Monday 22 August 2011

Merekam Siaran Televisi

Dimuat di harian Suara Kedaulatan Rakyat (KR) 22 Agustus 2011.
Kolom DIGITAL Klik disini untuk membaca versi online

Televisi atau yang biasa disebut dengan TV nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Tiada TV kamar kos terasa sepi begitupun dengan keluarga serasa ada yang kurang. Terbukti rata-rata setiap rumah memiliki TV. Disamping harganya yang relative murah juga tersedia dengan berbagai pilihan, apalagi sejak produk Cina membanjiri pasar Indonesia menjadikan harga TV semakin bersaing.Di era canggih sekarang ini TV dapat diakses dengan berbagai cara, mulai dari saluran internet dengan mengunjungi http://mivo.tv/home.php yang lazim disebut dengan TV Streaming atau TV Online, atau dari perangkat handphone yang sudah mendukung fitur TV. Sehingga meskipun dalam keadaan mobile saat ada acara yang disenangi seperti Moto GP atau pertandingan langsung sepak bola Anda dapat menonton kapanpun dan dimanapun.

Di bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah ini banyak acara-acara Islami yang bermanfaat. Di mana acara-acara tersebut jarang sekali tayang di hari-hari biasa. Begitu juga dengan stasiun-stasiun TV yang berlomba-lomba menawarkan acara Islami kepada penonton. Pertanyaan besar yang kemudian muncul adalah bagaimana cara merekam acara TV yang sedang berlangsung? Berbagai alasan muncul mulai hanya sebagai hobby atau koleksi, kenang-kenangan atau penelitian dan kajian acara-acara tertentu terutama bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Meminta file video arsip langsung ke stasiun nampaknya tidaklah efektif atau mendownload di YouTube juga bukan solusi karena biasanya video yang ada di YouTube terdapat banyak noise (tidak jernih). Satu-satunya cara adalah dengan cara merekam acara TV tersebut.

Untuk merekam acara TV sebenarnya tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Yang paling mudah adalah dengan membeli TV tuner internal. Cara merekamnya pun mudah, cukup cari acara yang ingin direkam dan pilih record. Dapat juga menggunakan software camtasia studio bagi mereka yang menggunakan jalur TV Online. Jika pada ponsel yang mendukung fitur TV, hampir sama dengan TV tuner internal pilih opsi record dan tentukan jenis file tipe-nya. Dengan menggunakan handycam juga bisa. Jika menggunakan handycam, handycam yang digunakan harus mempunyai saluran video IN dan sekaligus saluran digital out, yang biasanya berupa firewire. Saluran video OUT TV disambung ke saluran video IN handycam, dan saluran digital out handycam (firewire) disambung ke firewire yang ada di komputer. Tentu saja, cara ini hanya dapat dilakukan jika komputer Anda dilengkapi dengan firewire. Atau menggunakan kamera digital. Beberapa kamera digital dapat juga digunakan untuk merekam video. Jika yang tersedia hanya sebuah kamera digital, padahal Anda ingin merekam acara TV, Anda tetap dapat melakukannya, dengan cara yang sama persis dengan handycam, karena pada saat itu, kamera digital difungsikan sebagai handycam. Bisa dengan menggunakan kabel video (kalau di kamera memang ada saluran video IN, tapi sangat jarang), atau dengan mengarahkan ke layar TV secara langsung (merekam secara manual) namun hasilnya tentu tidak akan maksimal.

Setelah melakukan perekaman, Anda juga dapat mengedit hasil file video rekaman, menyimpan, meng-upload ke YouTube, men-share ke Facebook atau diburning langsung ke CD. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi melewatkan tayangan TV karena sudah memiliki alat rekam TV. Semoga bermanfaat. Amin.

6 comments:

  1. Jika merekam secara manual dengan kamera digital, apakah tidak merusak lensa kamera?

    ReplyDelete
  2. Bisa merusak mas kalo terlalu dekat. Thanks

    ReplyDelete
  3. pake vlc aja dijamin tokcer,.ho2

    ReplyDelete
  4. Bener tuh kata Victor Yulianus, tapi aku belum pernah coba :D

    ReplyDelete

Terimakasih yah udah ngunjungi blogku ini. Maaf banget, komentar yang isinya iklan, link hidup, sara, pornografi dan spam bakalan aku hapus!


Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog