Selasa, 29 November 2016

Alasan Mengapa Saya Masih Menggunakan BBM

SIAPA yang tak kenal dengan layanan instant messaging BlackBerry Messenger atau BBM? Hampir semua pengguna gadget mengenalnya. Sesuatu yang wajar saya kira. Mengingat BBM hingga sekarang sudah hadir di Indonesia kurang-lebih sudah 8 tahun yang lalu. Bahkan dulu, saya masih ingat dengan tulisan saya yang dimuat di koran Suara Merdeka, Semarang, pengguna terbesar BBM ternyata ada di Indonesia.

Fenomena smartphone berlogo buah berry saat itu sempat menjadi gaya hidup dan life style bagi kalangan anak muda. Kalau kata anak zaman sekarang kekinian atau uptodate. Daya pikat BlackBerry begitu mempesona. Apa yang membuat BlackBerry demikian? Tidak lain berkat adanya instant messaging BBM yang hanya dimiliki oleh smartphone keluaran BlackBerry saja. Begitu exclusive dan private.

Nonton Televisi Bisa Pake BBM di Ponsel

Lantas bagaimana kondisi BBM yang sekarang menghadapi gempuran instant messaging serupa yang terus tumbuh dan bermunculan bak jamur di musim penghujan? BBM tidak ke mana-mana, malah terus berbenah diri, bahkan berbaik hati tidak hanya bisa dinikmati oleh pengguna perangkat BlackBerry saja, tapi hampir semua sistem operasi atau platform smartphone bisa mengunduh, memasang, dan menjalankan aplikasi BBM di tiga besar platform Android, iOS, dan Windows Phone secara gratis.

Saya sendiri sampai saat ini masih setia menggunakan layanan BBM. Jika saja masih ada yang jual perangkat BlackBerry terbaru di Indonesia, rasanya ingin memilikinya. Tapi, berhubung cukup sulit mencari smartphone BlackBerry terbaru di pasaran Indonesia, baiklah, saya rasa sudah cukup dengan memasang BBM di smartphone saja.

Apa yang membuat saya suka dengan BBM. Sebelum membahas itu, ada fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang layanan BBM. Baru-baru ini, bulan September lalu, BBM secara resmi 100% dimiliki oleh perusahaan asal Indonesia. Perusahaan tersebut antara lain adalah PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek).

Karena kepemilikan oleh perusahaan Indonesia, tentu baik dari segi layanan dan konten sangat menguntungkan sekali bagi pengguna BBM Indonesia. Karena pengembangan pasti mengerti dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat orang Indonesia. Kemitraan jangka panjang ini dikabarkan bernilai US$ 207.5 juta untuk masa lebih dari enam tahun. Wow!

Lantas apa yang membuat saya terus suka menggunakan layanan BBM hingga saat ini antara lain sebagai berikut:

1. Berkirim Foto Berkualitas Tinggi Menggunakan BBM
Saat ini harus diakui banyak layanan instant messaging yang bisa dimanfaatkan untuk berkirim foto. Namun, tahukah dan sadarkah kamu, hasil foto yang diterima mengalami penurunan. Baik dari segi kualitas maupun size atau ukuran. Hal ini karena terjadi konversi (perubahan) sebelum foto atau gambar tersebut dikirim ke penerima.

Berkirim Foto dengan Resolusi Tinggi

Proses perubahan gambar memang tidak buruk dengan maksud baik memudahkan pengiriman gambar atau foto dan menghemat kuota data. Tapi apa yang dikorbankan? Kualitas dari foto atau gambar itu sendiri. Mereka yang bekerja di dunia olah foto digital tentu cukup merepotkan karena foto atau gambar harus dikirim ulang menggunakan surat elektronik atau email.

Berbeda ketika pengiriman foto atau gambar dilakukan menggunakan layanan BBM. Penerima bisa meminta dikirim kembali foto jika dirasa kurang baik atau mengalami penurunan kualitas. Bisa juga diatur secara otomatis pada bagian pengaturan dengan memberikan tanda centang atau checklist pada opsi menu "Selalu Terima Pengiriman Gambar kualitas Tinggi." Saya jamin, foto yang diterima size-nya sama persis dengan file foto aslinya, begitu juga dengan kualitasnya.

2. Nonton Video, Live TV, dan Film Bisa dari BBM
Antara percaya dan enggak, saya merasa kagum dan sangat suka sekali dengan fitur ini. Di saat jenuh nunggu Kereta Rel Listrik (KRL), Trans Jakarta, atau saat boarding pesawat kita bisa nonton film bahkan live TV bisa dilakukan tanpa harus keluar dari aplikasi BBM dan instal aplikasi tambahan.

Luar biasa! Kategori videonya pun dibagi banyak berdasarkan kategori masing-masing. Ada Sport, Music, Vlog, News, Funny, Entertainment, Travel, Horor, Fashion, Automotive, Technology, Film, Sinetron, Health, Gamming, Animal, Tutorial, Food, Kids, TV Series.

Terhitung mulai November 2016, selain dapat mengunggah foto, kamu juga dapat menonton beragam video yang di-post pada BBM Feeds. Hanya pengguna yang telah memiliki BBM Channel saja yang dapat mem-posting video, namun video tersebut dapat disaksikan oleh semua pengguna BBM. Kamu dapat memutar video dan menontonnya di layar penuh atau di dalam BBM Feeds.

3. Bisa Isi Ulang Pulsa, Beli Token Listrik, dan Bayar BPJS Kesehatan
Kadangkala kebutuhan akan pulsa tidak terduga. Di saat terdesak dan penting namun kondisi tidak memungkinkan, misalnya saat kondisi hujan deras yang tidak memungkinkan kita bisa ke luar rumah. Bisa juga mungkin di antara kamu ada yang ingin beli pulsa sesuai isi nominal pulsa tanpa potongan biaya admin, bisa dilakukan lagi-lagi hanya melalui aplikasi BBM saja.

Isi Pulsa pun Bisa Lewat BBM

Menariknya, tidak hanya sekadar bisa melakukan pembelian pulsa. Dengan aplikasi BBM, kita juga bisa membayar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dan membayar cicilan seperti Bussan Auto Finance, Mega Auto Finance, Mega Central Finance, dan Wahana Ottomitra Multiartha.

Tidak perlu lagi membuat akun atau log in. Kamu hanya perlu membayarnya dengan kartu kredit atau transfer Bank melalui fitur baru BBM Checkout. Gampang, bukan?

4. User Interface Lebih Modern dan Simple
Tampilan atau user interface BBM sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Saya sangat suka, terlihat flat, modern, simple dan dinamis. Beberapa perubahan yang kentara ada pada susunan atau tata letak kontak yang terlihat dalam bentuk daftar. bukan grid. Jika kamu lebih suka dalam bentuk tampilan grid, kamu dapat beralih atau menggantinya kembali melalui menu settings di pengaturan.

User Interface Lebih Baru dan Modern

Pindai atau scan barcode lebih mudah karena sudah ada pada pilihan menu. Fitur ini memungkinkan dan memudahkan pengguna untuk memindai barcode dan QR code.

Ikon Channel di menu Discover sebagai alternatif untuk mengakses BBM Channel Standar 25-detik untuk waktu pesan. Fitur ini memungkinkan pengguna memiliki cukup waktu untuk mengirim pesan berikutnya, dan penerima juga memiliki cukup waktu dalam membaca dengan seksama pesan yang masuk. (Pengguna diberikan pilihan 1, 3, 5, 10 atau 60 detik).

Percakapan dengan beberapa orang dan Grup sekarang mewajibkan pencantuman nama. Ini untuk membantu pengguna dalam mengirim pesan, dan memastikan pengguna mengirim pesan yang tepat kepada orang yang tepat.

5. Banyak Diskon Dengan BBM Voucher
Yang terakhir ini tidak kalah menarik. BBM menawarkan fitur bernama BBM voucher. Yup! sesuai namanya, menyediakan voucher yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan mendapatkan makanan, hiburan, dan berbelanja. Lagi-lagi kamu tidak perlu keluar dari aplikasi BBM atau berburu diskon untuk mendapatkan semua itu.

Dapatkan Promo Diskon Hanya di BBM

Kategori yang ditawarkan pun cukup banyak mulai dari Bakery, Coffee shop, Fastfood, Dinning, Snack and Drink, Themepark, dan Entertainment and Ticket. Saya pribadi suka kalau beli tiket nonton di BBM, diskon yang diberikan lumayan miring.

Terlebih voucher tidak dalam bentuk fisik tapi dalam bentuk elektronik. Ini akan tersimpan secara otomatis di BBM Voucher Shop. Lebih simple, mudah, dan enak dibawa ke mana-mana karena ada di dalam genggaman smartphone. Tidak perlu lagi takut voucher rusak, hilang atau tertinggal di rumah.

Saya melihat apa yang ada pada layanan BBM sudah benar dan menarik dengan memberikan fitur-fitur bermanfaat khususnya bagi pengguna Indonesia. Sosialisasinya saja saya kira yang perlu ditingkatkan dan didorong lagi agar orang lain benar-benar merasakan betul manfaat dari fitur-fitur BBM yang ada sekarang. Semoga BBM bisa kembali jaya sama ketika kali pertama masuk ke pasar Indonesia. Akhir kata, saya Dede Ariyanto salam blogger. ● Dede Ariyanto

7 komentar:

  1. BBM masih punya pangsa pasar besar di Indonesia.
    beberapa hari lalu ku buat status di FB, temukan fakta data pengunjung terbanyak di blogku salah satunya berasal dari pengguna BBM.
    BBM masih punya prospek bagus di masa depan, asal tetap terus memperbaiki layanan fitur kepada konsumennya

    BalasHapus
  2. bbm bisa bayar tagihan..aplikasi apa tuh..??? baru tau saya..

    BalasHapus
  3. kalau saya sederhana sih, karena beberapa teman masih pakai itu juga..hahaha...

    BalasHapus
  4. Wih lengkap nih informasinya (y)

    BalasHapus
  5. Jadi pengen install di android hehe.. bbm nya sdh ga hrs bb kan ya ^^

    BalasHapus
  6. Saya masih menggunakan BBM, tapi belum tertarik untuk mencoba fitur lainnya selain messaging :D

    BalasHapus
  7. Mas Dede, saya juga masih menggunakan BBM, apalagi untuk saat ini BBm fitunya semakin keren dan lebih ciamik... :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, link atau tautan, sara,pornografi, dan spam terpaksa dihapus!

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

BloggerCrony Community

Indoblognet

Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog