Monday 6 December 2010

Mengetik Teks Arab di Windows 7

[Dimuat di surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta 6 Desember 2010]
[Rubrik DIGITAL]
[Download aplikasi di artikel, silakan klik disini]

BAGI yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Windows XP, tentu sudah banyak yang mengetahui bagaimana mengetik teks berbahasa Arab di Microsoft Word, namun belum tentu dengan sistem operasi di Windows 7. Padahal lebih mudah dari pada seting di Windows XP, karena tidak memerlukan CD instalasi sama sekali seperti saat seting di Windows XP.

Ilustrasi Gambar Mengetik Teks Arab di Windows 7

Bahasa Arab adalah bahasa internasional sama halnya dengan bahasa Inggris. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang datang ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya dari berbagai penjuru dunia. Pun dengan banyaknya lembaga pendidikan yang mengajarkan bagaimana belajar bahasa Arab belum lagi dengan pendidikan yang menganut sistem Madrasah atau pondok pesantren.

Selain itu keistimewaan lain bagi yang mengetahui bahasa Arab sebenarnya kaya akan makna jika dibandingkan dengan bahasa lain. Untuk itu tidak mengherankan jika banyak pengguna komputer yang menginginkan komputer atau laptop-nya diseting agar dapat menulis teks berbahasa Arab, terutama bagi mereka yang beragama Islam atau yang sedang study keislaman seperti di Mesir atau kampus-kampus Islam.

Jika di Windows XP seting menulis teks bahasa Arab memerlukan CD instalasi, karena di Windows XP sendiri belum terintegrasi saat instalasi sehingga perlu penambahan lagi agar dapat mengetikkan teks Arab dalam data base Windows XP itu sendiri. Hal ini berbeda dengan Windows 7 sangat mudah sekali melakukan seting karena tidak memerlukan software atau DVD instalasi Windows 7 seperti di Windows XP. Caranya adalah masuk ke menu 'Control Panel' kemudian ke menu 'Region and Language' pilih 'Keyboards and Languages' dan pilih 'Change Keyboards' pilih 'Add' cari dan pilih 'Arabic (Saudi Arabia)' kemudian klik 'OK'. Jangan lupa komputer di restart terlebih dahulu sebelum digunakan.

Sampai di sini seting menulis teks Arab di Windows 7 sudah berhasil. Untuk menggunakannya adalah dengan cara membuka Microsoft Office 2007, tekan tombol 'Alt dan Shift' secara berbarengan untuk perpindahan dari menulis teks Arab ke teks Inggris ataupun sebaliknya. Dapat juga dilakukan secara manual dengan cara meng-'Klik' pada taskbar paling pojok bawah kanan di Windows 7 yang bertuliskan 'EN'. Pilih 'AR' unuk menulis teks Arab jika ingin kembali ke teks menulis Inggris pilih 'EN' kembali. Bagi yang belum mengetahui bagaimana mengetik huruf-huruf Arab di keyboard dapat memanfaatkan fungsi 'On-Screen Keyboard' bawaan Windows 7 terkecuali bagi yang sudah hafal/ terbiasa mengetik teks Arab atau keyboard yang sudah mendukung input Arab.

Belum lengkap juga rasanya jika tidak membahas sekaligus bagaimana menyisipkan Al-Quran di Microsoft Office 2007, karena menurut hemat penulis keduanya adalah satu paket yang tidak terpisahkan satu dan yang lainnya. Berbagai cara menyisipkan ayat Al-Quran ke Microsoft Word yang dilakukan pengguna komputer mulai dari menulis secara manual ataupun menyisipkan gambar yang memang bertuliskan ayat Al-Quran ke Word dan lain sebagainya. Dapat dibayangkan betapa banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk menulis ayat Al-Quran bagi yang belum terbiasa apalagi dalam jumlah banyak.

Adalah aplikasi bernama Plug Ins Alquran for Ms-Word Ver. 1.3 versi terbaru yang dibuat oleh anak bangsa bernama Mohamad Taufiq asal Depok Indonesia. Jika dulu ia membuat untuk versi Microsoft Word 2003 sekarang dengan versi terbarunya yang sudah mengalami revisi dalam hal input dan juga sudah mendukung terjemahan bahasa asing: Indonesia, Inggris, Malaysia, Jerman, Bosnia, Persia dan Rusia.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini caranya cukup mudah kunjungi situs pada alamat http://www.myquran.org/msword/ kemudian unduh aplikasi Plug Ins Alquran for Ms-Word sesuai dengan kebutuhan. Bagi yang ingin menginstal kitab digital Maktabah Syamilah dapat membaca artikelnya dengan cara klik disini.

Adapun cara menggunakan aplikasi ini adalah dengan membuka Microsoft Word 2007 pada menu Ribbon pilih menu 'Add-Ins' dan pilih Al-Quran selanjutnya input ayat atau surat Al-Quran yang dikehendaki dan klik 'OK'. Secara otomatis ayat Al-Quran akan ter-input di Word dalam waktu relatif cepat tanpa susah payah lagi untuk mengetik secara manual.

45 comments:

  1. wah iya sudah aku coba bisa...makasih ya..

    ReplyDelete
  2. ijin nyimak yaa..

    ReplyDelete
  3. mas dede mo tanya nie?
    kenapa setelah pilih 'Add' dan pilih 'Arabic (Saudi Arabia)' tombol ok nya masih ga aktif yach?! jd ga bisa klik ok nie

    ReplyDelete
  4. @ Anonim
    Betul. Klik lagi pada pilihan 'Arab (Saudi Arabia)-> Keyboard berikan tanda centang pada 'Arabic (101)' dan di 'Other' berikan tanda centang 'Ink Correction'. Pasti tombol 'OK'-nya bisa. Oke. Selamat mencoba :D

    ReplyDelete
  5. mas dede mo tanya lagi nie?
    pada waktu pemilihan languange arabic ( arab saudi ) itu kan ada tiga pilihan, yaitu : arabic ( 101 ) & arabic (102) & arabic (102) AZERTY, itu perbedaannya dimana yach? soalna aq sudah terlanjur pilih yang arabic (102) AZERTY. terus klo misalna mo ganti gmn yach.....

    thx banget atas info n jawabannya...

    salam kenal dari aq


    elsimani

    ReplyDelete
  6. @ Anonim
    Sama ajah mas, perbedaannya cuman di font. Kalo mau diilangin caranya hampir sama dengan yang di atas :D

    ReplyDelete
  7. to mas dede,
    klo di windows 7 untuk penulisan angka arab atw pemberian harokat gmn yaach?
    n maaf banget yach klo banyak tanya, maklum masih newbie.......n thx banget atas jawabanya yach( el simani)

    ReplyDelete
  8. @ El Simani
    Untuk dapat memberikan harokat pada huruf Arab di Office 2007, terlebih dahulu Anda hafal tataletak harokat yang ada di keyboard. Agar tidak repot beli ajah keyboard yang support dengan font Arab. Atau print dan tempel di keyboard :D. Biasanya jika nootebook atau laptop di Indonesia jarang yang memiliki fasilitas keyboard lengkap dengan harakat. Terkecuali jika Anda langsung membeli, pesen, atau titip pada temen Anda yang berada di luar negeri. Namun, ada cara lain. Pada Start -> Run -> ketik OSK kemudian enter. Tekan tombol Alt+Shift secara bersamaan. Maka tombol on-Screen Keyboard akan berubah-uabah dari bahasa Arab-English atau Indonesia sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh saya akan memberikan harokat kasroh maka saya menekan tombol shift+A secara bersamaan, begitu juga dengan harokat yang lainnya. Anda tinggal mencari di on-Screen Keyboard.

    Sedangkan untuk penomoran angka yang menggunakan angka Arab Anda harus menseting pada Office-nya. Caranya buka Office -> Office Button -> Word Option -> Advance -> Numeral. Ganti menjadi Indi. Jika ingin mengembalikan lagi cukup ganti lagi Indi ke System atau setingan awalnya. Begitu kira-kira :D

    ReplyDelete
  9. mas dede, sy menggunakan window 7, punya program quran in word, menu nya sama bisa menampilkan tulisan alquran.tp kl pengen mengetik arab manual caranya bgmn?

    ReplyDelete
  10. @ Anonim
    Baca balasan komentar yang sudah ada.
    Untuk download software yang Anda maksud, sudah saya sertakan juga dibawah judul postingan di atas blog ini. :D

    ReplyDelete
  11. wah subhanallah mas, sudah sy coba dan insyaallah bermanfaat bgt :) :) mkasih banyak mas :)

    ReplyDelete
  12. mas dede saya sudah coba dan alhamdulillah berhasil ^ ^ tapi kalau untuk font fathah berdiri (misalnya untuk lafazh "Allah") bagaimana caranya ya? terima kasih.. ^ ^

    ReplyDelete
  13. @ Fenty
    oke, sama-sama. Doakan terus semoga tulisanku terus dimuat di KR dan Suara Merdeka dan membawa manfaat he he :D

    ReplyDelete
  14. @ Anonim
    Sudah otomatis kok mas, coba ajah tekan tombol H terus G 2x dan I. Dijamin bisa :D

    ReplyDelete
  15. mohon izin utk mencupliknya termasuk komentar jg, krn anak saya sangat membutuhkan untuk membuat tugas sekolahnya.

    Salam,
    Asep

    ReplyDelete
  16. woww iya benar mas, saya coba H, G 2x, dan I, dan berhasil mmbuat lafazh "Allah" :D
    thanks mas, maju terus!

    ReplyDelete
  17. Yoi coy, sami-sami. Semoga artikel sambungannya dengan judul "Menginstal Maktabah Syamila di Windows 7" dimuat KR Senin ini. Sehingga lebih lengkap :D

    ReplyDelete
  18. amin,,,,
    mas mau tanya lagi hehee.. maaf nih, masih soal font fathah berdiri. kalau untuk kalimah lain selain lafazh "Allah" bagaimana membuatnya yah? terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
  19. Terimakasih atas do'a-do'anya artikel tentang cara 'Menginstal Maktabah Syamilah' di muat juga oleh KR untuk membacanya dapat mengaksesnya. Caranya klik di sini

    Jawaban dari blo sebelah:

    Mengenai masalah fathah berdiri, untuk menuliskannya sangatlah mudah. Namun karena harakat ini memiliki unicode yang tidak tercantum dalam arabic keyboard layout pada umumnya maka untuk menuliskannya dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

    1. membuat arabic keyboard layout sendiri menggunakan software seperti Microsoft Keyboard Layout Editor (gratis dari Microsoft) dan mengganti character yang tidak dipergunakan dengan harakat ini (dengan unicode U+0670). Dengan cara ini, fathah berdiri dapat ditulis dalam berbagai editor yang support.

    2. untuk program2 dari Microsoft Office, gunakan menu insert-symbol lalu pilih symbol dengan unicode 0670 dan untuk lebih memudahkan buat keyboard shortcutnya.
    Hal lain yang penting adalah font Arab yang digunakan harus font Arab yang dapat meletakkan harakat ini secara proporsional karena kebanyakan font Arab akan menampilkannya bertumpuk (terutama bila bersamaan dengan tasydid). Font Arab yang dapat meletakkannya secara proporsional antara lain Arabic Typesetting, Sakkal Majalla (dua ini bawaan MS Vista dan MS Seven), dsb. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  20. ok,, hatur nuhun pisan infonya Mas :)

    ReplyDelete
  21. SYUKRON INFONYA MAS

    ReplyDelete
  22. wahhhh makasih mas masukanya hebat, dah berhasil neh.... mudah2n amal baiknya jadi berkah dunia akhirat... baarokallahu lakum...

    ReplyDelete
  23. Amin. Sama-sama semoga bermanfaat :D

    ReplyDelete
  24. kalau di windows xp harokat kasroh dan saddah bisa dipisah, kasroh dibawah huruf dan saddah diatas huruf, kalau di w7 tidak bisa semua ada di atas huruf, gimana caranya?
    abu.azka@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  25. Jalan-jalan? Kenal ajah enggak. :D

    ReplyDelete
  26. Salam kenal...blogwalking...tidak sengaja mampir...

    ReplyDelete
  27. Sengaja mampir juga gak pa-pa kok he he :D

    ReplyDelete
  28.    

    Syukron

    ReplyDelete
  29. maaf mas, saya masih belum ngerti gimana caranya memberi harokat untuk huruf arab yang ada di word. tolong infonya...
    terima kasih

    ReplyDelete
  30. @ Ann's
    Ini mase Ann's yang di Sapen Yogyakarta yah? he he he Aku juga biasa ngelondry di situ loh :).

    Oke, intinya begini bro. Setelah melaksanakan ritual semua ha ha ha maksudnya menyeting bisa menulis huruf Arab di kertas Office (pastikan sudah bisa), kemudian cara memberi harokatnya adalah dengan menekah tombol shift dan kombinasikan dengan daftar huruf dibawah ini:


    Shift + A = Kasrah
    Shift + S = Kasratain
    Shift + Q = Fatha
    Shift + W = Fathatain
    Shift + E = Domah
    Shift + R = Domatain
    Shift + Z = Mad Panjang
    Shift + B = Mad Pendek
    Shift + 1 = Tasydid

    ReplyDelete
  31. hemm,,,,,nanti aku coba,,,salam kenal aja,,,matur nuwun kang,,,,,

    ReplyDelete
  32. kang Dede, sy sdh ketik bnyk bgt dg font Arab niy. Tp kq pas ngeprint, huruf2 yg berharokatny jd ada lingkaran2ny??? =( padahal di print previewny normal. Knp y kira2? Bgmn solusiny y? Trmksh sblmny.

    ReplyDelete
  33. Jika demikian tidak ada kaitannya dengan setingan printer. Itu ada di pengaturan bahasa, dalam hal ini menggunakan bahasa Arab. Meskipun di print preview tidak ada garis lingkaran bulat pada harakat yang dimaksud. Meskipun seharusnya hal tersebut tidak terjadi, karena apa yang ada dan tampak pada print priview itu adalah tampilan sesungguhnya saat file document diprint out.

    Solusinya coba tambahkan data base bahasa pada program MS Word dengan mengikuti steap by steap artikel di atas. Semoga dengan begitu masalah dapat diatasi. :)

    ReplyDelete
  34. Saya udah coba kode untuk fathah berdiri, kasrah berdiri tapi yang keluar tetap symbol-symbol biasa. pake 0670, 0656 dan 0657. Ada pencerahan kang? Trims

    ReplyDelete
  35. Untuk Quran in Word update ke versi terakhir
    http://taufiqproduct.com/download/7/download-quran-in-ms-word-version-22

    ReplyDelete
  36. mau tanya gan, q mau ngasih harakat fathah berdiri dan domah terbalik, caranya bagaimana? jazakumulloh, mkasih, solusinya......

    ReplyDelete
  37. @Khamimus Sodiq & Tiknosuni: Coba baca lagi komentar-komentar sebelumnya..
    @Zaenal Abidin & @Mohamad Taufiq: Sama-sama

    ReplyDelete

Terimakasih yah udah ngunjungi blogku ini. Maaf banget, komentar yang isinya iklan, link hidup, sara, pornografi dan spam bakalan aku hapus!


Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog