) Festival)

Masih kata mas Oktavian Dondi nih guys, di dalam acara ini kami ingin membuka paradigma bahwa investasi itu milik semua orang bukan milik orang kaya saja. Sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berinvestasi dan menikmati hasil investasi yang sama layaknya nasabah prioritas atau dikenal affluent customer.”

Tips menarik juga disampaikan sama Ligwina Hananto selaku Financial Trainer & Founder QM Financial mengatakan, “Sebelum memulai investasi, tetapkan keuangan. Setelah itu, atur penghasilan dengan baik. Ada tiga hal agar keuangan tetap sehat. Pertama, biasakan catat pengeluaran. Kedua, alokasikan uang untuk menabung (minimal 10% dari penghasilan bulanan), cicilan (maksimal 30% dari penghasilan bulanan), pengeluaran rutin, pribadi atau lifestyle (maksimal 20% dari penghasilan bulanan) dan sosial. Dan terakhir atau yang ke-tiga, menjaga cicilan agar maksimal 30% dari penghasilan bulanan”.

“Untuk menabung, para milenials dapat melakukannya di bank konvensional, menabung emas atau berinvestasi. Buat rekening terpisah antara pengeluaran bulanan, rekening hura-hura dan rekening menabung untuk tujuan tertentu seperti Dana Darurat, Dana Pendidikan dan lainnya. Reksadana salah satu bentuk investasi yang direkomendasikan untuk para milenial. Reksadana mudah dibeli dan mudah dicairkan, jangka waktu yang dipilih sesuai tujuan keuangan dikelola profesional dan berbiaya relatif rendah serta tentunya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menariknya, setiap pembelian tiket senilai Rp 150.000, akan dikembalikan ke pembeli tiket dalam bentuk investasi reksadana senilai Rp 100.000 :). Investasi bisa dimulai semudah itu guys. Udah gitu sekalian belajar mengenai investasi, Narada Aset Manajemen juga akan mengadakan kelas investasi selama acara dengan cara yang lebih fun dan mudah dimengerti. Udah dulu yah guys untuk postingan kali ini. Semoga, informasi ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Amien. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

0 comments:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog