Monday 21 March 2011

Menyulap Hand Phone Menjadi iPhone

Dimuat di harian Suara Kedaulatan Rakyat (KR) 21 Maret 2011.
Kolom DIGITAL Klik di sini untuk membaca versi online
Klik di sini untuk mondownload aplikasi pendukung artikel ini.
Klik di sini untuk mendownload artikel ini.

SEJAK iPad 2 resmi dirilis 11 Maret 2011 di San Fransisco Amerika Serikat, nampaknya semakin mengukuhkan saja bahwa iPhone sampai saat ini, setidaknya sampai artikel ini saya tulis masih menjadi trend di kalangan masyarakat. Terbukti dengan laris manis penjualan iPad generasi pertama dan bahkan sampai rela antre. Lantas apa keterkaitannya antara iPad dan iPhone terutama dengan judul artikel ini?.



Jelas ada keterkaitannya, karena sejatinya iPad adalah jelmaan dari produk Apple Inc yang semula iPhone. Dimana, letak perbedaannya pada bentuk. iPhone memiliki ukuran dan berat lebih kecil dari iPad. Namun, semua fitur yang ada di iPhone terdapat juga di iPad. Artinya, iPhone-lah yang berjasa dalam menginspirasi generasi berikutnya berupa iPad. Lantas apa yang membuat iPhone ini laris di pasaran? Tidak lain karena kualitas yang diciptakan Steve Jobs dalam menyajikan produk-produk bersama team-nya itu. Perfect dan interest, itulah alasan mengapa iPhone laku di pasar meskipun harganya relatif wah. Salah satu yang menjadikan iPhone digemari yaitu dengan tampilannya yang easy by doing, berupa icon-icon yang berderet kecil seperti fungsi short cut pada desktop.
Kembali ke iPhone, di sini kita sebenarnya dapat menyulap hand phone menjadi iPhone. Meskipun hanya tampilannya saja, tetapi jangan salah dengan cita rasa iPhone tentunya. Untuk mewujudkan keinginan tersebut maka Anda terlebih dahulu harus mendownload aplikasi bernama snaptu. Snaptu ini yang nantinya akan menyulap hand phone mirip dengan iPhone. Untuk dapat mendownload snaptu, terlebih dahulu pastikan hand phone dapat terhubung ke internet. Cara mendownloadnya adalah dengan mengakses alamat m.snaptu.com dengan browser Opera Mini atau browser bawaan hand phone. 'm' di sini menggantikan fungsi dari 'www'. Arti 'm' adalah mobile access sehingga akses dan download aplikasi akan jauh lebih cepat. Ikuti perintah yang ada di halaman dan download aplikasi snaptu kemudian instal.

Aplikasi snaptu, selain memiliki tampilan mirip iPhone juga dalam hal browser dapat diandalkan jika dibandingkan Anda browsing menggunakan browser bawaan hand phone. Mengapa? Karena mereka memiliki server khusus yang melakukan kompresi data sebelum akhirnya ditampilkan di layar hand phone, cara kerjanya hampir sama persis dengan Opera Mini.

Setelah Anda menginstal snaptu di hand phone, maka halaman snaptu itu akan tampil terdiri dari icon-icon yang seperti shortcut di desktop atau di iPhone. Setiap icon-icon itu yang akan mengarahkan langsung jika diakses. Anda pun dapat memilih, mengganti atau mendownload dari Snappstore. Snappstoere menyediakan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan persis seperti di App Store miliknya Apple Inc. Snappstore menyediakan beragam aplikasi gratis yang dibutuhkan. Mulai dari jejaring sosial: Facebook, Twitter, Friendster, Linkedin, Bebo, mig33, Nimbuzz, Orkut dan masih banyak yang lainnya. Dengan Kategori: Top 10, Social Network, Utilities, News, Entertainment, dan Sport.

Bagi pebisnis atau pelajar, kebutuhan akan aplikasi kamus atau hanya sekadar membaca berita yang ter-cover dalam satu Fedd atau RSS, di mana satu Feed itu mendukung portal berbagai berita media cetak atau online yang ada di Indonesia bahkan dunia.

Kita juga dapat melihat perkiraan cuaca, score life pertandingan bola online. Jadwal dan film yang ada di bioskop atau sekedar menonton video lucu YouTube. Kesemuanya itu terintegrasi satu aplikasi bernama snaptu tanpa harus membuka alamat masing-masing penyedia website satu-persatu. Cukup sekali klik, maka sudah mendapatkan apa yang dibutuhkan. Sedangkan untuk jenis dan tipe hand phone yang mendukung sudah hampir semuanya mendukung, asalkan hand phone-nya mendukung aplikasi java. Dengan demikian Hand phone Anda secanggih iPhone dan lebih bermanfaat lagi. Semoga.

0 comments:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog