Sabtu, 30 Juli 2016

BerryPay, Membuat Segalanya Lebih Mudah dan Nyata

ORANG sekarang lebih gelisah ketika ketinggalan smartphone dibanding ketinggalan dompet. Ketinggalan dompet, kita masih bisa minjam uang dulu sama teman, tapi ketinggalan smartphone meskipun jaraknya lumayan jauh orang rela balik lagi ke rumah demi mengambil gadget kesayangannya.

Maklum smartphone sekarang fungsinya tidak hanya bisa buat nelpon dan SMS saja, tapi hampir semua kebutuhan dan pekerjaan bisa digarap dengan benda canggih yang bernama smartphone.

Termasuk kebutuhan Financial Technology atau yang biasa disingkat dengan fintech. Salah satunya adalah aplikasi BerryPay yang dalam waktu dekat akan segera resmi diperkenalkan.

Melihat dari namanya, Berry, saya langsung teringat dengan buah Berry dan Pay sendiri sudah jelas dalam bahasa Inggris yang artinya adalah pembayaran.

Pemilihan logo dan nama BerryPay sendiri menurut Azrin Abdullah selaku CEO dari BerryPay dalam bincang sekaligus halal bi halal bersama komunitas Blogger Crony yang berlokasi di Community Coffee Bintari, Rabu 20 Juli 2016, diungkapkan terinspirasi dari smartphone asal Kanada khas dengan keyboard QWERTY-nya yang dulu sempat heboh dan fenomenal penggunaannya di Indonesia.

Acara Halal bi Halal Sekaligus Mengenal Lebih Dekat BerryPay

Diharapkan BerryPay juga diterima masyarakat Indonesia dan menjadi fenomenal seperti itu. Bukan meniru atau mencontek, tepatnya terinspirasi, loh yah. Itu artinya, BerryPay sudah direncanakan jauh-jauh tahun karena jauh-jauh hari itu terlalu mainstream, bro! :)

Kali pertama smartphone buatan Kanada tersebut masuk di Indonesia tahun 2004 pada pertengahan Desember. Baru kemudian BOOM dan fenomenal pada tahun 2010.

Saat itu saya masih ingat karena pernah mengulas di rubrik koran digital terkemuka di Jawa Tengah dan Semarang menjadi beberapa artikel. Kebetulan saat masih menjadi mahasiswa saya sudah mengisi rubrik digital di dua koran terkemuka di Jogja dan Semarang. Itu artinya, BerryPay sudah dikonsep sejak tahun 2004 dan siap di-launching pada tahun ini. Sebuah perjalanan waktu yang lumayan panjang.

Logo BerryPay

Lantas apa sih aplikasi BerryPay itu? Saya kutip dari situs resminya "BerryPay is a combination of several online products built to provide ease, comfort and safety in online transactions". Jika diartikan dalam bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini, "BerryPay adalah kombinasi dari beberapa produk secara online dibangun untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan dalam transaksi online."

Meskipun masih beta dan belum resmi dirilis, tapi saya dan beberapa rekan blogger sudah bisa mendownload dan mendaftarkan account di BerryPay.

Oke, saya terangkan biar lebih jelas lagi. Saat ini, kegunaan dan manfaat jika kita menggunakan BerryPay antara lain.

Pay Bills
Kemudahan yang ditawarkan pertama kali kita bisa membayar tagihan atau pay bills. Tagihan apa saja?

Tagihan pasca bayar tiga operator besar yang ada di Indonesia. Di saat mendadak dan genting butuh pulsa kita juga bisa mengisi pulsa pra bayar langsung dari smartphone kita menggunakan aplikasi BerryPay. Mudah bukan, kita tidak harus capek-capek cari pulsa apalagi pas kondisi lagi jalan-jalan atau lagi di kendaraan.

Selain bisa bayar tagihan dan isi pulsa, kita juga bisa membayar tagihan TV kabel atau TV berlangganan, PDAM atau PLN.

Pay Zakat
Melalui aplikasi BerryPay yang bermitra dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz) kita bisa langsung memotong saldo yang ada di BerryPay. Tersedia dua pilihan pembayaran zakat antara lain zakat fitrah dan zakat maal atau zakat harta.

Serahkan saja keahliannya baznaz dan tidak usah ragu karena mereka adalah badan amil zakat yang kredibilitasnya sudah teruji dan tidak perlu diragukan lagi.

Withdraw Money from Account
Jika perlu dalam bentuk uang tunai kita juga tetap bisa melakukan penarikan uang dari akun BerryPay yang sudah didukung 70 Bank yang ada di Indonesia. BerryPay juga sudah mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB.

Fungsinya menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan.

Apapun bentuk fintech, jika sudah mendapat persetujuan OJK, itu artinya uang kita sudah terjamin dan mendapat perlindungan dari negara.

Check Account Balance
Di BerryPay kita juga dimudahkan dalam mengecek berapa jumlah saldo uang yang tersisa. Tidak ada lagi ketakutan over limit seperti kasus yang banyak menimpa pada kartu kredit. Maen gesek-gesek tak tahunya bablas tagihan membengkak.

Ini karena model atau sistem yang diterapkan oleh BerryPay mengharuskan pengguna melakukan isi saldo terlebih dahulu atau topup yang sudah didukung oleh 70 Bank di Indonesia sebelum saldo tersebut digunakan sesuai dengan yang sudah disebutkan di atas.

Topup Acount at ATM
Oh iya, topup bisa dilakukan di ATM Bersama terdekat ke nomor rekening virtual BerryPay dengan tambahan nomor kode Bank.

Transfer and Request Fund to Friend
Selain membayar tagihan (pay bills), melakukan penarikan uang (withdraw money account), membayar zakat (pay zakat), isi ulang saldo dengan menggunakan ATM Bersama (topup Acount at ATM) dan cek saldo BerryPay (check account balance), dengan saldo uang tersebut kita juga bisa melakukan transfer ke sesama pengguna BerryPay di seluruh Indonesia. Tidak perlu antri atau menunggu jam buka Bank yang terbatas waktu.

Cocok juga bagi mereka yang belum atau kesulitan buka rekening di Bank. Karena dengan BerryPay, kita akan mendapatkan nomor rekening virtual Bank lengkap dengan password sebagai PIN-nya. Syaratnya hanya punya akun e-mail dan smartphone yang sudah terpasang aplikasi BerryPay.

Asyiknya lagi, selain bisa kirim-kiriman uang ke sesama pengguna BerryPay kita juga bisa request minta dikirim uang ke saudara jika saldo BerryPay sudah habis.
***
Ilustrasi Beberapa Fitur BerryPay

Aplikasi BerryPay saat ini baru tersedia di Google Play Store untuk pengguna device Apple harap bersabar karena statusnya masih coming soon. Semoga pas launching sudah siap dan tersedia.

Aplikasi BerryPay ini free alias gratis, kapasitasnya hanya 5.13 MB saja, dalam hitungan kurang dari satu menit saja aplikasi BerryPay sudah terpasang di smartphone. Apalagi tiga jaringan operator yang ada di Indonesia sudah mendukung jaringan 4G.

Update terbaru aplikasi BerryPay memasuki versi 1.0 terakhir di-update pada 25 Juli 2016. Dikelola dan dikembangkan oleh PT. Berry Technology, yang beralamat di Rukan Tamarin, Jl. Asem Dua No.10 D Cipete Selatan - Jakarta Selatan. Kantor keduanya ada di 22nd Floor Kota Kasablanka.

Bagaimana dengan keamanan BerryPay? Tenang, data kita aman karena sudah menggunakan tingkat enkripsi data tinggi. Bagaimana, dengan BerryPay mudah itu nyata, bukan? Salam blogger. ● Dede Ariyanto

5 komentar:

  1. Keren banget app BerryPay, nggak perlu ngantri lagi buka rek di bank ya mas dede

    BalasHapus
  2. saya lebih suka kang Berry..... ngasihnya langsung cash hihihi

    BalasHapus
  3. ini bisa buat belanja online di merchant² juga nggak?? seperti paypal??

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!